Perlakuan Tak Adil yang Dialami BLACKPINK, BTS, dan EXO dalam Acara Musik

Kamis, 05 Agustus 2021 - 17:05 WIB
loading...
Perlakuan Tak Adil yang Dialami BLACKPINK, BTS, dan EXO dalam Acara Musik
Seoul Music Awards jadi salah satu program penghargaan musik yang kontroversial karena tak memenangkan BLACKPINK. Foto/Yonhap News
A A A
JAKARTA - BLACKPINK, BTS, dan EXO adalah nama besar dalam industri K-pop , tapi nyatanya mereka tetap saja pernah mendapatkan perlakuan yang patut dipertanyakan dalam acara penghargaan musik.

Meski terbukti sukses secara komersial dan memiliki fandom yang besar, tapi beberapa acara penghargaan musik tak memberikan penghargaan yang dianggap selayaknya untuk ketiga grup ini. Berikut ulasannya.

1. BLACKPINK - SEOUL MUSIC AWARDS DAN ASIA ARTIST AWARDS 2020

Perlakuan Tak Adil yang Dialami BLACKPINK, BTS, dan EXO dalam Acara Musik

Foto: YG Entertainment

Pada 2020, Seoul Music Awards (SMA) mendapat kecaman dari netizen karena tak memberikan penghargaan bonsang kepada girl group ini. Padahal BLACKPINK ada di urutan ke-4 dalam daftar 10 grup yang memiliki prestasi besar tahun itu, di bawah BTS, IZ*ONE, dan EXO. Intinya, daftar 10 besar penerima penghargaan bonsang tidak sama dengan tabel ringkasan prestasi.

Saat itu, netizen mencurigai bahwa BLACKPINK tak mendapat penghargaan tersebut karena mereka tak hadir dalam acara itu.

Selain itu, dalam Asia Artist Awards (AAA) 2020, BLACKPINK lagi-lagi gagal mendapatkan piala sebagai Potential Singer Award karena kalah dari IZ*ONE. Saat itu, pembawa acara mengatakan bahwa "Ini (IZ*ONE) adalah girl group dengan penjualan album minggu pertama tertinggi".

Padahal, album studio pertama BLACKPINK "The Album" yang dirilis pada Oktober 2020 memecahkan rekor IZ*ONE yang merilis album "Oneiric Diary" pada 15 Juni 2020. Dari catatan penjualan di Hanteo Chart, mengutip Straits Times dan SBS , BLACKPINK mencatat angka 590.000, sementara IZ*ONE sebanyak 389.334 kopi.

Atas kasus kekalahan terhadap IZ*ONE, Blink sempat menuntut AAA meminta maaf kepada BLACKPINK. Dalam ajang ini, BLACKPINK pada akhirnya juga tidak mendapatkan piala apa pun.

2. BTS - ASIA ARTIST AWARDS 2019

Perlakuan Tak Adil yang Dialami BLACKPINK, BTS, dan EXO dalam Acara Musik

Foto: Facebook bangtan.official

Masih dari AAA, tapi kali ini dari tahun 2019, BTS tak mengantongi piala apa pun dari acara ini. Empat daesang, yaitu Song of the Year, Singer of the Year, Performance of the Year, dan Album of the Year, masing-masing jatuh kepada Red Velvet, TWICE, GOT7, dan SEVENTEEN.

Padahal, saat itu album BTS "Map of the Soul: Persona” menjadi album dengan penjualan terbanyak, juga satu-satunya grup yang mencapai perfect all-kill di semua segmen digital. Karena itulah publik bertanya-tanya mengapa BTS tak mendapatkan satu pun penghargaan yang seharusnya mereka dapatkan.

Baca Juga: Kalahkan Kim Soo-Hyun, BTS Jadi Bintang Iklan Termahal di Korea

3. EXO - MNET ASIAN MUSIC AWARDS 2017

Perlakuan Tak Adil yang Dialami BLACKPINK, BTS, dan EXO dalam Acara Musik

Foto: Mnet

Mnet Asian Music Awards 2017 (MAMA 2017) dibenci oleh EXO-L karena pihak penyelenggara dianggap melecehkan EXO . Saat itu, boy grup SM Entertainment ini menjadi nomine untuk 19 kategori yang beberapa pemenangnya dipilih dari hasil voting. EXO memimpin dalam 5 kategori, tapi mereka hanya memenangkan 1 penghargaan. Hal ini tentunya membuat EXO-L frustrasi.

Selain itu, saat tiap grup tampil dalam acara ini, umumnya para grup junior tampil lebih dulu. Sementara grup senior tampil jelang puncak acara. Namun EXO justru tampil sebelum grup junior.

Baca Juga: 3 Insiden Dramatis yang Bikin EXO Tak Mau Datang Lagi ke Ajang MAMA

Saat memegang satu-satunya piala, yaitu daesang Album of the Year, para personel EXO tidak bisa menahan air mata mereka. Mereka tetap berterima kasih kepada para penggemar, tapi MAMA 2017 menjadi tahun terakhir EXO hadir dalam acara tersebut.

Aulia Putri Andrika
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @aulia.andrika
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)