Viral di TikTok, Apakah Plester Jerawat Beneran Ampuh?

Senin, 21 Desember 2020 - 19:30 WIB
loading...
Viral di TikTok, Apakah Plester Jerawat Beneran Ampuh?
Plester untuk menyembuhkan jerawat viral di Tik Tok dan diyakini sungguhan ampuh. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Kamu yang main Tik Tok, mungkin pernah melihat video tentang orang yang berusaha menghilangkan jerawat dengan plester (band-aid).

Ternyata, yang ada video-video tersebut memang benar adanya. Cuma, mengutip Bustle, itu memang bukan plester biasa. Untuk benar-benar bisa menghilangkan jerawat, plesternya harus yang mengandung hidrokoloid.

Menurut dokter kulit bersertifikat Shirley Chi yang berbasis di Los Angeles, plester hidrokoloid bekerja dengan menyerap kelembapan pada jerawat untuk membantu meratakannya. (Baca Juga: Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?)

Viral di TikTok, Apakah Plester Jerawat Beneran Ampuh?

Foto: Shutterstock

Pada dasarnya, mereka bekerja sebagai penyumbat jerawat sehingga bisa sembuh dengan lebih baik.

Karena jerawat tertutup, jadi kamu tidak bisa menyentuh atau mengoreknya, sehingga mengurangi risiko menggaruk atau memencetnya.

Meski begitu, dia menegaskan bahwa plester tersebut cuma bisa mengobati jerawat yang lebih kecil atau komedo putih, karena saat itu kondisi nanah sudah muncul di atas permukaan kulit, bukan jerawat kistik yang lebih dalam.

Selain itu, menurut seorang ahli bedah plastik holistik dr. Anthony Youn, plester itu juga bisa mengurangi peradangan dan menyerap kelembapan, jadi bisa mengurangi beberapa kelebihan cairan di jaringan. ( )

Nyayu Bela Aldia
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @nyayu_bela_aldia
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3274 seconds (0.1#10.140)