Sejarah Topi Jerami Luffy dan Maknanya di One Piece

Senin, 13 Desember 2021 - 22:58 WIB
loading...
Sejarah Topi Jerami Luffy dan Maknanya di One Piece
Topi jerami Luffy adalah item paling ikonik di One Piece. Topi itu sudah dipunyai tiga generasi berbeda, yaitu dari Raja Perompak ke Yonko dan terakhir, Luffy. (Foto: Quora)
A A A
Topi jerami Luffy adalah item paling ikonik di dunia One Piece . Topi itu sudah dipunyai tiga generasi berbeda perompak legendaris. Masing-masing perompak itu mengenakannya selama perjalanan mereka untuk meraih kemahsyuran.

Topi itu punya sejarah panjang yang bahkan Luffy pun tidak tahu. Topi itu sudah dipakai turun temurun dari Raja Perompak ke salah satu Yonko. Sekarang, topi itu dipakai anggota paling berbahaya Generasi Terburuk.

Topi jerami itu sudah berasama Luffy sejak dia masih kecil. Topi itu juga sudah menjadi simbol siapakah dirinya. Saat ini sudah ada pada titik di mana sebagian orang di luar kru perompak tidak lagi memanggil namanya. Mereka hanya merujuknya sebagai Topi Jerami.



Topi Jerami juga merupakan nama kru perompak Luffy. Itu adalah simbol yang mereka pakai di Jolly Roger mereka untuk mengidentifikasi mereka. Pentingnya Topi Jerami bagi karakter Luffy dan serial One Piece itu tidak bisa diremehkan.

Gol D Roger adalah yang pertama dari tiga orang pemilik Topi Jerami. Tidak jelas siapa pemilik topi itu sebelum dia atau apakah dia memang pemilik awal topi itu. Dia kali pertama terlihat mengenakan topi itu sat bertemu Rayleigh. Keduanya kemudian memutuskan untuk memulai perjalanan legendaris mereka bersama-sama.
Sejarah Topi Jerami Luffy dan Maknanya di One Piece

Di flashback masa lalu Oden, yang melibatkan masanya sebagai anggota perompak Roger, Roger sudah memberikan topi itu kepada Shanks. Saat itu, Shanks masih kecil. Shanks terus mengenakan topi itu saat dia memimpin Perompak Rambut Merah sampai pada saat dia memberikannya kepada Luffy.

Tidak diketahui betapa berartinya topi itu untuk Roger. Tapi, mengutip CBR, akan masuk akal kalau itu lebih dari sekadar topi sederhana baginya sebagai pemilik pertama. Bagi Shanks, itu adalah kenang-kenangan dari mantan kaptennya. Roger adalah bagian besar dalam hidup Shanks dan jelas menginspirasi cara hidupnya. Dia mungkin adalah hal terdekat Shanks pada sosok ayah saat dia magang di kapal Roger.
Sejarah Topi Jerami Luffy dan Maknanya di One Piece

Shanks kemudian memberikan topi itu kepada Luffy sebagai simbol betapa dia mempercayainya. Dia membuat Luffy berjanji untuk mengembalikan topi itu begitu dia menjadi perompak hebat. Luffy, tentu saja, sekarang adalah perompak terkenal dengan imbalan lebih dari 1 miliar berry.

Tapi, dia dan Shanks belum bertemu satu sama lain sejak hari mereka mengucapkan janji itu. Shanks adalah idola Luffy. Dia juga menjadi inspirasi utama Luffy menjadi perompak, makanya topi jerami itu selalu mejadi benda penting untuknya.

Ada sejumlah momen simbolik dan dikenang selama serial ini berjalan yang melibatkan topi jerami itu. Yang paling penting jelas ketika Luffy menerimanya dari Shanks. Yang lain adalah ketika Luffy memakaikan topi itu ke kepala Nami saat dia menangis sambil meminta bantuan. Momen ini menyimbolkan persahabatan mereka dan fakta kalau Luffy menganggapnya sebagai anggota Topi Jerami.
Sejarah Topi Jerami Luffy dan Maknanya di One Piece

Yang menarik, Perompak Topi Jerami dulunya tidak disebut seperti itu. Nama ikonik itu tidak benar-benar jadi resmi sampai busur cerita Alabasta. Smoker-lah yang pertama merujuk mereka sebagai Perompak Topi Jerami kepada pemerintah yang mengejar mereka. Mereka kemudian disebut seperti itu di berita dan sejak saat itu kru Luffy dikenal sebagai Perompak Topi Jerami.



Momen yang bisa dikenang lainnya yang melibatkan topi jerami adalah ketika benda itu kembali bertemu pemilik lamanya, Shanks, setelah lebih dari 10 tahun di busur Marineford. Topi itu jatuh dari kepala Luffy saat dia dibopong Jinbei, yang diserang Akainu. Shanks memastikan kalau topi kembali kepada Luffy. Sebuah momen yang dilihat kalau Shanks masih menanti janji mereka terpenuhi.

Topi jerami itu adalah item tunggal paling legendaris. Dengan mempertimbangkan betapa simbolisnya beda itu dari perjalanan Luffy sebagai perompak dana fakta kalau itu mewakili seluruh krunya, sepertinya, Shanks tidak akan memintanya kembali. Apalagi, dia adalah Luffy si Topi Jerami, kapten Perompak Topi Jerami. Akan aneh kalau ada orang lain memilikinya kecuali Luffy memberikannya ke generasi berikutnya. Kalau seperti itu, maka legendanya akan terus tumbuh.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)