Cerita Sutradara dan Produser 'ARRQ' Bisa Dapat Izin Mainkan Lagu Billie Eilish dan Honne

Kamis, 24 Juni 2021 - 22:34 WIB
loading...
Cerita Sutradara dan Produser ARRQ Bisa Dapat Izin Mainkan Lagu Billie Eilish dan Honne
Film Ali & Ratu-Ratu Queens memasukkan dua lagu dari musisi internasional, yaitu milik Billie Eilish dan Honne. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Film " Ali & Ratu-Ratu Queens " (ARRQ) diisi dengan lagu-lagu populer baik dari musisi dalam negeri maupun luar negeri.

Sedikitnya ada delapan lagu yang mengisi film tersebut, ditambah lagu Svmmerdose "Now You're Gone" yang juga diisi Iqbaal Ramadhan sebagai basisnya. Lagu ini dimainkan saat credit title muncul pada akhir film. Dari delapan lagu itu, ada dua lagu dari musisi internasional, yaitu "I Love You" dari Billie Eilish dan "Location Unknown" dari Honne.

Sutradara Lucky Kuswandi serta produser Muhammad Zaidy dan Meiske Taurisia pun bercerita bagaimana mereka bisa mendapatkan lisensi dari dua lagu terkenal itu. Menurut Lucky semua lagu yang ada dalam "ARRQ" dipilih lewat dua tahap.

Awalnya, mereka bertiga bertemu dengan direktur musik Mar Galo dan Ken Jenie, dan saling membuat daftar lagu yang sekiranya cocok dengan atmosfer film ini.

Cerita Sutradara dan Produser 'ARRQ' Bisa Dapat Izin Mainkan Lagu Billie Eilish dan Honne

(Kiri ke kanan) Lucky Kuswandi, Meiske Taurisia, Muhammad Zaidy. Foto/Netflix

"Tadinya ada hip-hop, rap, pokoknya lagu-lagu yang bisa jadi melting pot dan ngegambarin New York juga," kata Lucky saat sesi roundtable "Ali & Ratu-Ratu Queens" bersama para wartawan yang dilakukan secara daring pada pertengahan Juni.

Meski begitu, keputusan akhirnya terjadi saat post-production. "Kami masukin lagu-lagu yang memang masuk dengan mood-nya, termasuk lagunya Billie. Billie ini tadinya masuk wishlistdoang, karena lagunya memang pas banget. Liriknya, suaranya, dan kesenduan gambarnya kawin banget," lanjut Lucky yang mengaku lagu ini memang lagu favoritnya.

Karena untuk mendapatkan lisensi lagu dari musisi luar negeri cukup membutuhkan waktu juga biaya yang tak murah, Zaidy pun mengatakan bahwa dia akan mencoba dulu.

"Ada dua lagu yang jadi guide untuk film, yaitu lagunya Billie dan Honne. Sebenarnya ini baru pertama kalinya kami (Palari Films selaku rumah produksi "ARRQ") memakai lagu luar," sambung Zaidy, yang akrab disapa Edy.

Cerita Sutradara dan Produser 'ARRQ' Bisa Dapat Izin Mainkan Lagu Billie Eilish dan Honne

Foto: Shadow Music

Edy lalu melanjutkan bahwa Lucky sangat menginginkan dua lagu ini bisa menjadi soundtrack filmnya. "Lucky bilang, 'I'm gonna love you so much kalau bisa masukin lagu ini'. Tapi saya enggak bisa janji," katanya tertawa.

Baca Juga: 8 Soundtrack Film 'Ali & Ratu-Ratu Queens', Makna dan Scene yang Menyertainya

Walau begitu, sama seperti Lucky, Edy juga merasa lagu "I Love You" sangat cocok dengan atmosfer scene dalam "ARRQ".

"Sebenarnya kami ada juga lagu Indonesia yang sangat powerful, tapi ada something dalam lagu Billie. Teksturnya, lirik, feel-nya cocok dengan adegan tersebut. Jadi memang memperkaya filmnya, bukan sekadar ini lagu internasonal, ini beyond that," kata Edy menjelaskan.

Untungnya, usaha Edy mendapatkan dua lagu ini dilancarkan. "Saya nanya iseng, ternyata rezekinya dilancarkan, ada keberuntungan. Prosesnya panjang dan itu waktu pandemi," ucapnya.

Baca Juga: Bikin Terngiang-ngiang, Ini 6 Soundtrack Film Indonesia Terhits 2019

"Rezekinya (bisa dapat dua lagu itu) dan kami very happy, apalagi juga dapet musisi-musisi lokalnya yang kami rasa sangat kawin dengan lagunya," imbuh Edy yang menolak menyebut berapa biaya yang dikeluarkannya untuk mendapatkan lisensi lagu-lagu tersebut.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4311 seconds (0.1#10.140)