Tamat, Drama 'The Penthouse Banjir Protes, Dapat Peringatan dari Lembaga Sensor

Tamat, Drama The Penthouse Banjir Protes, Dapat Peringatan dari Lembaga Sensor
Drama Korea The Penthouse: War in Life mendapat banyak protes hingga diberi peringatan oleh lembaga sensor Korea. Foto/SBS
SEOUL - Drama "The Penthouse: War in Life" sudah berakhir kemarin (5/1) dan mencatat rating nasional tertinggi untuk episode finalnya, yaitu 28,8% menurut data AGB Nielsen.

Sayangnya, setelah tamat, serial ini malah mendapat peringatan resmi dari Korea Communications Standards Commission (KCSC) atau badan sensor untuk tayangan televisi dan daring di Korea Selatan.

Dalam peringatan tersebut, KCSC yang melakukan rapat pada senin (4/1) menyoroti episode ke-2 "The Penthouse", dan meminta SBS TV untuk mengubah ratingnya dari semula PG-15 (tontonan untuk usia 15 tahun ke atas) menjadi lebih tinggi lagi.

Perihal episode yang dimaksud, KCSC menyoroti scene saat karakter Min Sul-ah (Jo Soo-min) berulangkali didorong ke kolam oleh siswa lain. Dia juga ditampar dan diinjak oleh ayah dari siswa lainnya.



Tamat, Drama 'The Penthouse

Foto: SBS

Masih belum cukup, dia juga diejek karena yatim piatu. Dia lalu dikurung di dalam mobil dan disiram sampanye, sementara siswa lainnya memfilmkan adegan kekerasan itu.

"Drama tersebut menampilkan adegan remaja dianiaya secara kasar dan provokatif. Siaran ulangnya diputar saat jam remaja menonton, dan ini menyalahi tanggung jawab pemilik siaran karena mengutamakan komersialisasi secara berlebihan," tulis KCSC, mengutip dari Korea Herald.



Lembaga ini juga mengaku menerima lebih dari 200 laporan protes dari masyarakat yang mengeluhkan adegan-adegan kekerasan yang brutal dalam drama ini.

Peringatan keras dari KCSC ini berarti membuat SBS kekurangan poin saat nantinya akan mengajukan pembaruan hak siar. SBS mendapat 641,55 poin, di bawah nilai kelulusan 650, saat siarannya dievaluasi pada Desember lalu. (Baca Juga: 20 Istilah dalam Budaya Korea, K-Pop, dan Drama Korea )

Tamat, Drama 'The Penthouse

Foto: SBS

Meski begitu, KCSC tetap memperbarui hak siar SBS selama tiga tahun dengan syarat bahwa siaran tersebut tidak dipakai untuk keuntungan pribadi. KBS 2 TV yang dikelola pemerintah Korea Selatan juga gagal meraih 650 poin.

"The Penthouse: War in Life" berkisah tentang keluarga-keluarga kaya yang punya ambisi untuk anak-anak mereka dan rela melakukan apa pun supaya ambisi tersebut bisa tercapai.

Saat ada yang terbunuh di apartemen mereka, seluruhnya menjadi tersangka dari pembunuhan tersebut.

Drama ini dibintangi Lee Ji-ah, Kim So-yeon, dan Eugene. Pada November lalu, dikabarkan bahwa musim kedua dan ketiga "The Penthouse" akan diproduksi. (Baca Juga: Syuting Film di Hollywood Ditunda, Son Ye-Jin Terancam Menganggur Setahun )

(ita)
Share: