Suka Minum dari Botol Plastik? Ini Bahayanya yang Harus Diketahui

Jum'at, 04 Juni 2021 - 15:00 WIB
loading...
Suka Minum dari Botol Plastik? Ini Bahayanya yang Harus Diketahui
Minum dari botol plastik ternyata bisa merusak kesehatan tubuh kita. Foto/Mikroman6, Getty Images
A A A
JAKARTA - Tetap terhidrasi di cuaca panas memang sangat penting. Namun, jenis wadah yang dipilih saat kita minum untuk tetap terhidrasi menjadi pertimbangan utama lainnya.

Terkadang memang sulit untuk dihindari, apalagi kalau kita sedang berada di luar ruangan atau sedang piknik bersama teman, pasti kita memakai botol plastik karena sangat mudah dan praktis. Namun, ada efek buruk dari penggunaan botol plastik ini, bukan hanya bagi lingkungan, tapi juga bagi kesehatan kita secara langsung.

Menurut Thomson Reuters Foundation, mengutip dari Eat This , manusia mengonsumsi 19,9 kg plastik sepanjang hidup mereka. Meski kelihatannya ini tidak benar, tapi pada kenyataannya partikel plastik memang masuk ke dalam tubuh kita, dan itu adalah mikroplastik, yaitu mikropartikel kecil yang dipecah menjadi produk plastik.

Baca Juga: Cek, Ini Mitos atau Fakta Kesehatan Mental?

Suka Minum dari Botol Plastik? Ini Bahayanya yang Harus Diketahui

Foto:Peter Dazeley/Getty Images

Ketika para ilmuwan meneliti keberadaan mikroplastik dari barang-barang yang kita konsumsi, makin jelas ditemukan bahwa plastik adalah bahan sintesis yang terbuat dari bahan kimia yang tidak terurai secara alami. Kita akhirnya mengonsumsi mikropartikel kecil buatan manusia yang pada akhirnya ada di tubuh kita.

Dari semua produk makanan atau minuman, kemasan dari botol plastik mungkin mengandung plastik paling banyak dari minuman apa pun. Ini setidaknya menurut data WHO dan Organinasi Jurnalisme Nirlaba Orb Media, yang dilaporkan oleh Business Insider pada 2019.

“Potongan plastik kecil ini banyak yang lebih tipis dari sehelai rambut manusia dan ada di mana-mana,” tulis Business Insideryang menyatakan bahwa peminum air minum dalam kemasan rata – rata mengoonsumsi 10,4 partikel plastik dalam setiap botolnya.

Baca Juga: Hati-Hati, Ada Produk Tabir Surya yang Bisa Memicu Kanker

Suka Minum dari Botol Plastik? Ini Bahayanya yang Harus Diketahui

Foto:Sally Anscombe/Getty Images

Laporan terbaru dari Harvard, Chicago's School of Public Health, dan lembaga ilmu kedokteran lainnya juga menemukan bahwa bahan kimia tertentu yang ditemukan dalam plastik, seperti ftalat dan bisphenol A atau "BPA". BPA bisa menjadi racun di dalam tubuh yang berhubungan dengan kanker tertentu, seperti kanker payudara dan kanker hati. Perlu diperhatikan bahwa ini berbicara tentang wadah plastik yang dipanaskan di dalam microwave.

Nah, jadi semakin banyak alasan untuk membawa sendiri kemasan minuman dan makanan nonplastik, ya!

Salsa Khairunnisa
Kontributor GenSINDO
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
Instagram: @tehoca
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5005 seconds (0.1#10.140)