Jarang Dikonsumsi, 3 Buah Ini Punya Manfaat Luar Biasa

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 12:30 WIB
loading...
Jarang Dikonsumsi, 3 Buah Ini Punya Manfaat Luar Biasa
Buah-buahan sudah terbukti secara ilmiah menjadi sumber alami yang mengandung banyak vitamin untuk tubuh manusia. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Apel, jeruk, pisang, hingga mangga adalah buah yang populer di kalangan masyarakat umum sebagai buah yang mengandung banyak vitamin dan sering dikonsumsi.

Meski begitu, ada buah-buah lainnya yang jarang dikonsumsi, tapi juga punya manfaat luar biasa untuk tubuh kita.

Mengutip Everyday Health , penelitian yang diterbitkan di The BMJ pada Juli 2020 menyebut bahwa makan buah lebih banyak bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

"Buah meningkatkan kesehatan dan menyediakan berbagi nutrisi penting seperti serat, antioksidan, vitamin, dan mineral ke dalam makanan kita sehari hari," ungkap ahli gizi Malina Malkani.

Nah, berikut tiga buah yang kurang populer, tapi punya banyak manfaat.

1. PLUM KERING

Jarang Dikonsumsi, 3 Buah Ini Punya Manfaat Luar Biasa

Foto: Shopee

Buah ini mungkin asing didengar dan ditemukan, tapi plum kering bagus untuk pencernaan kita. Tak cuma itu, para peneliti juga mengatakan bahwa plum kering memiliki efek pada hormon yang mencegah kerusakan tulang.

Satu porsi cangkir plum kering mengandung lebih dari 6 g serat, Seperti diketahui, makanan yang mengandung serat bisa membantu menurunkan kolesetrol. America Heart Association juga mencatat bahwa mendapatkan cukup kallum dalam makanan membantu mengelola tekanan darah tinggi dan membantu fungsi ginjal dan otot.

Baca Juga: Tanpa Rasa Asam, Buah-Buahan Ini Kaya Vitamin C

2. CRANBERRY

Jarang Dikonsumsi, 3 Buah Ini Punya Manfaat Luar Biasa

Foto: Wikihow

Antioksidan yang disebut proanthocyanidins dalam cranberry bisa membantu menghentikan aktivitas bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Menurut American Dental Association, terlalu banyak mengonsumsi makanan lengket dan manis bisa menyebabkan gigi berlubang.Cranberry segar mengandung hampir 4 g serat per cangkir dan lebih dari 15 mg vitamin C di setiap cangkir.

Baca Juga: Sering Dengar dan Percaya dengan Tips Kesehatan Ini? Ternyata Mitos!

3. JERUK BALI

Jarang Dikonsumsi, 3 Buah Ini Punya Manfaat Luar Biasa

Foto: Blibli

Penelitian menemukan bahwa makan jeruk bali bisa menurunkan risiko terkena stroke iskemik, yang terjadi karena ada penyumbatan oleh darah beku pada aliran darah menuju otak. Jeruk bali bisa dikonsumsi pagi dan larut malam. Jeruk bali kecil memiliki sekitar 69 mg vitamin C.

Widiyaningsih
kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @widiyaningsih_24
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)