Daripada Dibuang, Lakukan Hal-Hal Ini pada Pakaian Lama Kamu

Rabu, 19 Mei 2021 - 17:00 WIB
loading...
Daripada Dibuang, Lakukan Hal-Hal Ini pada Pakaian Lama Kamu
Kalau koleksi bajumu sudah bertumpuk dan tak pernah kamu pakai lagi, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Semakin bertambah usia, semakin banyak pakaian baru yang kita beli dan gunakan, entah itu karena kekecilan, modelnya yang ketinggalan zaman, atau memang senang belanja baju.

Alhasil, pakaian-pakaian lama jadi menumpuk dan tak terpakai. Nah, supaya pakaian-pakaianmu tidak mubazir dan tetap bermanfaat, berikut cara-cara untuk memanfaatkannya.

1. PADU PADAN

Daripada Dibuang, Lakukan Hal-Hal Ini pada Pakaian Lama Kamu

Foto: Instagram@natasharizkynew, @febbyrastanty, @zaskiadyamecca, @audimarissa, @aghniapunjabi

Bosan dengan gaya yang itu-itu saja, akhirnya membeli baju baru supaya outfit-mu terlihat berbeda. Padahal, membeli baju bukanlah satu-satunya solusi untuk mengubah penampilan. Hanya dengan modal padu padan (mix and match), sebenarnya kamu bisa tampil kece dan kelihatan segar.

Misalkan selama ini kamu punya kemeja berwarna putih dan hanya dipadukan dengan rok hitam dan kerudung hitam, kamu bisa membuatnya lebih modern dan keren. Caranya misalnya dengan memadukan bersama berbagai macam warna celana kulot, celana jins, sampai outerrompi rajut atau selendang.

Untukmu yang berhijab, kamu bisa banget pakai berbagai macam kerudung seperti pashmina, paris, crinkle, plisket, dan banyak lagi.

Baca Juga: 6 Warna Hijab untuk Bikin Wajahmu Kelihatan Cerah

2. DIMODIFIKASI

Daripada Dibuang, Lakukan Hal-Hal Ini pada Pakaian Lama Kamu

Foto: Instagram@kyranayda

Kamu bisa mengubah pakaianmu yang modelnya biasa saja menjadi lebih menarik dan berbeda. Seperti baju polosmu yang terlihat membosankan, kamu bisa membuatnya menjadi motif tie dye atau menambahkan beberapa kain di beberapa bagian. Atau mungkin kalau kamu punya kemeja oversize, kamu bisa memotong beberapa bagian hingga jadi gaun cantik.

Baca Juga:

3. UBAH JADI BARANG DIY

Daripada Dibuang, Lakukan Hal-Hal Ini pada Pakaian Lama Kamu

Foto: rukita.com

Untuk pakaianmu yang mungkin sudah tak layak pakai, atau mungkin motifnya yang sudah ketinggalan zaman. Kamu bisa membuatnya jadi barang DIY yang lucu dan bermanfaat. Selain bisa membuat kegiatanmu menjadi lebih produktif, membuat barang DIY juga bisa meningkatkan sisi kreatifmu.

Misal kamu punya baju atau kemeja, kamu bisa mengubah dan menjahitnya menjadi sarung bantal, pakaian untuk anjing atau kucing peliharaanmu, menjadi ikat rambut atau bandana bahkan tas.

4. DISUMBANGKAN

Daripada Dibuang, Lakukan Hal-Hal Ini pada Pakaian Lama Kamu

Foto: Shutterstock

Menyumbangkan baju-bajumu juga bermanfaat, selain kamu berbagi ke orang yang lebih membutuhkan, kamu juga sudah melakukan hal terpuji yang bisa menambah pahala. Akan tetapi, pastikan baju yang kamu sumbangkan itu masih layak untuk dipakai. Jadi bukan cuma demi 'cuci gudang' isi lemarimu saja.

5. DIJUAL
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3726 seconds (0.1#10.140)