9 Komentar Savage BTS ke Media dan Netizen, RM dan V Paling Sadis!

9 Komentar Savage BTS ke Media dan Netizen, RM dan V Paling Sadis!
BTS beberapa kali mengeluarkan komentar tajamnya ke media dan netizen. Foto/BigHit Music
JAKARTA - BTS dikenal sebagai grup dengan citra yang bersih dan sopan. Meski begitu, bukan berarti mereka tak pernah mengeluarkan komentar pedas alias savage.

Tak tanggung-tanggung, komentar nyelekit bahkan bisa mereka sampaikan langsung di depan pihak yang bersangkutan, termasuk pada reporter atau media massa yang mewawancarai mereka, juga pada orang-orang yang mengaku sebagai penggemar BTS . Berikut di antaranya.

1. RM KEPADA BILLBOARD

9 Komentar Savage BTS ke Media dan Netizen, RM dan V Paling Sadis!

Foto: BigHit Music

Dalam wawancara bersama Billboard untuk sampul majalah tersebut, pada akhir Agustus 2021, BTS ditanya tentang tuduhan manipulasi tangga lagu yang dilakukan ARMY. Billboard menyoroti pembelian massal lagu BTS oleh para penggemar agar single yang dirilis grup itu bisa duduk di posisi puncak Billboard Hot 100.

Menanggapi tuduhan langsung dari Billboard itu, RM menjawab dengan tegas bahwa jika Billboard merasa ada celah dalam aturan yang mereka buat sendiri, maka seharusnya mereka mengubahnya, bukan malah menyalahkan para penggemar yang antusias membeli hasil karya musisi favoritnya.

"Menyalahkan kami atau penggemar kami karena berhasil duduk di peringkat 1 berkat pembelian fisik dan download, aku pikir itu tidak benar. Rasanya kami jadi bahan yang enak dijadikan target karena kami boy band, grup K-pop, dan kami punya penggemar yang sangat loyal," tegas leader BTS itu.

Sebelum menggunakan aturan yang berlaku sekarang, Billboard tak pernah mempermasalahkan saat musisi Barat menjual album mereka bersama produk fashion, tiket konser, bahkan dengan kondom, demi menghasilkan angka penjualan album fisik yang tinggi.

Baca Juga: Tak Mau Dianggap Bohong, Jin BTS Akhirnya Jujur soal Kebiasaan Barunya

2. RM SOAL KOLABORASI DENGAN PENYANYI BARAT



Saat diwawancarai media massa atau youtuber dari Amerika Serikat, pertanyaan yang terus menerus ditanyakan kepada BTS selama bertahun-tahun adalah, siapa penyanyi yang mereka impikan untuk diajak berkolaborasi.

Nah, suatu ketika saat diwawancarai penyiar radio sekaliguscontent creator Zach Sang , BTS lagi-lagi ditanya soal hal yang sama, tapi kali ini dengan langsung menyebut nama Justin Bieber. RM pun, lagi-lagi, mengeluarkan komentar savage-nya.

"(Kolaborasi dengan Justin) bukan mimpi. Kami berada dalam perusahaan yang sama. Jadi Justin datanglah ke Korea," katanya dengan ekspresi wajah tegas dalam video di kanal Zach Sang Show Clips dengan judul BTS Reacts To Justin Bieber Collab Rumors.

HYBE yang merupakan perusahaan induk BigHit Music (label BTS) memang juga telah mengakusisi Ithaca Holdings yang memanajeri Justin Bieber, Ariana Grande, J Balvin, serta Demi Lovato.

3. SUGA TENTANG MUSIK K-POP

9 Komentar Savage BTS ke Media dan Netizen, RM dan V Paling Sadis!

Foto: BigHit Music

Masih bersama media massa dari Amerika Serikat, dalam sebuah wawancara radio, BTS ditanya perbedaan antara musik K-pop dengan musik lainnya. Suga - dengan memakai bahasa Inggris - lalu menjawab singkat, "It's just music. All same" ("Ini musik, semuanya sama").

Baca Juga: Sering Diributkan Idol K-Pop, Bokong ada 1 atau 2? Ini Penjelasan Ilmiahnya

4. JIN SAAT DIMINTA KELUAR DARI HYBE




Berbeda dengan RM dan Suga, komentar-komentar savage Jin lebih banyak muncul di Weverse, terutama saat dia menjawab pertanyaan atau komentar dari netizen.

Yang terbaru, yaitu pada 4 November lalu, Jin menanggapi sebuah unggahan di akun Weverse BTS yang bertuliskan, "Guys, tinggalkan perusahaan itu". Jin lalu menjawab santai, "Hah? Kenapa?"

Banyak yang berasumsi unggahan itu dibuat karena netizen tak suka HYBE mulai ikut berbisnis Non Fungitable Token (NFT) yang mereka nilai bisa merusak lingkungan.

5. JIN BELUM MATI

9 Komentar Savage BTS ke Media dan Netizen, RM dan V Paling Sadis!

Foto: Weverse BTS

Masih soal Jin dan Weverse, seorang ARMY pernah melempar rayuan dengan menulis, "Oppa, kamu baik-baik saja? Apakah tidak sakit? Malaikat jatuh dari surga".

Jin dengan santainya lalu menjawab, “Aku belum mati. Mengapa kamu mengirimku ke surga?".

6. SUGA SAAT DITAKUT-TAKUTI



Saat melakukan siaran di Vlive, beberapa orang menulis komentar bahwa ada sesuatu di belakang Suga. Maksudnya adalah ingin menakut-nakuti rapper BTS itu. "Kamu berharap aku menjerit, tapi aku tidak begitu. Jangan harap aku begitu," ucapnya dengan ekspresi wajah datar.

Tak cukup sampai di situ, Suga bahkan mengatakan bahwa yang mereka lakukan itu tidak lucu. Dia juga menambahkan, bahwa yang melakukan hal itu sangat mungkin adalah orang luar Korea, karena tata bahasanya sangat buruk.

Dia juga bilang bahwa dia cukup bisa berbahasa Inggris. "Jadi jangan bicara buruk di depanku, aku tahu," lagi-lagi dengan ekspresi wajah savage.

7. V BTS SAAT ADA SHIPPER

9 Komentar Savage BTS ke Media dan Netizen, RM dan V Paling Sadis!


V sama saja dengan Jin, kerap melempar pernyataan yang sadis bukan main di Weverse. Misalnya saat dia minta saran caranya supaya bisa cepat tidur. Pertanyaannya ini lantas dijawab oleh seorang shipper TaeKok (V dan Jungkook).

"Taehyung oppa, kamu bisa memandangi foto Jungkook yang sangat kamu cintai," tulisnya. V lalu membalas tajam, "Kamu sebaiknya segera keluar dari dunia imajinasimu, tak baik ada di sana".

8. V SAAT DIGODA UNTUK MENIKAH

9 Komentar Savage BTS ke Media dan Netizen, RM dan V Paling Sadis!


V lagi-lagi melempar pertanyaan di Weverse. Kali ini, dia meminta netizen menulis tentang impian mereka. Satu orang lalu menulis bahwa mimpinya adalah menikah dengan V.

Lalu apa jawaban V? "Sepertinya kamu masih belum punya mimpi".

Baca Juga: 6 Bintang yang Tak Malu Tampil 'Jelek' demi Peran dalam Drama Korea

9. SUGA SAAT TAMPIL DI TELEVISI



Yang satu ini memang bukan ditujukan langsung kepada media massa atau netizen, tapi jadi salah satu momen ikonis untuk BTS, terlebih Suga. Momennya adalah saat BTS tampil dalam SBS Gayo Daejun 2017.

Saat itu, banyak komentar miring dari para hater yang menuduh BTS hanya bisa lipsync saat tampil live di panggung. Suga pun menjawab tuduhan itu dengan diam beberapa detik saat menyanyikan bagian rap miliknya untuk membuktikan bahwa mereka tidak lipsync.

Momen ini makin terasa savage, karena yang dibawakan adalah lagu Mic Drop yang ditujukan langsung untuk orang-orang yang kerap menghina dan membenci BTS dan mengatakan bahwa grup itu tak akan bisa sukses.


(ita)
Share: