Cara Upgrade Akselerasi Motor Matik Tanpa Harus Bore Up

Selasa, 17 Agustus 2021 - 13:58 WIB
loading...
Cara Upgrade Akselerasi Motor Matik Tanpa Harus Bore Up
Memperbarui akselerasi motor bisa kamu lakukan di bengkel-bengkel racing dengan mekanik yang andal. Foto/Instagram @mechil_garage
A A A
JAKARTA - Modifikasi untuk menaikkan kapasitas silinder mesin motor atau yang lebih dikenal dengan istilah bore up terkadang menjadi pilihan untuk menaikkan akselerasi motor.

Namun, ternyata bore uppunya risiko yang cukup besar seperti motor akan menjadi boros, piston yang mudah jebol, dan mesin yang mudah over heat.

Irvine Maulana, biker asal Pamulang, Tangerang Selatan, mengatakan bahwa bukan cuma bore up, memperbarui akselerasi motor matik juga butuh keahlian supaya tidak gagal dalam melakukannya.

Nah, untuk menambah akselerasi motor, Irvine menyarankan beberapa bagian atau part yang harus diganti, seperti berikut ini.

1. PERBARUI UPGRADE CVT


Cara Upgrade Akselerasi Motor Matik Tanpa Harus Bore Up

Foto: YouTube MyNameIsmail

Memperbarui CVT atau yang lebih dikenal dengan istilah 'upgrade kirian' bisa menambah akselerasi motor tanpa harus di-bore up.Ada beberapa bagian CVT yang harus diganti, seperti bagian pulley, per CVT, rumah mangkok kampas ganda, dan roller.

2. CUSTOM NOKEN AS

Cara Upgrade Akselerasi Motor Matik Tanpa Harus Bore Up

Foto: YouTube Arfa Experiment

Noken as berfungsi untuk mengatur buka tutup klep di head silinder. Fungsinya untuk mengalirkan campuran bensin dan udara serta mengeluarkan gas sisa pembakaran dari ruang bakar. Ada dua pilihan agar noken as menjadi ganas seperti memodifikasi atau membeli produk after market. Pastinya dengan memperbarui noken as, maka akan membuat tutup klep pada head menjadi lebih sempurna.

Baca Juga: Ini Asal-Usul Pengendara Vespa Suka Diberi Hormat Anak Kecil

3. PORTING POLISH

Cara Upgrade Akselerasi Motor Matik Tanpa Harus Bore Up

Foto: YouTube MyNameIsmail

Porting polish pada dasarnya adalah membuat ulang jalur masuknya udara dan bahan bakar. Manfaatnya jalan bahan bakar menuju mesin maupun jalur gas buang dari mesin menjadi makin lancar dan juga memaksimalkan efisiensi silinder head serta membuat tenaga semakin bertambah.

Baca Juga: Mau Modifikasi Motor? Cek Dulu Jenis-Jenis Modifikasinya

4. GANTI ECU

Cara Upgrade Akselerasi Motor Matik Tanpa Harus Bore Up

Foto:YouTube Matthew Ravinto

Engine Control Unit (ECU) punya peran yang sangat penting dalam mengontrol fungsi pada motor injeksi. Menurut Irvine, ECU bisa dikatakan sebagai otak pada kendaraan karena semua yang berhubungan dengan motor injeksi dikontrol oleh ECU. Memperbarui ECU ada dua pilihan, yaitu re-map atau membeli produk after market.

Dari beberapa hal di atas, menurut Irvine yang paling penting adalah mekanik harus punya pengalaman. Memperbarui CVT, porting polish, modifikasi noken as, dan remapECU tidak bisa dilakukan pada bengkel resmi.

“Semua itu harus dilakukan di bengkel racing. Saya sarankan yang punya pengalaman banyak dan sudah terkenal agar dalam pengerjaan tidak asal asalan,” ujar Irvine.

Wildan Adil Hilba
Kontributor GenSINDO
Universitas Budi Luhur
Instagram: @wildanadilhilbaa
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)