Lagu Ciptaan Suga BTS sebelum Debut, Penuh Lirik Curhat, Mimpi, dan Kritik

Rabu, 27 Oktober 2021 - 16:29 WIB
loading...
Lagu Ciptaan Suga BTS sebelum Debut, Penuh Lirik Curhat, Mimpi, dan Kritik
Lagu ciptaan Suga BTS mencapai 125 buah, yang di antaranya diciptakan sebelum dia debut bersama BTS pada Juni 2013. Foto/BigHit Music
A A A
JAKARTA - Lagu ciptaan Suga BTS jumlahnya mencapai 125 buah berdasarkan data dari Korea Music Copyright Association (KOMCA).

Idol dengan nama asli Min Yoon-gi ini memang bukan cuma rapper, tapi juga penulis lirik lagu, komposer, dan produser baik untuk grupnya, proyek solonya atas nama Agust D, maupun untuk musisi lainnya.

Bahkan sebelum debut bersama BTS , Suga juga sudah aktif menulis lagu, termasuk menjadi produser musik saat masih menjadi rapper underground dengan nama Gloss.

Banyak ARMY mungkin sudah tahu beberapa lagu yang pernah diproduserinya untuk penyanyi lain, yaitu Wine (Suran), We Don't Talk Together (Heize), Eternal Sunshine (Epik High), Eight (IU), Suga's Interlude (Halsey), You (OMI), termasuk juga untuk nada dering ikonis ponsel Samsung terbaru, Over The Horizon.

Meski begitu, tak banyak yang tahu lagu-lagu yang liriknya ditulis Suga sebelum dia resmi debut bersama BTS pada Juni 2013. Berikut daftarnya yang umumnya dirilis di platform streaming musik Soundcloud.


1. SWAGGER (2010)

Lagu ini mengambil samplelagu Drake berjudul Over. Lirik yang dibuatnya menunjukkan kepercayaan dirinya yang tinggi akan kemampuannya melakukan rap.




2. DISS (2010)

Lagu ini tampaknya dibuat Suga saat ia melakukan rap battle. Saat itu, dia masih menyandang nama panggung Gloss dan tergabung dalam D-Town.Musiknya memakai sample dari Mobb Deep berjudul Shook Ones. Sesuai judulnya, lagu ini berisi diss atau lirik bernada ejekan untuk pihak lain yang khas dilakukan para rapper.

Namun lucunya, liriknya sepertinya malah menggambarkan dirinya yang mengejek diri sendiri karena dia lupa lirik lagunya.



3. A TYPICAL TRAINEE'S CHRISTMAS (2013)

Lagu ini diciptakan Suga dan RM dan dinyanyikan BTS minus J-Hope. Lagu yang dirilis pada Januari 2013 ini mengadaptasi musik musisi lain, kali ini dari Kanye West yang berjudul Christmas In Harlem dan karya Wham berjudul Last Christmas.

Sesuai judulnya, lagu ini berisi curhatan BTS sebagai trainee dalam melewati malam Natal. Bukannya berlibur dan berkumpul bersama keluarga, mereka harus latihan terus karena sebentar lagi akan segera debut.

Suga menyanyikan lirik bahwa pergi ke luar bagi mereka ibarat pesta saja, karena setiap harinya mereka hidup bagai tentara. Dia juga curhat bahwa Natal tahun ini, dia hanya akan latihan, atau duduk sendirian saja.

Baca Juga: Trik J-Hope BTS agar Suga Mau Bikin Camilan untuknya, Terbukti Ampuh!



4. ADULT CHILD (2013)

Lagu ini ditulis Suga bersama RM pada Maret, dan dinyanyikan bertiga bersama Jin. Lagunya mengadaptasi karya rapper Common berjudul Celebrate. Liriknya menceritakan tentang kegelisahan dan tekanan saat menjalani usia 20-an tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3862 seconds (0.1#10.140)