7 Tipe Orang Hadapi Pandemi menurut Drama Happiness, Nomor 1 dan 6 Bikin Emosi

7 Tipe Orang Hadapi Pandemi menurut Drama Happiness, Nomor 1 dan 6 Bikin Emosi
Drama Happiness menceritakan tentang kehidupan pada masa pandemi di sebuah gedung apartemen. Foto/tvN
JAKARTA - Happiness adalah drama Korea yang menceritakan masyarakat yang harus terbiasa hidup dengan virus menular yang menyebar.

Dalam kondisi ini, mereka tinggal dalam gedung yang lantai atasnya untuk dijual, sementara lantai bawahnya untuk disewakan. Ceritanya pun menggambarkan perbedaan kelas dan tekanan psikologis yang harus dihadapi tiap individu.

Saat virus jenis baru muncul, kekacauan pun kembali terjadi. Di sinilah kisah berjalan dengan berbagai cerita dari karakter yang ada. Dari cerita yang berkembang, penonton pun bisa melihat jenis-jenis orang dalam menghadapi situasi krisis, seperti yang berikut ini, mengutip Soompi. Tulisan ini mengandung spoiler berat.

1. ORANG MUNAFIK

Oh Yeon-ok (Bae hae-sun) awalnya tak percaya bahwa ada orang-orang yang terinfeksi berkeliaran di luar. Hanya Jung Yi-hyun (Park Hyung-sik), Yoon Sae-bom (Han Hyo-joo), dan Kim Seung-beom (Joo Jong-hyuk) yang pernah menyaksikan bahwa memang hal tersebut adalah benar.

Meski begitu, karena Yeon-ok adalah perwakilan pemilik gedung untuk sementara waktu, maka penghuni lainnya percaya padanya.

Namun setelah dia melihat langsung bahwa memang ada orang-orang terinfeksi di luar sana, sifat asli Yeon-sok langsung keluar. Dia rela membunuh para penghuni yang sedari awal sudah memperingatkan. Dia bahkan melarang orang-orang dari luar untuk masuk ke gedung.

Saat pandemi, orang-orang seperti Oh Yeon-ok ada. Mereka yang awalnya mengingkari fakta, tapi setelah menyadari kebenarannya, dengan kekuasaan yang mereka miliki rela mengorbankan orang lain demi menyelamatkan diri sendiri.

2. PARA PEJUANG

Tentu saja, di tengah pandemi, ada banyak orang-orang seperti Han Tae-seok (Jo Woo-jin). Dia punya istri yang hidupnya disebut hanya tinggal sebulan lagi. Sementara sebagai tentara, dia juga harus menangani kekacauan yang terjadi di tengah masyarakat.

Tae-seok menghadapi dilema antara membiarkan lockdown dibuka dan membiarkan virus menyebar, atau jujur pada pemerintah bahwa usaha mereka untuk mencari obat tak menunjukkan hasil yang menggembirakan. Ini artinya, pemerintah akan membunuh orang-orang yang terinfeksi.

Dia pun memutuskan untuk berbohong pada pemerintah, membiarkan dirinya terlihat jahat di mata orang lain.

3. ORANG YANG PENUH KASIH

Na Hyun-kung (Park Hee-bon) menawarkan makanan kepada pasangan petugas kebersihan yang tinggal sementara di unit 201. Begitu pula Shin So-yoon (Jung Woon-sun), istri pengacara Kook Hae-seong (park Hyung-soo). Mentor polisi Yi-hyun, Kim Jung-look (Lee Joon-hyuk) juga memastikan bahwa petugas kebersihan Nam Mi-jung punya tempat untuk tidur saat malam.

Para penghuni juga memilih untuk mencegah Kim Seung-beom dikeluarkan dari gedung setelah ia terbukti terinfeksi. Adegan ini membuktikan bahwa meski karakter-karakter kejam dalam Happines sangat menonjol, tapi masih lebih banyak orang-orang baik, yang umumnya tak bersuara, tapi akan bersikap saat situasi genting.

Baca Juga: 4 Aktris Korea yang Dibayar Mahal, tapi Tak Menjamin Dramanya Sukses


4. ORANG-ORANG EGOIS

Di bawah si munafik, ada si egois, yang punya kemiripan perilaku. Ini diwakili oleh pengacara Kook dan perempuan cantik Woo Sang-hee (Moon Ye-won). Saat bertemu Sang-hee, mata Kook tak bisa lepas darinya, membuat dia sampai lupa istri.

Sementara Sang-hee memanfaatkan pesonanya itu untuk memasuki apartemen Oh Joo-hyeong untuk mencari barangnya yang hilang. Dia bahkan diselamatkan oleh istri si mata keranjang Kook.

Sementara Kook, ketika istrinya berani menyampaikan pendapatnya yang berbeda dengannya, langsung menyerang sang istri dengan mengatakan bahwa dia cuma seorang sekretaris, dan menyesal menikah dengannya.

5. ORANG-ORANG TENANG

Di tengah kacaunya suasana, masih ada orang-orang seperti Andrew (Lee Joo-seung) dan Kim Se-hun (Han Jun-woo), warga di unit 1501. Mereka tetap tenang, pandai mengatasi krisis, dan masih bisa membantu orang lain jika ada yang membutuhkan. Terutama Se-hun, dia terlihat sangat siap jika suatu hari nyawanya ikut terenggut.

6. OPORTUNIS DAN PSIKOPAT

Oh Joo-hyeong (Baek Hyun-jin) jadi salah satu karakter terjahat dalam drama ini. Dia membunuh istrinya, dan kondisi lockdown justru membuatnya punya kesempatan untuk mengelabui Jung Yi-hyun (Park Hyung-sik) dan Yoon Sae-bom (Han Hyo-joo) yang mengetahui kebenarannya.

Sudah banyak korban jatuh atau nyaris celaka karena kejahatannya. Dia pandai memanipulasi, seperti yang dilakukannya pada korban lainnya, Seung Bom. Karena kejahatannya ini, banyak penonton yang berharap dia segera mati saja.

Baca Juga: Drama Korea Rating Tertinggi 2021 dari 5 Stasiun Televisi, Juaranya Bukan Penthouse

7. PASANGAN YANG KOMPAK

Terakhir, ada pasangan seperti Sae-bom dan Yi-hyun yang mampu bekerja sama dengan baik dalam setiap situasi. Mulai dari menghajar orang-orang yang layak kena pukul, hingga menyelesaikan pertengkaran dengan baik, bisa mereka lakukan.

Perbedaan pendapat bahkan tak mampu membuat mereka hilang kepedulian satu sama lain, karena ikatan erat dan tujuan sama yang mereka punya.


(ita)
Share: