Kasus BTS 'Butter' Dituduh Plagiat, Komposer Game Nintendo 'Monster in My Pocket' Buka Suara

Kasus BTS Butter Dituduh Plagiat, Komposer Game Nintendo Monster in My Pocket Buka Suara
Lagu Butter yang dinyanyikan BTS dituduh hasil plagiat dari lagu Towering Catastrophe yang dipakai dalam gim Monster in My Pocket. Foto/Bighit Music
TOKYO - Lagu berbahasa Inggris BTS yang berjudul "Butter" belum lama ini dituding telah memplagiat lagu dari gim Nintendo "Monster in My Pocket".

Lagu berjudul "Towering Catastrophe" itu diciptakan oleh duo komposer Jepang Kozo Nakamura dan Hiroshi Takeyashu. Adapun gimnya dirilis pada 1992.

Tudingan ini disebarkan netizen di Korea Selatan lewat internet, dan karena semakin memanas, sang komposer akhirnya buka suara dengan mengeluarkan pernyataan di blognya.

Mengutip Allkpop , sang komposer mengomentari tentang artikel di Wow! Korea yang memuat tanggapan mereka tentang tudingan plagiarisme itu. Dalam artikel tersebut tertulis bahwa komposer berkata " musiknya hampir sama, ini lebih dari sekadar sampling".

Dia lalu menegaskan bahwa dia tidak pernah mengatakan hal tersebut, dan bingung siapa sebenarnya yang mengeluarkan komentar tersebut.

Kasus BTS 'Butter' Dituduh Plagiat, Komposer Game Nintendo 'Monster in My Pocket' Buka Suara

Foto: via Allkpop

Sang komposer lalu menerangkan bahwa dia tahu BTS, tapi saat itu belum mendengarkan lagu "Butter". Saat dia mendengar soal tudingan plagiarisme, dia lalu mendengarkan lagu tersebut dan menyatakan bahwa kesamaan tersebut hanyalah sebuah kebetulan.

Baca Juga: 15 Lagu Indonesia Jadul yang Viral Lagi Gara-Gara TikTok

Dia juga menulis bahwa dia kaget dan takjub dengan perhatian masyarakat terhadap lagu gim yang diciptakannya.

Berikut pernyataan lengkapnya.
halaman ke-1
Share: