Dianggap Menghina, Netizen China Kritik Hanbok yang Dipakai MAMAMOO

Jum'at, 25 Desember 2020 - 10:35 WIB
loading...
Dianggap Menghina, Netizen China Kritik Hanbok yang Dipakai MAMAMOO
Hanbok yang dipakai girl group MAMAMOO dianggap menghina oleh netizen China. Foto/KBS
A A A
SEOUL - Saat tampil dalam KBS Song Festival pada 18 Desember lalu, MAMAMOO memakai baju tradisional Korea hanbok yang unik.

Hanboktersebut dibuat oleh desainer Hwang Yi-seul, yang pada 23 Desember lalu menceritakan tentang pakaian yang dibuatnya itu lewat video di YouTube berjudul "Behind the scene made by hanbok designer hwang iseul".

Mengutip Insight lewat Koreaboo, Yi-seul lalu bercerita bahwa dia menerima direct message (DM) dari seseorang yang mengaku dari China, dan meminta penjelasan tentang huruf China yang dipakai di hanbok MAMAMOO saat menyanyikan "Aya".

Dianggap Menghina, Netizen China Kritik Hanbok yang Dipakai MAMAMOO

Foto: KBS

"Kostum MAMAMOO di Gayo Daejeon menimbulkan kontroversi di China. Huruf China dan penampilan mereka penuh dengan kata-kata makian," kata Yi-seul menirukan pesan dari DM tersebut.

Orang tersebut meminta penjelasan, karena kalau tidak, ini bisa mempengaruhi aktivitas MAMAMOO di China.

Menanggapi ini, Hang Yi-seul pun bingung, karena tulisan yang ada di hanbok buatannya adalah tulisan dalam aksara Korea. ( )

Dianggap Menghina, Netizen China Kritik Hanbok yang Dipakai MAMAMOO

Hang Yi-seul. Foto: YouTube Hang Yi-seul

"Itu bukan huruf China, tapi aksara Korea. Apakah Sejong the Great Chinese? Bukan, dia orang Korea. Kenapa orang Korea mesti menjelaskan mengapa kami pakai hanbok Korea?," kata Yi-seul.

Sejong the Great yang disebut sang desainer adalah salah satu raja dari Dinasti Joseon. Dia adalah tokoh yang menciptakan dan menyebarkan aksara Korea, hangul.

Belum lama ini, terjadi juga perdebatan antara netizen Korea dan China tentang asal-usul hanbok, yang diklaim warga China sebagai kostum yang awalnya dipakai saat Dinasti Ming di China. ( )
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2297 seconds (0.1#10.140)