Mengenal Lizzo, Musisi Nyentrik yang Giat Kampanyekan Self-Confident dan Self-Love

Rabu, 27 Mei 2020 - 14:01 WIB
loading...
A A A
Mengenal Lizzo, Musisi Nyentrik yang Giat Kampanyekan Self-Confident dan Self-Love


Mendobrak Stereotip Kecantikan

Ketika diwawancarai British Vogue, Lizzo menyatakan bahwa industri mode masih cenderung menetapkan standar kecantikan tertentu, yaitu perempuan cantik adalah yang badannya ramping.

Soal komentar negatif yang sering diterima soal bentuk tubuhnya, Lizzo menjawab dengan tegas, “Aku sehat dan itu gak merugikan siapa pun. Jadi, kenapa kalian harus terusik dengan bentuk tubuhku?” ujarnya, dikutip dari Rolling Stones.

Salah satu cara Lizzo dalam berjuang mengubah stereotip tentang perempuan bertubuh besar adalah dengan berpakaian unik dalam setiap pertunjukan maupun acara formal yang dihadirinya.

Lizzo juga sering mengunggah fotonya di media sosial, dengan harapan supaya makin banyak orang yang menghargai keberagaman bentuk tubuh dan berhenti menghujat.

Hal tersebut membuat beberapa majalah mode ternama, seperti Vogue dan Marie Claire Brasil menjadikannya sebagai salah satu ikon mode dan memajangnya di sampul majalah mereka.

Majalah TIME juga menganugerahinya Entertainer of the Year (2019), berkat kontribusinya pada musik dan aktivismenya dalam bidang citra diri.

Musik yang Menginspirasi

Sebagai musisi, ia dikenal sering memasukkan tema self-confident dan self-love ke dalam musiknya. Contohnya, lagu "Truth Hurts" yang berhasil menduduki peringkat puncak dalam Billboard 100 selama tujuh minggu.

Lagu tersebut juga menjadikannya penyanyi solo perempuan kulit hitam pertama yang mencapai prestasi tersebut, sejak Rihanna pada 2012. Menurut Lizzo pada The Washington Post, lagu tersebut bercerita tentang bangkit dari penolakan.



Selain itu ada juga lagu "Good As Hell" dengan lirik “If he don't love you anymore, just walk your fine ass out the door."

Lagu "My Skin" juga mengajak semua orang, terutama perempuan, untuk mencintai dirinya sendiri dan menghargai keberagaman ras.

Lirik lagu ini berbunyi, “I'm done with the struggle, I just wanna enjoy my life now and maybe appreciate my skin.”



“Aku ingin semua orang tahu, terlepas dari jenis kelamin, warna kulit, ras, atau bentuk tubuh, kalian semua keren. Jangan biarkan komentar negatif meruntuhkan semangat. Teruslah berkarya dan kejar impian kalian," tegasnya.

Bagi Lizzo, tampil berbeda bukanlah sesuatu yang aneh, tapi itu adalah hal yang bisa dijadikan sebagai ciri khas diri.

Hal ini membuatnya semakin sukses dan bersinar setiap tahunnya. Seperti dalam lirik dalam lagunya "Juice", “If I'm shinin,' everybody gonna shine.

Hasta Aisyah Trida Pramita
Kontributor GenSINDO
Universitas Nasional
Instagram: @hastatrida
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)