Waxing vs Sugaring, Ini yang Perlu Diketahui Sebelum Mencoba

Rabu, 03 Maret 2021 - 16:10 WIB
loading...
Waxing vs Sugaring, Ini yang Perlu Diketahui Sebelum Mencoba
Metode waxing dan sugaring berbeda dari sisi bahan maupun efek setelah penggunaannya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Punya rambut yang tak diinginkan pasti begitu meresahkan. Apalagi kalau kamu juga kesulitan menemukan metode penghilang rambut yang efektif dan ingin terhindar dari rasa sakit.

Untuk kamu yang meresahkan hal tersebut, ada dua metode pencukur rambut yang tren dilakukan, yaitu sugaring dan waxing.

SUGARING

Waxing vs Sugaring, Ini yang Perlu Diketahui Sebelum Mencoba

Foto: Allure

Metode sugaring merupakan metode penghilang rambut yang telah digunakan sejak masa tradisional Mesir Kuno. Metode ini memanfaatkan pasta alami 100% sebagai penghilang rambut hingga ke akarnya. Pasta ini kemudian ditempelkan ke area rambut yang tidak diinginkan, dibiarkan meresap, kemudian ditarik dengan kain blacu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biasanya dibutuhkan metode lanjutan seperti threading (pencabutan menggunakan benang) untuk sisa rambut yang masih ada di kulit.

Mengutip Byrdie ,menurut ahli kecantikan dan sugaring Alexandra Accardo, sugaring adalah metode penghilang rambut yang paling unggul karena nantinya pertumbuhan rambut menjadi lebih sedikit, juga lebih halus setelah menggunakannya.

Kelemahannya,sugaring memakai bahan-bahan alami yang diolah sendiri, maka sulit ditentukan konsistensi takaran yang tepat dan pasti. Selain itu, bahan-bahan dasar sugaring juga tidak selalu dikombinasikan dengan obat-obat tertentu.

Baca Juga: OOTD Pake Warna Ungu Lilac yang lagi Hits, Cocok buat Hijabers!

WAXING

Waxing vs Sugaring, Ini yang Perlu Diketahui Sebelum Mencoba

Foto: The Beauty Academy

Sama dengan sugaring, waxing juga memanfaatkan cairan yang ditempelkan pada area rambut yang tidak diinginkan. Bedanya,waxing memakai cairan lilin yang akan ditempelkan melalui kain kasa di atasnya dan dicabut searah dengan arah penumbuhan rambutnya.

Waxing punya jenis yang berbeda-beda dan bisa disesuaikan dengan kondisi kulit .Ada hard wax yang menerapkan teknik lilin mengeras, soft wax yang biasanya digunakan pada kulit kaki, dan sugar wax yang biasanya cenderung dipakai di kulit sensitif.

Keunggulan waxing dikatakan tidak semanjur sugaring, tapi waxing cukup efektif untuk mengangkat rambut kasar dan mengendalikan pertumbuhan rambut dalam jangka pendek.

Sementara itu, waxing juga punya kekurangan dalam daya efektifnya mengatasi pertumbuhan rambut jangka panjang dan cenderung dirasakan lebih sakit dibandingkan metode sugaring.

Baca Juga: 4 Parfum Lokal yang Wanginya Tahan Lama, Kemasannya juga Kece!

Memilih metode pencukur rambut memang cukup sulit. Dari kedua metode yang diuraikan, tentunya tetap ada keunggulan dan kekurangannya. Kamu perlu memahami bahan dan metode yang nyaman digunakan. Toleransi rasa sakit pun bisa berbeda-beda untuk setiap orang dan area penggunaannya. Jadi, kamu perlu mengenal produk dan metodenya lebih dalam dulu sebelum menggunakannya.

Zulaekha Amalia
Kontributor GenSINDO
Universitas Katolik Parahyangan
Instagram: @zkalia
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2760 seconds (0.1#10.140)