4 Pelajaran Hidup dari Drama Korea ‘Squid Game’

Senin, 27 September 2021 - 18:05 WIB
loading...
4 Pelajaran Hidup dari Drama Korea ‘Squid Game’
Ada banyak pelajaran penting tentang hidup yang muncul dalam serial Korea Squid Game. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Serial Korea ‘Squid Game’ tak hanya menawarkan kisah menegangkan sekaligus mengerikan, tapi juga pelajaran hidup yang bisa dipetik dari adegan-adegannya.

" Squid Game " disebut sebagai analogi dari sistem kapitalisme yang ada di masyarakat, juga kisah ketidakadilan dan keharusan bertahan hidup. Nah, dari beberapa adegannya, ada hal yang jika direnungkan, bisa diambil sedikit pelajaran darinya, seperti berikut ini.

1. KEMAMPUAN MENGATUR KEUANGAN DENGAN BAIK

4 Pelajaran Hidup dari Drama Korea ‘Squid Game’

Foto: Netflix

Semua peserta dalam survival game adalah mereka yang punya utang dalam jumlah besar, baik yang memang terlahir miskin maupun yang punya karier mapan.

Contoh yang terakhir adalah Cho Sang-woo yang merupakan lulusan kampus bergengsi Universitas Nasional Seoul. Sementara Seong Gi-hun digambarkan sebagai sosok sopir taksi yang gemar berjudi.

Dari sosok-sosok tersebut, terlihat bahwa mereka punya kebiasaan seperti berutang dalam jumlah banyak dan punya kebiasaan buruk yang akhirnya menjerat mereka sendiri. Kalau tidak terampil mengatur uang dan tidak bisa mengukur risiko, bisa jadi kita pun akan terjerat utang dalam jumlah besar.

Baca Juga: Teori 'Squid Game': Gi-Hun dan Il-Nam Punya Hubungan Darah, Ini Alasannya

2. JANGAN TERLALU BAIK DENGAN ORANG

4 Pelajaran Hidup dari Drama Korea ‘Squid Game’

Foto: Netflix

Berbuat baik pada orang lain jelas sebuah kewajiban sebagai umat manusia. Namun kita juga mesti waspada, karena kebaikan kita bisa dimanfaatkan orang lain untuk mencelakakan kita.

Contohnya saja pada sosok Ali yang sangat menghargai kebaikan Cho Sang-woo. Ali diberikan ongkos untuk pulang ke rumahnya. Ali pun ingin membalas kebaikan pada Cho Sang-woo, tapi usaha itu malah dimanfaatkan Cho Sang-woo untuk kepentingannya sendiri.

3. MEMIKIRKAN DIRI SENDIRI BUKAN BERARTI EGOIS

4 Pelajaran Hidup dari Drama Korea ‘Squid Game’

Foto: Netflix

Dalam situasi tertentu yang mendesak, terkadang kita harus mendahulukan kepentingan diri sendiri dibanding orang lain. Di sisi lain, kita juga jangan sampai bergantung berlebihan pada orang lain. Dalam survival game, tiap orang mesti menyelamatkan diri mereka masing-masing, dan ini pula yang membuat tiap orang tak bisa bergantung sepenuhnya pada orang lain.

Baca Juga: Kode 'Squid Game' Ini Ternyata Terpampang Nyata Sejak Awal, Ada yang Sadar?

4. JANGAN MUDAH PERCAYA PADA ORANG LAIN

4 Pelajaran Hidup dari Drama Korea ‘Squid Game’

Foto: Netflix

Dalam kehidupan yang keras, kita jangan mudah percaya pada orang lain. Jika ada seseorang yang menyarankan sesuatu, maka kita harus bisa berpikir kritis dan skeptis terhadap saran tersebut. Ingat, tak semua orang punya niat baik pada orang lain.

Maria Alexandra Fedho
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Instagram: @mariasndra
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2983 seconds (0.1#10.140)