Mengenal Sukulen, Tanaman yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Jum'at, 15 Mei 2020 - 14:00 WIB
loading...
Mengenal Sukulen, Tanaman yang Bermanfaat untuk Kesehatan
Tanaman sukulen gak cuma gampang dirawat tapi bagus buat membantu menjaga kesehatan kita di dalam rumah. Foto/Pixabay
A A A
JAKARTA - Kamu termasuk orang yang ingin berkebun, tapi gak punya lahan atau takut ribet ngurus tanamannya? Kamu bisa coba dengan menanam sukulen.

Apa, sih, sukulen itu? Sukulen adalah tanaman yang menyimpan air hanya di batang dan gak punya daun, atau punya daun, tapi ukurannya sangat kecil. Definisi sukulen lebih lanjut, kaktus adalah sukulen, tapi gak semua sukulen adalah kaktus.

Filsuf Romawi terkenal Marcus Tullius Cicero pernah berkata, “If you have a garden and a library, you have everything you need”. Itu karena perpustakaan memberi makan pikiran kamu, sementara alam memberi makan jiwa kamu.

Nah, kamu bisa membawa sebagian dari alam ke rumah kamu lewat tanaman hias sukulen yang gampang merawatnya.

JENIS-JENIS

Mengenal Sukulen, Tanaman yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Foto: Pixabay

Mengutip dari britannica.com, tanaman sukulen ditemukan dalam lebih dari 60 famili tanaman, dengan anggota Aizoaceae, Cactaceae, dan Crassulaceae. Sebagian dibudidayakan sebagai tanaman hias, termasuk aloe, echeveria, kalanchoe, dan lainnya.

Beberapa yang terkenal di antaranya tanaman lidah buaya, kaktus bola emas, sukulen panda, sukulen jade dan masih banyak lagi.

CARA MERAWAT

Mengenal Sukulen, Tanaman yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Foto: Pixabay

Merawat sukulen bisa dibilang gampang-gampang susah, kebanyakan air bisa bikin sukulen jadi busuk, tapi kalau kekurangan air, sukulen bisa kering.

Hal yang harus diperhatikan saat menanam sukulen yaitu memilih jenis sukulen. Sukulen berwarna cerah (merah dan ungu) gak cocok ada di dalam ruangan karena mereka membutuhkan lebih banyak sinar matahari. Sukulen hijau peluangnya lebih baik untuk berkembang di dalam rumah.

Untuk memilih wadah, pilih pot atau penanam lain untuk menampung sukulen yang punya lubang untuk drainase. Media tanamnya yaitu campuran pasir dan tanah, atau kamu bisa beli campuran yang dirancang khusus untuk sukulen.

Saat kamu menyirami tanaman untuk pertama kalinya, bidiklah tanah, bukan dedaunan tanaman. Ingat bahwa sukulen menyimpan air, jadi jangan berlebihan.

MANFAAT

Mengenal Sukulen, Tanaman yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Foto: Flickr

Tanaman sukulen punya banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya meningkatkan kelembapan rumah, karena tanaman ini melepaskan air.

Selain itu, sukulen bisa membantu memurnikan udara. Penelitian NASA yang menggunakan tanaman di BioHome menunjukkan bahwa sukulen bisa menghilangkan banyak senyawa organik volatil (VOCs) dari udara.

Juga bisa menambahkan oksigen segar ke lingkungan. Gak seperti kebanyakan tanaman, sukulen gak melepaskan karbon dioksida pada malam hari. Sebaliknya, mereka terus menghasilkan oksigen.

Sukulen juga bisa meningkatkan toleransi nyeri. Penelitian terapi hortikultura yang dilakukan oleh University of Kansas menemukan bahwa pasien kelihatan membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit saat kamar di rumah sakit ada tanaman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)