4 Tipe Impulse Control Disorder, Ternyata Ada di Karakter Drama Korea Ini

Selasa, 22 Juni 2021 - 12:54 WIB
loading...
A A A
4. KLEPTOMANIA

4 Tipe Impulse Control Disorder, Ternyata Ada di Karakter Drama Korea Ini

Foto: Viu

Biasa dikenal dengan sebutan “klepto”. Ditandai dengan perilaku seseorang yang gemar mencuri barang ketika menginginkannya dan dilakukan secara berulang. Tokoh Lee Joon-young (Jeon Jin-soe) dalam drama "The Word of The Married" awalnya adalah anak yang begitu manis dan patuh terhadap orang tuanya.

Namun, perilaku berubah seiring dengan pertikaian yang terjadi antara kedua orang tuanya dan teman-teman di sekolahnya yang seringkali mengejeknya. Sebagai bentuk pelampiasan atas kekesalan dan kemarahannya, Lee Joon-young pun menjadi seorang kleptomania. Ia mengambil barang-barang milik temannya di sekolah. Belum selesai pelampiasannya, dia pun memilih pergi meninggalkan ibu dan ayahnya.

Seseorang yang menderita Impulse Control Disorder bisa terjadi karena faktor genetik. Namun, lingkungan juga berpengaruh dalam membentuk karakter seseorang.

Tentunya, tanda-tanda yang dijelaskan pada tipe-tipe Impulse Control Disorder di atas tidak bisa disimpulkan sendiri, melainkan membutuhkan dokter atau psikolog untuk melakukan diagnosis. Bisa saja tanda-tandanya sama, tapi diagnosis berbeda.

Desyana Putrie
Kontributor GenSINDO
Universitas Singaperbangsa Karawang
Instagram: @katadesyana
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)