Mau Berkarier di Luar Negeri? Ini 7 Hal yang Harus Kamu Persiapkan

Mau Berkarier di Luar Negeri? Ini 7 Hal yang Harus Kamu Persiapkan
Kalau mau berkarier di luar negeri, memang mesti mempersiapkan banyak hal dengan matang. Foto/Jo Szczepanska, Unsplash
JAKARTA - Berkarier di luar negeri masih jadi impian banyak orang di Indonesia. Ada yang ingin mengubah nasib, mengejar gaji fantastis dan gengsi, juga mencari suasana baru .

Meski begitu, merantau hingga ke negeri orang tentu bukan hal yang mudah. Ada banyak persiapan yang mesti kamu lakukan dibanding sekadar pindah kota di Indonesia.

Dino Dinarga, yang bekerja di divisi Digital Creation Process and Project di Adidas Jerman yang sudah lama berkarier di luar negeri pun membagikan pengalamannya soal hal tersebut dalam webinar "Entering the Global World: Building a Career Abroad.

Webinar ini diselenggarakan dalam perhelatan IMAGAMA (Ikatan Mahasiswa Akuntansi Gadjah Mada) Conference 2021 pada 16 Januari lalu.



Nah, berikut tujuh hal yang mesti kamu pertimbangkan sebelum memutuskan berkarier di luar negeri, menurut Dino.

1. ALASAN YANG KUAT

Mau Berkarier di Luar Negeri? Ini 7 Hal yang Harus Kamu Persiapkan

Foto: Big Stock



Banyak orang yang bermimpi bekerja atau tinggal di luar negeri, tapi tak punya cukup alasan untuk melakukannya. Untuk itu, sebelum kamu memantapkan niat untuk bekerja di luar negeri, kamu juga perlu meluruskan dan memantapkan niat dan alasan mengapa kamu harus ke luar negeri.

Pertanyaan “mengapa” ini tidaklah semata-mata sebuah pertanyaan, tapi dengan menanyakan hal ini ke diri sendiri, kamu akan otomatis memotivasi diri kamu. Kamu juga akan lebih fokus dan mencari cara untuk bisa mewujudkannya.

2. BAHASA

Mau Berkarier di Luar Negeri? Ini 7 Hal yang Harus Kamu Persiapkan

Foto: Getty Images

Bahasa adalah media untuk berkomunikasi. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris adalah suatu keharusan, karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang umum digunakan sebagai bahasa penghubung antara negara satu dengan negara lainnya.

Akan jauh lebih baik kalau kamu juga menguasai bahasa kedua atau bahasa resmi dari negara tujuan kamu. Misalnya kamu ingin bekerja di negara Jerman, selain kamu bisa berbahasa Inggris, kamu juga bisa berkomunikasi dalam bahasa Jerman.
halaman ke-1 dari 3
Share: