Tips Belajar untuk UTBK Selama #DiRumahAja

Senin, 18 Mei 2020 - 18:00 WIB
loading...
Tips Belajar untuk UTBK Selama #DiRumahAja
UTBK tinggal sedikit lagi, saatnya makin gencar untuk latihan biar kamu bisa dapat kampus impian. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Eh, gak kerasa tiba-tiba udah pertengahan bulan Mei aja. Ini berarti pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tinggal dua bulan lagi!

Padahal sejak virus corona memasuki Indonesia, sekolah-sekolah ditutup, diikuti dengan tempat-tempat bimbingan belajar.

Bingung gimana cara belajar selama #DiRumahAja tanpa bantuan guru bimbingan belajar (bimbel)? Eits, sebenarnya kamu gak perlu bingung. Lima tips ini bisa membantu kamu dalam mempersiapkan diri untuk UTBK selama #DiRumahAja

1. TONTON VIDEO PEMBELAJARAN

Tips Belajar untuk UTBK Selama #DiRumahAja

Foto: Freepik

Bagi kamu yang belum menguasai materi secara keseluruhan, kamu bisa terlebih dahulu menonton video-video yang memberikan penjelasan mengenai materi pelajaran yang akan diujikan nanti. Ini bisa jadi pengganti penjelasan dari guru bimbel dan membantu kamu untuk memahami materi tanpa harus ke luar rumah.

Kamu bisa memanfaatkan platform pembelajaran daring kayak Zenius Education, Unacademy, dan YouTube. Selain lengkap, ketiga platform ini juga bisa dipakai secara gratis. Asik, kan?!

2. KERJAKAN SOAL-SOAL TAHUN SEBELUMNYA

Tips Belajar untuk UTBK Selama #DiRumahAja

Foto: Freepik

Dalam buku “The Talent Code” karya Daniel Coyle, seorang peneliti dari Fakultas Psikologi Universitas California, Robert Bjork, menemukan bahwa memori adalah benda hidup. Semakin banyak digunakan untuk berpikir, maka semakin terlatih untuk memecahkan persoalan yang ada. Efeknya, akan ada banyak memori yang bisa dibangun dan disimpan setelah latihan.

Dengan demikian, mengerjakan soal-soal tahun sebelumnya berguna untuk mengukur kemampuan dan menguji seberapa jauh pemahaman kamu. Selain itu, kamu akan lebih familier dengan jenis-jenis soal yang biasa diujikan dan punya strategi untuk menyelesaikan soal-soal tersebut.

Semisal masih ada soal-soal yang belum kamu pahami, kamu bisa menanyakannya ke guru bimbel, teman, atau dengan mempelajari ulang materi pada soal tersebut.

3. TRY OUT UTBK SECARA MANDIRI

Tips Belajar untuk UTBK Selama #DiRumahAja

Foto: Freepik

Practice makes perfect. Kalau latihan soal berguna untuk menguji pemahaman dan memahami jenis-jenis soal, try out jadi saat untuk mengimplementasikan hal-hal yang sudah kamu dapatkan dari latihan soal. Soal-soal try out dibuat mirip dengan soal ujian nanti, bahkan waktu pengerjaannya pun sama.

Di sinilah saatnya kamu mengatur stategi waktu, misalnya dengan menentukan soal mana yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Setelah melaksanakan try out, saatnya untuk mengevaluasi kemampuanmu dalam mengerjakan soal. Buatlah daftar hal yang harus ditingkatkan ke depannya. Nah, kalo kamu udah terbiasa mengikuti try out, tentu kamu akan lebih siap sehingga gak panik dan grogi saat menghadapi soal UTBK nanti.

Walaupun kali ini gak bisa try out di tempat kursus seperti biasanya, thanks to technology! Kamu tetap bisa melaksanakan try out secara daring, misalnya lewat berbagai platform yang menyediakan fasilitas try out daring, seperti Zenius Education, Eduka System, Utron, dan Pahamify.

4. TETAP BANGUN PAGI

Tips Belajar untuk UTBK Selama #DiRumahAja

Foto: Freepik

Menghabiskan waktu di rumah selama 24 jam sehari tentu bisa mengubah pola aktivitas kamu, salah satunya pola tidur. Namun, menjaga pola tidur ini penting. Sleep Health Foundation yang berbasis di Australia menyarankan agar selama karantina ini, aktivitas dan pola tidur tetap dilakukan seperti biasanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)