Alec Baldwin Tembakkan Senjata Properti Syuting, Sinematografer Rust Tewas

Alec Baldwin Tembakkan Senjata Properti Syuting, Sinematografer Rust Tewas
Seorang sinematografer tewas dan sutradara film luka-luka setelah Alec Baldwin menembakkan senjata api di lokasi syuting film Rust di Santa Fe, New Mexico, Kamis (21/10). (Foto: BBC)
Sebuah insiden maut terjadi di lokasi syuting film Rust, Santa Fe, New Mexico, Kamis (21/10) waktu setempat. Salah satu aktor utamanya, Alec Baldwin, secara tidak sengaja menembakkan senjata api properti syuting. Akibatnya, seorang sinematografer, Halyna Hutchins, tewas dan sutradara film tersebut, Joel Souza, terluka.

Belum diketahui kronologi pasti bagaimana insiden itu terjadi. Namun, Departemen Sheriff Santa Fe menyatakan, Hutchins mengembuskan napas terakhir setelah dilarikan ke University of Mexico Hospital. Sementara, Souza, yang terluka dalam insiden itu, dirawat di unit darurat di Christus St Vincent Regional Medical Center.

“Halyna Hutchins, 42, direktur fotografi dan Joel Souza, 48, sutradara, tertembak ketika senjata api properti ditembakkan Alec Baldwin, 68, produser dan aktor. Hutchins dibawa, dengan helikopter, ke University of New Mexico Hospital di mana dia dinyatakan meninggal dunia oleh personel medis. Souza dibawa dengan ambulans ke Christus St. Vincent Regional Medical Center di mana dia dirawat atas luka-lukanya. Investigasi tetap terbuka dan aktif. Belum ada dakwaan dilayangkan terkait insiden ini. Saksi mata terus diwawancarai para detektif,” demikian pernyataan Departemen Sheriff Santa Fe yang dikutip ComicBook.

Menurut penyidik yang dikutip CNN, insiden itu terjadi pada Kamis (21/10) sekitar pukul 13.50 waktu setempat. “Menurut investigator, sepertinyua adegan yang sedang syuting melibatkan penggunaan senjata api properti ketika ditembakkan. Detektif sedang menyelidiki bagaimana dan tipe proyektil apa yang ditembakkan,” ujar pernyataan dari pihak berwenang.



Baca Juga: Penembakan Guncang Pertandingan American Football Antar SMA di Alabama

Hutchins adalah sinematografer yang dikenal atas karyanya di Archenemy, Darlin', dan A Luv Tale: The Series. Cinematographer's Guild juga telah mengonfirmasi kepergian Hutchins. Mereka menyebutnya sebagai kehilangan besar.

“Kami menerima berita yang menyedikan malam ini, bahwa salah satu anggota kami, Halyna Hutchins, direktur fotografi produksi bernama Rust di New Mexico meninggal dunia akibat luka-luka yang dialami di lokasi syuting. Detailnya masih belum jelas saat ini, tapi kami bekerja untuk tahu lebih banyak, dan kami mendukung investigasi sepenuhnya atas insiden tragis ini. Ini adalah kehilangan besar dan kami berduka atas meninggalnya salah satu anggota keluarga Serikat kami,” kata Presiden Nasional Cinematographer's Guild John Lindley dan Direktur Eksekutif Nasional Cinematographer's Guild Rebecca Rhine dalam sebuah pernyataan bersama.

Rust adalah film Western ber-setting 1880an tentang Harland Rust (Alec Baldwin). Cucunya yang berusia 13 tahun divonis dalam sebuah pembunuhan yang tidak disengaja. Film ini mengisahkan tentang usaha Rush untuk membawa kabur cucunya dari penjara dan perjalanan mereka sebagai buronan Marshal Wood Helm (Jensen Ackles) dan pemburu hadiah Fenton “Preacher” Lang (Travis Fimmel).


(alv)
Share: