5 Pesan BTS untuk Para Perempuan Muda di Seluruh Dunia

5 Pesan BTS untuk Para Perempuan Muda di Seluruh Dunia
BTS beberapa kali memberikan semangat dan pujian pada para perempuan lewat lagu-lagunya. Foto/HYBE
JAKARTA - BTS dikenal dengan lirik-lirik lagunya yang punya arti mendalam, termasuk mendorong para pendengarnya untuk melakukan yang terbaik versi diri mereka masing-masing.

Dengan mayoritas penggemarnya adalah para perempuan muda, BTS pun punya satu lagu khusus untuk mereka yang diberi judul "21st Century Girl" ("Perempuan Abad ke-21").

Nah, merayakan Hari Kartini yang jatuh pada hari ini (21/4), mari kita simak beberapa pesan dan tribute BTS untuk para perempuan di seluruh dunia, baik dalam bentuk lagu atau tindakan.

1. JADILAH DIRI SENDIRI, TAK PERLU MENCARI VALIDASI DARI ORANG LAIN

5 Pesan BTS untuk Para Perempuan Muda di Seluruh Dunia

Foto: Mnet

Dalam lagu “21st Century Girl”, BTS menegaskan bahwa tiap perempuan sudah cukup dengan menjadi dirinya sendiri. Tak perlu mencari validasi atau pengakuan dari siapa pun untuk disebut cantik atau apa pun.

Seperti kita tahu, kepercayaan diri perempuan sering kali jatuh karena tingginya standar kecantikan yang diciptakan masyarakat. Para perempuan memaksakan diri melakukan diet ketat hingga jatuh sakit, memakai beragam kosmetik yang ujungnya melukai kulit wajah, atau melakukan operasi plastik yang berdampak negatif selama seumur hidup.

Melalui lagu ini, BTS mengingatkan perempuan di seluruh dunia bahwa menjadi diri sendiri dengan segala charming yang masing-masing individu miliki adalah hal terbaik yang pernah ada.

Whatever other people say/ Whatever this world tells you/ You’re the best to me just the way you are” ("Apa pun yang orang lain katakan/ Apa pun yang dunia ini katakan padamu/ Kamu tetap yang terbaik bagiku dengan menjadi dirimu sendiri")," ujar J-Hope , mengutip dari terjemahan berbahasa Inggris dari situs web Genius.

2. JANGAN TAKUT, KAMU ADALAH SOSOK YANG KUAT

5 Pesan BTS untuk Para Perempuan Muda di Seluruh Dunia

Foto: HYBE

Masih dari lagu "21st Century Girl", BTS juga menekankan bahwa para perempuan tak perlu takut pada apa pun, apalagi dengan perkataan orang lain yang ditujukan pada mereka.

"Don’t ever be scared/ Whatever people say, you’re okay Alright/ You are strong" ("Jangan pernah takut/ Apa pun yang orang lain katakan, kamu akan baik-baik saja/ Kamu kuat")," demikian lirik dari Jungkook .

"Tell them that you’re strong/ Tell them you’re enough" ("Tunjukkan pada mereka bahwa kamu kuat/ Tunjukkan pada mereka bahwa dengan menjadi dirimu sendiri itu sudah cukup")," kata Jimin .

Baca Juga: 6 Diskriminasi yang Sering Dialami Perempuan di Indonesia

3. JALANI HIDUPMU DENGAN SEBAIK-BAIKNYA

5 Pesan BTS untuk Para Perempuan Muda di Seluruh Dunia

Foto: UNICEF

"To the 20th century girls/ Live your life/ Live your life come on baby" ("Untuk para perempuan abad ke-21/ Semangat jalani hidupmu/ Ayo, bikin hidupmu jadi 'hidup'")," kata Jin , RM, dan V.

Layaknya Kartini yang tak takut mendobrak tradisi dan memperjuangkan hak kesetaraan perempuan dalam memperoleh pendidikan, kamu pun bisa menjadi Kartini abad modern dengan memperjuangkan nilai yang kamu yakini demi memperbaiki kehidupan masyarakat di sekitarmu menjadi lebih baik, sekecil apa pun itu.

4. MENDUKUNG GERAKAN UNTUK PARA PEREMPUAN
halaman ke-1
Share: