7 Film Horor tentang Budaya Mistis di Indonesia, dari Santet hingga Hari Keramat

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 15:00 WIB
loading...
7 Film Horor tentang Budaya Mistis di Indonesia, dari Santet hingga Hari Keramat
Film Mangkujiwo bercerita tentang asal mula munculnya makhluk gaib bernama kuntilanak. Foto/MVP Pictures
A A A
JAKARTA - Film-film horor Indonesia banyak yang menyoroti budaya mistis atau alam gaib yang populer di tengah masyarakat.

Mulai dari santet hingga tarian yang dianggap punya kekuatan mistis, berikut beberapa film horor yang menarik untuk disimak.

1. TARIAN LENGGER MAUT (2021)

Film bergenre horor thriller ini mengangkat kebudayaan Banyumas, yaitu Tari Lengger. Dalam film tersebut, Tarian Lengger dipercaya dapat mengusir petaka atas banyaknya orang hilang yang terjadi di sana.



2. KUYANG THE MOVIE (2021)

Film ini mengisahkan sosok mitologi bernama Kuyang, yang berwujud perempuan berkepala manusia dengan tubuh tanpa kulit. Sosok ini meneror perempuan hamil untuk mengambil anak yang ada di perut perempuan tersebut.



3. MANGKUJIWO (2020)

"Mangkujiwo" merupakan film yang diadaptasi dari seri film "Kuntilanak" keluaran 2018. Film ini memaparkan kisah tentang awal mula ‘kelahiran’ sosok kuntilanak.

Baca Juga: 6 Lokasi Jalan di Indonesia yang Diyakini Angker



4. KAJENG KLIWON (2020)

"Kajeng Kliwon" mengangkat kisah mistis yang ada di Bali mengenai hari Kajeng Kliwon. Sebagian masyarakat Bali beranggapan bahwa pada hari tersebut para arwah akan memasuki dunia manusia. Dalam film ini, diceritakan pasangan muda yang akan menikah, tapi terkena imbas hari Kajeng Kliwon.



5. SATU SURO (2019)

Film ini menceritakan pasangan muda yang diteror terus-menerus oleh makhluk halus. Finalnya tepat pada malam satu suro, teror semakin menjadi-jadi. Malam satu suro dipercayai sebagai malam yang menyeramkan karena dianggap sebagai “hari rayanya makhluk halus”.



6. RATU ILMU HITAM (2019)

Film ini adalah hasil adaptasi dari versi lamanya yang berjudul sama yang dirilis pada 1981. Ceritanya tentang pembalasan dendam lewat santet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)