4 Helm Merek Lokal yang Cocok untuk Riding

Rabu, 18 Agustus 2021 - 14:04 WIB
loading...
4 Helm Merek Lokal yang Cocok untuk Riding
Helm ber-SNI adalah hal yang wajib kamu pakai saat mengendarai motor, dan kini sudah banyak helm lokal dengan desain dan kualitas terbaik. Foto/Instagram @rsvhelmets
A A A
JAKARTA - Sebagai salah satu kelengkapan berkendara, helm adalah pengaman kepala yang tidak boleh lupa dipakai. Memakai helm berstandar SNI juga kewajiban dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Ada dua jenis helm yang bisa dipakai, yaitu full face dan half face, dan keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, berikut helm produksi perusahaan dalam negeri yang cocok untuk dipakai saat bekendara dan pastinya sudah ber-SNI.

1. RSV SV 500

4 Helm Merek Lokal yang Cocok untuk Riding

Foto: RSV

Helm hasil produksi di Bandung ini telah memiliki tiga sertifikasi, yakni Standar Nasional Indonesia (SNI), Department Of Transportation (DOT), dan Economic Commision for Europe (ECE), RSV SV500 diracik dengan material ABS murni 100% yang berbobot kurang lebih 1,58 kg. Juga dilengkapi flat visor bermaterial polycarbonate antigores, chin strap berjenis DD-Ring, chin curtain, dan busa berbahan nyaman untuk kepala serta dapat mudah dilepas.

Untuk varian terbaru dari RSV Helmet sudah dilengkapi dengan emergency quick release system dan kenyamanan tambahan berupa double visor. Harga helm dibanderol Rp900-950 ribu.

Baca Juga: Label Denim Lokal Cocok untuk OOTD, Harga Mulai Rp100 Ribu-an

2. KYT FALCON FR

4 Helm Merek Lokal yang Cocok untuk Riding

Foto: KYT

Helm full face terbaru dari KYT ini punya banyak fitur dan spesifikasi yang sangat menggiurkan. Dari segi harga pun cukup menggoda karena masih di bawah angka satu juta rupiah.

Helm ini sudah punya fitur flat visor, dan visor-nya ini sudah punya dual TOP, emergency quick released, DD-Ring, dan keluaran terbarunya sudah punya lubang untuk intercom. Untuk memiliki helm ini kalian cukup merogoh kocek Rp820 ribu.

3. NJS ZX-1

4 Helm Merek Lokal yang Cocok untuk Riding

Foto: NJS

Seri NJS ZX-1 dirancang dengan menyesuaikan model-model yang saat ini sedang marak di Indonesia, yaitu bentuk dan ukuran cangkang helm (shell) lebih ramping serta aerodinamis. Semakin lengkap dengan desain yang sporty. Menariknya, jumlah ventilasi udara pada NJS ZX-1 juga cukup banyak, sehingga sirkulasi udara yang masuk dan keluar menjadi semakin baik.

Helm ini juga punya fitur yang cukup menarik di antaranya adalah glasses fit, lubang untuk intercom, dan DD-Ring. Sayangnya helm ini belum punya fitur flat visor dan emergency quick released pada busa. Untuk harga, yaitu mulai Rp650 ribu untuk yang solid dan Rp700 ribu untuk motif grafis.

Baca Juga: 5 Kafe Kekinian untuk Nongkrong di Bogor, Ada Live Music-nya!

4. NHK GP PRIME

4 Helm Merek Lokal yang Cocok untuk Riding

Foto: NHK

Ketika helm ini dirilis pada Februari cukup membuat heboh para bikerkarena kompetitor yang membuat helm belum ada yang persis seperti NHK GP PRIME. Helm ini punya paket yang cukup komplet pada fiturnya, di antanya adalah flat visor, lubang untuk intercom, emergency quick released, antifog, glasses fit, ventilasi udara 4D Cooling Air System, serta double visor.

Untuk standar keselamatan, NHK GP Prime sudah lulus SNI dan DOT. Kelasnya boleh dikatakan di atas GP 1000 dan RX 9. Karena menggunakan doubel visor, bobotnya mencapai 1.500 gram. Untuk memiliki helm ini setidaknya kamu harus merogoh kocek sekitar Rp925 ribu hingga Rp1,1 juta.

Wildan Adil Hilba
Kontributor GenSINDO
Universitas Budi Luhur
Instagram: @wildanadilhilbaa
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)