15 Lagu Indonesia Jadul yang Viral Lagi Gara-Gara TikTok

15 Lagu Indonesia Jadul yang Viral Lagi Gara-Gara TikTok
Lagu lawas milik Melly Goeslaw yang berjudul Im Falling in Love menjadi viral di TikTok pada tahun ini,. Foto/Instagram @mellygoeslaw
JAKARTA - Tiktok kini menjadi salah satu aplikasi terfavorit bagi netizen Indonesia. Diperkirakan pengguna TikTok di Indonesia kini mencapai 30,7 juta pengguna.

Bahkan, demi menyaingi kepopuleran aplikasi ini, Instagram membuat fitur dengan tampilan seperti TikTok yaitu Reels Video. Aplikasi khusus video ini juga didukung dengan adanya musik atau suara untuk setiap Video TikTok (VT).

Nah, di sinilah lalu banyak lagu yang menjadi viral karena sering digunakan oleh banyak VT.Lagu-lagu zaman dahulu (jadul) yang sudah lama tidak terdengar pun bisa kembali populer berkat VT. Berikut ini 15 di antaranya.

1. ANDAI AKU BISA – CHRISYE



Lagu lawas dari tahun 2001 ini digunakan para pengguna TikTok hingga mencapai 27,9 ribu video. Selain itu kemunculan lagu ini juga berkat penyanyi Tulus yang membawakan lagu ini sebagai tribute kepada mendiang .Chrisye.

Penyanyi TikTok terkenal yaitu Idgitaf juga ikut menyanyikan lagu ini dengan melakukan improvisasi khasnya sehingga mengundang reaksi positif dari pengguna TikTok dan berhasil memperoleh like sebanyak 33,7 ribu.





2. RAHASIA HATI – ELEMENT

Lagu dari tahun 2002 ini bercerita tentang seseorang yang belum bisa move on hingga rela berbagi cinta dengan orang lain agar selalu bersama dengan orang yang diinginkan. Akun TikTok @celinesun membuat video dengan lagu ini dan memperoleh like sebanyak 127 ribu



3. I'M FALLING IN LOVE - MELLY GOESLAW

Lagu dalam album "Mindnsoul" (2006) ini punya lirik, "Dan kutelah jatuh cinta, ku wanita dan engkau lelaki, perasaanku berkata I'm falling in love" dan kini banyak dipakai sebagai konten VT percintaan. Lagu ini sudah digunakan dalam VT sebanyak sekitar 36,9 ribu.



4. CINTA INI MEMBUNUHKU - D'MASIV

Lagu yang dirilis pada 2008 ini viral berkat Jemimah yang melakukan improvisasi pada lagu tersebut dalam ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Improvisasi yang unik dari Jemimah kemudian memunculkan tagar #JemimahChallenge.

Lagu yang bercerita tentang perjuangan cinta yang tak pernah dihargai ini berhasil mencapai 322,8 juta tayangan di aplikasi TikTok.



5. SEDIH TAK BERUJUNG – GLENN FREDLY

Lagu yang dirilis pada 2009 ini bercerita tentang kesedihan seseorang karena harus berpisah dengan orang yang disayanginya. Berkat akun TikTok @abbydzar yang menyanyikan ulang lagu ini, jadilah lagunya kembali viral di TikTok.



6. TEGA – ROSSA

"Tega" dirilis pada 2009 dan banyak dijadikan latar konten galau di TikTok. “Aku tahu dirimu kini, telah ada yang memiliki, tapi bagaimanakah dengan diriku, tak mungkin ku sanggup untuk kehilangan dirimu” menjadi lirik ikonik dari lagu ini.



7. CINTA PERTAMA DAN TERAKHIR – SHERINA

Dirilis pada 2010, lagu ini kembali hangat salah satunya karena pemilik akun @Talaaa membawakan lagu ini, dan akhirnya banyak dinyanyikan ulang hingga dijadikan latar lagu.

Makna lagu ini menjelaskan tentang perasaan cinta pertama dan terakhir bagi seseorang. “Akankah sama jadinya bila bukan kamu, lalu senyummu menyadarkanku kau cinta pertama dan terakhirku.”



8. SAY NO – TASYA KAMILA

Banyak yang tak sadar lagu yang dirilis pada 2011 ini dinyanyikan oleh mantan penyanyi cilik Tasya Kamila. Lagu ini juga kembali viral salah satunya berkat akun @Aji Teguh . Ia berniat bernostalgia dengan membuat VT bertuliskan, “yg tau lagu ini kita seumuran”.Ternyata hal tersebut mengundang reaksi banyak pengguna TikTok dan bahkan Tasya Kamila ikut berkomentar dalam akun TikToknya.

Lagu ini bermakna tentang seorang perempuan yang mengatakan tidak untuk laki-laki buaya atau playboy. “I will say no say no, Kamu kamu lelaki buaya darat, Kuingin engkau jauh dariku, kamu kamu semua go away” menjadi lirik utamanya.



9. CINTA DAN BENCI – GEISHA

Lagu dari tahun 2011 ini melahirkan tagar #cintadanbenci di TikTok hingga mendapat 17,2 juta tayangan. “Sungguh aku tak bisa sampai kapan pun tak bisa, membenci dirimu, sesungguhnya aku tak mampu, sulit untuk ku bisa sangat sulit ku tak bisa, memisahkan segala, cinta dan benci yang kurasa”. Lirik tersebut bermakna bahwa seseorang tidak bisa membenci kekasihnya karena sulit memisahkan antara perasaan cinta dan benci.

Baca Juga: 10 Lagu K-Pop dengan Lirik Meneduhkan Hati



10. SEDANG APA DAN DI MANA – SAMMY SIMORANGKIR

Dirilis pada 2011, lagu ini dibawakan ulang oleh para konten kreator dengan versi mereka masing-masing. Tagar #sedangapadandimana di TikTok sudah mencapai 5,7 juta tayangan. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang merindukan kekasihnya yang dulu. “Sedang apa dan di mana, dirimu yang dulu kucinta” menjadi lirik paling mendalam dalam lagu ini.



11. BUKAN DIA TAPI AKU – JUDIKA

Lagu yang dirilis pada 2011 ini melahirkan tagar #bukandiatapiaku yang sudah mencapai 6 juta tayangan. Lagu ini kembali populer karena makna lagunya tentang seseorang yang meyakini bahwa cintanya lebih besar dan tulus dibanding orang lain.



12. KU PUNYA PACAR – T2

Lagu yang dirilis pada 2012 ini pertama kali digunakan oleh akun @sabita makeup saat ia sedang membuat VT berdandan. Mendengar lagu ini, banyak pengguna TikTok yang bernostalgia .

Selain itu T2 dalam akun TikTok Tiwi @Prastiwi Dwiarti juga ikut meramaikan dengan melakukan lipsync dan mereka ulang lagu yang dahulu mereka nyanyikan itu. Lagu T2 ini menceritakan tentang dua perempuan yaitu Tika dan Tiwi yang mempunyai pacar , tapi mereka sebenarnya tidak menarik karena tidak ada chemistry



13. PECINTA WANITA – IRWANSYAH

Lagu dari tahun 2012 ini punya lirik, “Aku memang pencinta wanita.. namun kubukan buaya” menjadi populer.Lagu ini juga menggambarkan sosok Irwansyah saat berperan dalam film "Heart". Di aplikasi TikTok lagu ini sudah digunakan sebanyak 60,9 ribu kali.



14. MIMPI TERINDAH – CINTA KUYA

Lagu yang dirilis pada 2013 ini bercerita tentang cinta tulus seorang ayah pada anak perempuannya. Video TikTok milik Uya Kuya dengan lagu ini memperoleh like sebanyak 2,3 juta.

Baca Juga: 6 Yel-yel Ikonik dan Pernah Viral



15. LABIRIN – TULUS

“Menyiksaku tapi sungguh candu, sungguh candu, sungguh candu…” menjadi lirik paling membekas dalam lagu yang dirilis pada 2018. Lagu ini sering digunakan dalam VT tentang kegiatan atau perasaan yang tidak normal dan membuat candu.

"Labirin" sebenarnya bermakna tentang perjuangan cinta seseorang agar bisa mendapatkan hati yang dicintainya. Lagu ini sangat cocok untuk kamu yang sedang berusaha untuk PDKT.



Lutfia Dwi Kurniasih
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @lutfaiueo


(ita)
Share: