Sederet Film yang Cocok Kamu Tonton untuk Rayakan Hari Kartini

Selasa, 21 April 2020 - 12:40 WIB
loading...
Sederet Film yang Cocok Kamu Tonton untuk Rayakan Hari Kartini
Dian Sastrowardoyo sebagai RA Kartini dalam film Kartini garapan Hanung Bramantyo. Foto/Legacy Pictures
A A A
JAKARTA - Zaman sekolah dulu, Hari Kartini yang diperingati tiap 21 April dirayakan dengan memakai kebaya. Tapi kali ini saat #DiRumahAja, yuk, kita rayakan dengan nonton film tentang perempuan.

Dengan menonton film-film yang menceritakan perjuangan, semangat, serta sisi kuat dari perempuan, kamu bisa mengambil pelajaran dari film-fillm ini. Gak peduli cewek atau cowok, semua bisa nonton, kok. Yuk, simak film-film di bawah ini.

1. KARTINI (2017)

Ini film yang paling pas untuk ditonton pas Hari Kartini. Dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo sebagai R.A. Kartini, film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini akan membawa kamu untuk melihat sejarah sosok feminis di negeri ini. Sebuah langkah awal Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan untuk berpendapat, berani bermimpi, dan mendapatkan pendidikan yang setara dengan kaum pria.



2. 3 SRIKANDI (2016)

Film yang disutradarai oleh Iman Brotoseno ini mengangkat kisah mengenai tiga atlet perempuan panahan asal Indonesia peraih medali Oimpiade, diperankan oleh Tara Basro, Chelsea Islan, dan Bunga Citra Lestari. Mereka punya latar belakang dan masalah hidup yang berbeda, yang harus mereka hadapi saat harus berjuang mempersiapkan diri untuk Olimpiade. Film ini bakal mengajarkan kita tentang kedisiplinan, ketangguhan, dan rasa optimistis dalam berjuang.



3. ATHIRAH (2016)

Diadaptasi dari kisah nyata ibu dari Jusuf Kalla, film ini mengisahkan tentang Athirah sebagai perempuan tangguh dalam menjalani kehidupan setelah suaminya menikah lagi. Ia tak bisa menolak keinginan suaminya, dan merelakannya menikah lagi. Meski awalnya terpuruk, tapi dia bisa bangkit untuk membesarkan anak-anaknya. Kamu bakal kagum setengah mati dengan ketangguhan dan keikhlasan Athirah dalam menghadapi badai dalam hidupnya.



4. LITTLE WOMEN (2019)

Kisah yang diangkat dari novel karya Louisa May Alcott ini sudah tujuh kali diadaptasi ke dalam serial TV dan film. Dibintangi oleh Saoirse Ronan, Timothee Chalamet, Florence Pugh, dan Emma Watson, film ini menceritakan kehidupan perempuan pada abad ke-18 tentang dilema antara impian dan pernikahan. Berbagai karakter perempuan dengan masalahnya masing-masing akan kamu temukan di sini.



5. LADY BIRD (2017)

Disutradarai Greta Gerwig, mengisahkan masa-masa remaja yang diisi oleh kenakalan, percintaan, dan juga masalah keluarga antara anak dan ibu. Melalui cerita ini, masa pendewasaan seorang perempuan dikemas dengan kisah yang lucu dan unik. Film ini diperankan oleh Saoirse Ronan sebagai tokoh utama, yang menjuluki dirinya sebagai Lady Bird.



6. UNORTHODOX (2020)

Miniseri Netflix sepanjang empat episode ini baru dirilis pada Maret 2020. Kisahnya diadaptasi dari buku autobiografi Deborah Fieldman. Film yang diperankan oleh Shira Haas, Amit Rahav, Jeff Wilbusch menceritakan seorang remaja Yahudi berumur 19 tahun yang memberontak dari komunitasnya dan melarikan diri dari pernikahannya.




Jadi, film apa dulu, nih, yang mau kamu tonton hari ini?

Farah Nadhilah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @farranadh
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)