5 Aktris Seumuran Seo Ye-Ji yang Aktingnya Dinilai Lebih Baik Darinya

5 Aktris Seumuran Seo Ye-Ji yang Aktingnya Dinilai Lebih Baik Darinya
Park Shin-hye saat bermain dalam film Alive, sejauh ini sudah mengumpulkan puluhan piala sepanjang kariernya. Foto/Netflix
JAKARTA - Seo Ye-ji terus jadi perbincangan beberapa hari terakhir karena dugaan keterlibatannya atas tindakan tidak profesional Kim Jung-hyun saat promosi dan syuting drama "Time".

Tak cuma kasus "Time", Ye-ji juga dituduh berlaku kasar pada staf di lokasi syuting, juga melakukan perisakan saat masih sekolah. Dia bahkan diketahui berbohong dengan mengaku pernah kuliah di sebuah kampus di Spanyol.

Agensi Seo Ye-ji , yaitu Gold Medalist, akhirnya mengklarifikasi dengan mengatakan bahwa Ye-ji sudah mempersiapkan diri untuk mendaftar, tapi pada akhirnya tak bisa berkuliah dengan normal karena kesibukan berkarier di Korea.

Dengan rentetan kontroversi tersebut, netizen pun menuntut agar Ye-ji segera mengundurkan diri dari dunia hiburan di Korea Selatan. Sebagian bahkan mengatakan bahwa ada banyak aktris lainnya yang seumuran dengan Seo Ye-ji - yaitu kelahiran tahun 1990 - yang aktingnya lebih baik dari Ye-ji.



Terlepas dari kontroversinya, Seo Ye-ji punya bakat dalam berakting. Namanya melambung sejak membintangi drama "It’s Okay to Not be Okay". Dari drama ini pula dia memperoleh 5 dari 6 piala penghargaan yang diterimanya sejauh ini.

Beberapa penghargaan yang berhasil diraihnya, yaitu Actress of The Year dari 18th Brand of The Year Awards (2020), Best Artist dan AAA Hot Issue dari 5th Asia Artist Award (2020), Popular Star Award, Actress serta Excellence Award, Actress in a Miniseries dari 7th APAN Star Awards (2021).

Tahun ini, Seo Ye-ji juga masuk sebagai nomine Best Actress (TV) dari 57th Baeksang Arts Awards atas perannya dalam drama tersebut. Sementara satu piala Popular Star Award dari 29th Buil Film Awards (2019) didapatnya berkat peran dalam film "By Quantum Physics: A Nightlife Venture".



Meski begitu, netizen kembali menegaskan bahwa prestasi aktris yang debut pada 2013 lewat drama tvN "Potato Star 2013QR3" dan film pendek "Love" itu masih kalah jauh dengan aktris-aktris seumurannya. Nah, berikut aktris-aktris dari lini 1990 yang mendapatkan lebih banyak penghargaan dibanding Seo Ye-ji.

1. KIM TAE-RI

5 Aktris Seumuran Seo Ye-Ji yang Aktingnya Dinilai Lebih Baik Darinya

Foto:J-Wide Company

Kim Tae-ri memulai kariernya pada 2010 sebagai pemeran dalam produksi teater dan model iklan televisi. Aktris kelahiran 24 April 1990 ini makin dikenal berkat peran utamanya dalam film "The Handmaiden" (2016) dan "Little Forest" (2018) yang mendapat pujian, dan dalam drama sejarah dengan rating tinggi "Mr. Sunshine (2018)".

Kim Tae-ri sedikitnya sudah mengumpulkan 17 piala, kebanyakan dari perannya dalam film "The Handmaiden". Beberapa piala yang dkumpulkannya antara lain Best New Actress dalam 17th Busan Film Critics Awards (2016), 17th Women in Film Korea Festival (2016), 37th Blue Dragon Film Awards (2016), 25th Buil Film Awards (2016), semua atas perannya dalam "The Handmaiden".

Ia juga mendapat penghargaan sebagai Best Entertainer dalam 2nd Asia Artist Award (2017) dan Best New Actress dari 6th APAN Star Awards (2018) berkat peran dalam drama "Mr. Sunshine".

Baca Juga: 6 Aktor dan Aktris Drama Korea yang Perlu Kamu Simak pada 2021

2. PARK SHIN-HYE

5 Aktris Seumuran Seo Ye-Ji yang Aktingnya Dinilai Lebih Baik Darinya

Foto: S.A.L.T

Aktris sekaligus penyanyi dalam naungan agensi S.A.L.T ini punya banyak filmografi dan diskografi dalam dunia hiburan. Park Shin-hye dianggap sebagai salah satu aktris paling produktif. Pada umur 13 tahun, ia pernah mendapat penghargaan sebagai Best Young Actress dalam SBS Drama Awards berkat perannya dalam ‘Stairway to Heaven’.

Bahkan, pada 2015, ia sempat mendapat peringkat ke-33 dalam daftar Forbes Korea Power Celebrity. Peringkatnya naik ke urutan 12 pada2017. Beberapa drama yang dibintanginya adalah "You’re Beautiful" (2009), "The Heirs" (2013), "Pinocchio" (2014), "Doctors" (2016), "Memories of The Alhambra" (2018-2019) dan film #Alive (2020). Sejauh ini, sudah puluhan piala dikoleksi Shin-hye.

3. SHIN SE-KYUNG

5 Aktris Seumuran Seo Ye-Ji yang Aktingnya Dinilai Lebih Baik Darinya

Foto:Namoo Actors

Shin Se-kyung memulai debutnya pada 1998 ketika usianya baru delapan tahun. Ketika itu, dia tampil dalam sampul dan poster album solo dari sosok yang disebut sebagai salah satu orang paling berpengaruh dalam budaya pop Korea, yaitu Seo Teiji untuk album "Take Five".

Sebagai aktris cilik, ia cukup populer karena membintangi acara "Ppo Ppo Ppo" bersama dengan G-Dragon Big Bang. Ia juga menghabiskan masa kecilnya menjadi pembawa acara anak-anak. Dunia seni peran pun ia geluti sejak 2009 dengan membintangi sitkom "High Kick Through The Roof" dan mendapatkan penghargaan sebagai Best New Actress dalam MBC Entertainment Awards.

Ia masuk ke dalam Top 10 Stars dalam SBS Drama Awards 2015 berkat perannya dalam "The Girl Who Sees Smells, Six Flying Dragons". Penghargaan terakhir yang diterima adalahTop Excellence Award, Actress in a Wednesday-Thursday Drama dan
Best Couple Awards dalam MBS Drama Awards bersama lawan mainnya, Cha Eun-woo, dalam "Rookie Historian Goo Hae-ryung" Se-kyung sedikitnya sudah mengoleksi 15 piala. .

4. GO ARA

5 Aktris Seumuran Seo Ye-Ji yang Aktingnya Dinilai Lebih Baik Darinya

Foto: Artist Company

Go Ara lahir di Jinju, Gyeongsang Selatan, pada 11 Februari 1990. Ketika masih SMP, ia direkomendasikan oleh seorang teman untuk mengikuti audisi di agensi bakat SM Entertainment. Pada 2003, ia menjadi pemenang Kontes Model Remaja SM Entertainment.

Kemampuannya dalam akting ditunjukkan dalam beberapa serial televisi, seperti "Sharp" (2003), "Hwarang: The Poet Warrior Youth" (2016), "Black" (2017), "Ms. Hammurabi" (2018), "Haechi" (2019), dan "Do Do Sol Sol La La Sol" (2020).

Go Ara sudah mengantongi sedikitnya 10 piala, salah satunya adalah Popularity Award dalam Korea Film Actors Association Awards pada 2016. Dia juga mendapatkan penghargaan dari ajang 2017 Korea Sharing National Awards yang dikeluarkan Minister of Health and Welfare Award

Baca Juga: 5 Idola K-Pop Perempuan yang Paling Banyak Meng-Endorse Produk

5. YOONA

5 Aktris Seumuran Seo Ye-Ji yang Aktingnya Dinilai Lebih Baik Darinya

Foto: Big Issue

Aktris sekaligus penyanyi dalam grup SNSD ini bernama lengkap Im Yoon-ah, lahir pada 30 Mei 1990. Kariernya sebagai aktris mentereng sejak memenangkan piala Best New Actress dalam 23rd KBS Drama Awards dan the 45th Baeksang Arts Awards untuk perannya dalam drama "You Are My Destiny" (2018).

YoonaA sejauh ini sudah mengoleksi puluhan piala dalam bidang tarik suara, drama, maupun film layar lebar. Film yang pernah dibintanginya adalah "Confidential Assignment" (2017) dan "Exit" (2019) yang masuk dalam daftar film terlaris di Korea Selatan sepanjang sejarah.

Eka Dewi Sisri Listianti
Kontributor GenSINDO
UPN Veteran Jakarta
Instagram: @ekadewi_sl


(ita)
Share: