Pertarungan Batman versus Superman: Siapa yang Bakal Menang?

Minggu, 26 September 2021 - 21:03 WIB
loading...
Pertarungan Batman versus Superman: Siapa yang Bakal Menang?
Pertarungan Batman dan Superman di Dawn of Justice terjadi di luar harapan orang. Jika pertarungan itu terjadi, pemenangnya belum tentu yang terlihat lebih kuat. (Foto: IndieWIre)
A A A
Batman v Superman: Dawn of Justice menawarkan peluang menonton pertarungan dua ikon komik terbesar itu. Sayang, pertarungannya tidak berjalan seperti apa yang diharapkan. Pertarungan sampai titik darah penghabisan di antara dua supehero itu tidak terjadi.

Kedua orang kuat di bumi itu memang bertarung satu lawan satu. Namun, situasinya dibuat sedemikian rupa sehingga Superman sepertinya harus menahan diri. Selain itu, ada sejumlah elemen yang membuat konflik ini tidak jadi intensif seperti yang diharapkan banyak orang.

Jika saja pertarungan antara Batman dan Superman itu digelar tanpa adanya campur tangan elemen lain, seperti apa jadinya? Siapakah yang bakal memenangkan pertarungan ini? Di atas kertas, Superman bisa jadi menang. Dia kuat, punya kekuatan mahadahsyat dan lebih unggul dari Batman. Namun, Batman tentu tidak menyerah begitu saja. Dikutip dari CBR, berikut ulasan siapa yang bakal memenangkan pertarungan antara Batman dan Superman!



1. Motivasi dan keunggulan Batman
Pertarungan Batman versus Superman: Siapa yang Bakal Menang?

Dari perspektif Bruce Wayne, Superman merepresentasikan kekuatan yang tidak bisa diduga yang bisa menghancurkan dunia dalam waktu singkat. Perasaan itu tumbuh menyusul pertarungan Superman dengan Zod dan pemboman saat sidang Superman. Batman v Superman juga memperlihatkan bagaimana Lex Luthor memanipulasi Bruce sehingga ketika pertempuran terjadi, dia tidak menahan diri. Dengan membunuh Supermah, Batman yakin kalau dia melindungi bumi dari kekacauan yang lebih besar. Dia pun rela mempertaruhan semuanya untuk melakukannya.

Tidak seperti Superman, Batman tidak punya kekuatan super. Tapi, meskipun dia kurang kuat, dia punya banyak dalam hal intelijensia. Batman v Superman menunjukkan Bruce Wayne yang merencanakan konfrontasi akhirnya dengan Superman. Tiap adegan memperlihatkannya melakukan segalanya hingga mencuri Kryptonite untuk mempelajari bagaimana cara bertarung Superman.

Hasilnya, dia bisa mengalihkan Man of Steel itu dengan senjata sonik dan mengganggu pandangan sinar-X-nya dengan asap logam. Dia juga mempersenjatai Kryptonite dalam bentuk gas dan tombak. Pada akhirnya, pikirannya membiarkan Dark Knight untuk mempersiapkan setiap hasilnya dan membawa Superman ke mana pun dia mau.

2. Motivasi dan keunggulan Superman
Pertarungan Batman versus Superman: Siapa yang Bakal Menang?

Kalau Batman bertarung karena kebencian, maka Superman bertarung karena putus asa. Clark Kent tidak pernah mau membunuh Batman dan tidak pernah merencanakannya. Satu-satunya alasan mengapa dia mau bertemu Bruce adalah karena Lex Luthor telah menculik ibunya, Martha Kent. Kalau dia berusaha menemukan ibunya atau tidak membunuh Batman, Lex akan membunuh Martha.

Tapi, penculikannya hanya memainkan peranan kecil dalam usaha Lex membuktikan kalau Superman bukan Tuhan. Clark menemui Batman sebagai teman dan berusaha meyakinkannya agar membantunya menemukan ibunya. Sayangnya, Bruce sudah dibutakan oleh kebencian. Bakal butuh lebih dari sekedar obrolan untuk menghindari pertarungan.

Superman punya kekuatan dan kecepatan super. Dia juga bisa terbang dan menembakkan cahaya panas panas dari matanya. Semuanya akan berguna ketika membangun dasar yang harus disaingi Batman saat bertempur. Ada beberapa kali ketika Batman bisa mengungguli Superman berkat Kryptonite-nya yang dipersenjatai. Tapi, karena Superman bertarung untuk mempertahankan diri, Bruce tidak pernah harus berhadapan dengan kemarahannya seperti di adegan Knightmare di Justice League versi Zack Snyder.

Meskipun menahan diri, keunggulan paling signifikan Superman adalah kekuatannya. Ini terlihat di awal pertarungan ketika dia mendorong Batman hingga jarak separuh lapangan football tanpa usaha berarti. Ini menunjukkan kalau Clark tidak mau membunuh, tapi itu nyaris meledakkan Batman.



3. Pemenangnya: Batman
Pertarungan Batman versus Superman: Siapa yang Bakal Menang?

Kalau berbicara secara metafora, pastinya Superman adalah pemenang di pertarungan Batman v Superman ini. Dia membantu Bruce untuk kembali ke akal sehatnya dan menyelamatkan ibunya. Tapi, kalau membahas pertarungan fisik, Batman-lah pemenangnya. Perencanaan dan kekejamannya membantunya unggul.

Ini dibarengi dengan ketidakmauan Superman untuk bertempur dan pemikiran tentang nyawa ibunya yang sedang terancam. Dalam pertarungan itu, Batman bisa mengalahkan Man of Steel itu jika diberi waktu dan kesabaran. Namun, dia juga akan mendapatkan pelajaran berharga karena kalau dia harus kembali ke jalan itu lagi, dia berisiko kehilangan sisi kemanusiaannya seutuhnya.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)