6 Drama Korea yang Bisa Jadi Gerbang untuk Belajar Psikologi

6 Drama Korea yang Bisa Jadi Gerbang untuk Belajar Psikologi
Drama Korea punya banyak cerita bertema psikologi dan beragam masalah kesehatan mental. Foto/MBC
JAKARTA - Kamu suka menonton drama Korea tapi juga tertarik dengan ilmu psikologi? Nah, kamu bisa mendapatkan keduanya dalam satu paket.

Berikut adalah beberapa rekomendasi drama Korea bertema psikologi yang bisa kamu tonton. Dari sini, kamu nanti bisa mencari tahu lebih lanjut tentang hal atau kasus psikologi yang terungkap dalam drama ini.

1. KILL ME, HEAL ME

6 Drama Korea yang Bisa Jadi Gerbang untuk Belajar Psikologi

Foto: MBC



Drama ini menceritakan Cha Do-hyun (Ji Sung) yang mengidap Dissociative Identity Disorder (DID) dan memiliki tujuh kepribadian. Kepribadian-kepribadian tersebut adalah: Cha Do-hyun yang merupakan kepribadian asli dan utama dari tubuh tersebut; Shin Se-gi yang pemberani, dingin, dan penuh dendam, tapi baik kepada Oh Ri-jin; Ferry Park yang suka membuat bom, suka minum, dan sangat ingin mempunyai kapal; Ahn Yo-na si perempuan 17 tahun yang energik dan menyukai oppa-oppa ganteng; Ahn Yo-sub si kembaran Yo Na yang pintar, damai, tapi selalu ingin bunuh diri; Nana yang merupakan anak berusia tujuh tahun; dan Mister X yang misterius.

Drama ini menghadirkan kombinasi luar biasa, terutama saat pergantian masing-masing kepribadian dan interaksi terhadap Oh Ri-jin (Hwang Jung-eum), Oh Ri-on (Park Seo-joon), juga lingkungan di sekitarnya. Selama drama berlangsung, kamu akan dibuat penasaran mengenai asal-usul setiap kepribadian dan akhir dari cerita yang ditampilkan.

2. IT’S OKAY TO NOT BE OKAY



6 Drama Korea yang Bisa Jadi Gerbang untuk Belajar Psikologi

Foto: tvN

Moon Gang-tae (Kim Soo-hyun) adalah perawat di rumah sakit jiwa yang hidup yatim piatu bersama kakaknya, Moon Sang-tae (Oh Jung-se) yang mengidap Autism Spectrum Disorder (ASD). Gang Tae yang tenang dan selalu menyembunyikan perasaannya bertemu dengan Ko Moon-young (Seo Yea-ji), penulis buku dongeng anak yang dingin, blak-blakan, dan bersikap cenderung antisosial.

Selama drama berlangsung, kita diajak untuk mengikuti proses penyembuhan luka batin dari masing-masing karakternya, mencari tahu ikatan masa lalu antara Ko Moon-young dan Moon Gang-tae, serta melihat perubahan positif yang dialami oleh para tokohnya. Sesuai judulnya, drama ini menunjukkan bahwa tidak apa-apa untuk merasa tidak baik-baik saja.

Baca Juga: 5 Aktris Seumuran Seo Ye-Ji yang Aktingnya Dinilai Lebih Baik Darinya

3. IT’S OKAY, THAT’S LOVE

6 Drama Korea yang Bisa Jadi Gerbang untuk Belajar Psikologi

Foto: SBS

Hampir serupa dengan “It’s Okay to Not be Okay”, drama ini pada dasarnya juga menceritakan penyembuhan luka batin satu sama lain, tapi dengan suasana yang lebih dewasa. Jang Jae-yeol (Jo In-sung) yang mengidap Obsessive Compulsive Disorder (OCD) bertemu dengan Ji Hae-soo (Gong Hyo-jin) yang merupakan seorang psikiater.

Mereka saling mengenal dan akhirnya Jae Yol ikut tinggal di hunian yang sama dengan Hae Soo dan dua rekannya yang lain, Park Soo-kwang (Lee Kwang-soo) yang mengidap Tourette Syndrome dan Jo Dong-min (Sung Dong-il). Seiring berjalannya cerita, kita akan mengetahui bahwa ternyata gangguan yang dialami Jae Yol lebih dari sekadar yang terlihat. Selain itu, proses Soo Kwang dalam menyembuhkan dirinya juga menjadi hal yang menarik dalam drama ini.

4. DR FROST

6 Drama Korea yang Bisa Jadi Gerbang untuk Belajar Psikologi

Foto: OCN

Drama yang merupakan adaptasi dari webtoon ini, bercerita tentang Baek Nam-bong (Song Chang-eui) yang merupakan seorang profesor psikologi dan bekerja sebagai seorang bartender pada malam harinya. Ia berambut putih dan memiliki gangguan pada otaknya yang membuatnya tidak memiliki emosi, sehingga dijuluki sebagai "Dr. Frost".

Di pusat konseling universitas tempatnya bekerja, Ia bertemu dengan Yoon Sung-ah (Jung Eun-chae), seorang asisten dosen yang ceria. Walaupun memiliki sifat yang sangat berbeda, mereka bersama-sama memecahkan kasus-kasus psikologi di sekitarnya. Dalam prosesnya, masa lalu dari Dr. Frost yang misterius pun akan terungkap.

5. HYDE, JEKYLL, ME

6 Drama Korea yang Bisa Jadi Gerbang untuk Belajar Psikologi

Foto: SBS

Drama ini juga merupakan adaptasi dari webtoon. Sama seperti "Kill Me, Heal Me", drama ini juga bercerita tentang seorang yang berkepribadian ganda. Goo Seo-jin (Hyun Bin) adalah seorang calon penerus perusahaan hiburan ternama yang bisa berubah menjadi Robin, kepribadian lainnya yang hangat dan sangat berbeda dengan kepribadian aslinya saat detak jantungnya melebihi 150 per menit.

Seo Jin bertemu dengan Jang Ha-na (Han Ji-min) yang terus berseteru dengannya. Hal yang membuat unik dari drama ini adalah karena Ha Na terus bertemu dengan karakter Seo Jin yang berubah-ubah karena emosinya terus memengaruhi detak jantungnya.

Baca Juga: Sinopsis 'Move to Heaven', Drama Korea Terbaru dan Fakta-Fakta Menariknya

6. FIX YOU

6 Drama Korea yang Bisa Jadi Gerbang untuk Belajar Psikologi

Foto: KBS2

Han Woo-joo (Jung So-min) adalah seorang artis musikal yang sedang naik daun. Ia memiliki karakter yang cenderung meledak-ledak dan tidak bisa mengendalikan amarahnya. Suatu hari, ia mengalami insiden yang membuat mentalnya terguncang.

Di sanalah ia bertemu dengan Lee Shi-joon (Shin Ha-kyun) yang merupakan seorang psikiater. Setelah berhasil melalui masa sulitnya. Woo Joo membantu Shi Joon dalam membantu pasien-pasien lainnya. Melalui perjalanan keduanya, kita akan diajarkan mengenai pentingnya penyembuhan dibandingkan sekadar pengobatan.


Amalia Simehatte
Kontributor GenSINDO
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @amaliasimehatte


(ita)
Share: