Intip Asiknya Memodifikasi Mechanical Keyboard!

Minggu, 19 April 2020 - 15:29 WIB
loading...
Intip Asiknya Memodifikasi Mechanical Keyboard!
Mechanical keyboard tidak hanya nyaman untuk mengetik, tapi juga dapat dimodifikasi sesuka hati.
A A A
JAKARTA - Namanya keyboard mechanical (mecha). Sudah ada sejak puluhan tahun silam. Setua usia PC itu sendiri. Tapi, dalam beberapa tahun terakhir ngetren lagi. Kenapa bisa populer lagi? Mulanya Gensindo hanya iseng mencari tahu. Tapi, justru melebur ke dalamnya (baca: ketagihan). Seperti apa sih keasyikannya?

Jika bukan mechanical keyboard, maka besar kemungkinan keyboard yang kamu pakai sekarang memakai “membrane switch”.

rubber dome
Keyboard dengan membrane switch seperti ini paling banyak ditemui di pasaran. FOTO: Deksthority

Inilah jenis keyboard paling umum di pasaran. Digunakan di komputer Desktop, PC, semua janis laptop, hingga keyboard wireless (nirkabel). Cara kerjanya simpel. Dibawah tombol, ada penahan karet berbentuk kubah (rubber dome).

Keyboard membrane ini relatif terjangkau juga mudah diproduksi. Tapi, kelemahannya rubber dome tidak tahan lama, mudah kotor karena debu, dan menjadi kurang nyaman di tekan.

Sebaliknya, keyboard mechanical tidak menggunakan pegas karet. Tapi, memakai pegas mekanik dari besi dan aluminium di kotak switch. Usia keyboard mechanical sama tuanya dengan usia komputer Dekstop itu sendiri.

MENGETIK 16 JUTA KALI SETAHUN
Andai seorang pengguna komputer mengetik 8.000 karakter per jam (3-4 halaman Microsoft Word dengan ukuran font 12). Jika sehari ia mengetik 8 jam selama 5 hari kerja, maka setahun tuts keyboard ditekan sebanyak 16.640.000 kali. Padahal, kibor membrane dome rata-rata bertahan hingga 10 juta ketukan sebelum performanya berkurang.

Misalnya tombol tidak terinput walau sudah ditekan, tuts yang nyangkut, atau berat untuk ditekan.

IMG_2311
Keyboard mechanical Vortex VX5 yang dibanderol Rp350.000an. FOTO: danang arradian

Ini tidak terjadi di mechanical keyboard. Karena menggunakan switch individual dengan kontak langsung antara tombol dengan onboard circuit. Setiap tombol di mechanical keyboard 50 juta-70 juta ketukan. Kalupun rusak, bisa diganti tombolnya saja. Tidak seluruh keyboard seperti di membrane keyboard.

Jika tombol “K” rusak, tinggal ganti switch di tombol “K” saja. Tidak perlu mengganti semuanya. Bisa dibilang pemakaian keyboard mechanical bisa “seumur hidup”.

SWITCH MEKANIS = KUSTOMISASI
Henry Tan

FOTO: Henry Tan/Indonesia Mechanical Keyboard Group

Switch mekanis membuat keyboard mechanical menjadi sangat kompleks. Sebab, memberi ruang kustomisasi yang sangat luas. Atau bisa dibilang tidak terbatas. Yang benar-benar sesuai dengan preferensi dan keinginan penggunanya. Mulai ukuran keyboardnya sendiri, bentuk keycapsnya, warnanya, fungsi tombolnya, switchnya, bahan keycapsnya, bunyinya, dan masih banyak lagi.

Sejak Gensindo mulai masuk ke dalam hobi mengutak atik keyboard mechanical ini, aktivitas mengetik menjadi pengalaman yang sangat berbeda. Yang seru, menarik, juga menantang.

Gensindo belum pernah merasa begitu bahagia melihat sebuah keyboard. Tentunya, bukan keyboard biasa. Tapi keyboard mechanical yang sudah dikustomisasi sendiri.

MENDANDANI KEYBOARD
keycrafr 4

Keycaps buatan lokal milik Key Craft. FOTO: Keycraft/Indonesia Mechanical Keyboard Group

Nah, di rubrik “Tech Blog” perdana ini, Gensindo akan mengajak kalian sedikit menyelami, mengapa sih orang mendandani keyboardnya hingga sedemikian rupa? Mengapa ada UKM lokal yang “iseng” membuat keycaps? Mengapa ada orang menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk membeli sebuah keyboard “jadul”? dan Keyboard mechanical seperti apa yang menarik untuk dibeli?

Tentu saja, tidak akan cukup semuanya di sadur dalam satu tulisan. Karena itu, Gensindo akan menceritakan sedikit pengalaman mengutak atik keyboard mechanical dalam beberapa bagian. Nah, simak sejumlah modifikasi keyboard yang kreatif dari para memberIndonesia Mechanical Keyboard Group di Facebook.

Adam Kamil
FOTO: Adam Kamil/Indonesia Mechanical Keyboard Group

Adhitya Pratama
FOTO: Adhitya Pratama/Indonesia Mechanical Keyboard Group

Andhika Rahmaditya
FOTO: Andhika Rahmaditya/Indonesia Mechanical Keyboard Group

Eriq Muhammad Adams
FOTO: Eriq Muhammad Adams/Indonesia Mechanical Keyboard Group

Imam Scatta
FOTO: Imam Scatta/Indonesia Mechanical Keyboard Group

Muhammad Najib Inv

FOTO: Muhammad Najib/Indonesia Mechanical Keyboard Group

Ray
FOTO:Ray/Indonesia Mechanical Keyboard Group

Teddy Indra Kusuma
FOTO: Teddy Indra Kusuma/Indonesia Mechanical Keyboard Group

Rifky Fashih
FOTO: Rifky Fashih/Indonesia Mechanical Keyboard Group
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6157 seconds (0.1#10.140)