9 Makhluk Laut Berumur Panjang, Ikan Koi Bisa Sampai 200 Tahun!

Senin, 14 Desember 2020 - 16:00 WIB
loading...
9 Makhluk Laut Berumur Panjang, Ikan Koi Bisa Sampai 200 Tahun!
Ubur-ubur abadi akan terus mengulang siklus hidupnya sehingga tak bisa mati secara biologis. Foto/World Atlas
A A A
JAKARTA - Dari Paus hingga belut, makhluk-makhluk laut ini bisa dibilang susah mati karena umurnya yang sangat banyak, berlipat-lipat dari usia manusia.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) usia harapan hidup penduduk Indonesia semakin meningkat, yakni bisa mencapai 71,2 tahun berkat semakin meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Namun, usia ini bisa kalah jauh dengan deretan hewan-hewan yang berikut ini.

1. IKAN KOI

9 Makhluk Laut Berumur Panjang, Ikan Koi Bisa Sampai 200 Tahun!

Foto: Aquaponics UK

Ikan koi mungkin salah satu spesies kolam dan akuarium yang paling disukai di dunia, tetapi mereka punya rahasia, yakni jadi salah satu spesies ikan mas yang hidup paling lama di dunia. Biasanya, koi hidup 25-30 tahun, tetapi ada beberapa laporan ikan hidup lebih lama, bisa sampai 200 tahun.

Koi tersebut adalah Hanako, koi Jepang terkenal yang diyakini berumur hingga 226 tahun. Setelah kematiannya pada 1977, para peneliti mulai mempelajari cincin pertumbuhan pada sisik Hanako, mengungkapkan usianya yang sebenarnya.

Tidak jelas bagaimana Hanako hidup begitu lama, tapi dia pasti bertahan melalui beberapa sejarah yang luar biasa, mulai dari pembentukan Amerika Serikat hingga terjadinya Perang Dunia II.

2. BELUT SIRIP PANJANG

9 Makhluk Laut Berumur Panjang, Ikan Koi Bisa Sampai 200 Tahun!

Foto: NIWA

Belut ternyata punya gigi yang panjang, dan banyak spesies belut yang bisa hidup sampai 50 tahun. Spesies sirip panjang adalah contoh sempurna dari umur panjang belut.

Ikan asli Australia dan Selandia Baru ini punya umur rata-rata 60 tahun, dengan belut sirip panjang tertua diketahui pernah mencapai 106 tahun. Hal ini disebabkan oleh lambatnya pertumbuhan mereka, tidak seperti makhluk laut lainnya.

3. PAUS KEPALA BUSUR

9 Makhluk Laut Berumur Panjang, Ikan Koi Bisa Sampai 200 Tahun!

Foto: WWF-Canada

Paus punya banyak tantangan di lautan, tapi mamalia besar ini benar-benar bisa bertahan selama bertahun-tahun. Khususnya paus kepala busur yang menurut para ilmuwan banyak yang hidup hingga berusia 200 tahun, menjadikannya salah satu mamalia yang hidup terpanjang di bumi.

Rahasia di balik umur panjang spesies tersebut menurut penelitian tentang genom kepala busur mengungkapkan bahwa mereka bebas dari penyakit lebih lama dibanding spesies paus lainnya. Mereka juga mungkin sudah mengembangkan cara unik untuk menangkis penuaan dan meningkatkan perbaikan sel.

4. LANDAK LAUT MERAH(BULU BABI)

9 Makhluk Laut Berumur Panjang, Ikan Koi Bisa Sampai 200 Tahun!

Foto: Science Source

Hewan laut yang punya cangkang berduri ini bisa hidup di daerah pasang surut, bahkan sampai di kedalaman 5.000 meter. Landak laut merah atau yang biasa disebut bulu babi ini menjadi salah satu spesies bulu babi yang hidup paling lama. ( )

Berasal dari Samudra Pasifik, terutama Amerika Utara, bulu babi punya umur rata-rata 200 tahun, artinya mereka hampir setua negara tempat mereka tinggal. Rahasia umur panjang mereka terletak pada energi minimal yang mereka konsumsi, serta kecepatan lambat mereka tumbuh dan berkembang.

5. HIU GREENLAND

9 Makhluk Laut Berumur Panjang, Ikan Koi Bisa Sampai 200 Tahun!

Foto: NBC News

Hiu Greenland adalah spesies hiu purba yang berasal dari perairan dingin Atlantik di Greenland, Islandia, dan Arktik. Hewan ini secara teratur hidup lebih dari 200 tahun, beberapa bahkan diketahui hidup 400 tahun. Ini menempatkan mereka di antara vertebrata yang hidup terpanjang di dunia.

Para peneliti setuju bahwa rahasia umur hiu ini bergantung pada air dingin tempat asalnya, yang memperlambat metabolisme dan degenerasi sel.

6. KERANG QUAHOG

9 Makhluk Laut Berumur Panjang, Ikan Koi Bisa Sampai 200 Tahun!

Foto: Pangea Shellfish

Kalaukamu kira hiu Greenland sudah tua, tunggu sampai kamu mendengar tentang kerang quahog, salah satu krustasea tertua di lautan. Banyak contoh yang dikumpulkan dari spesies kerang dari Amerika Utara dan Tengah ini, bahwa mereka sudah berusia lebih dari 400 tahun.

Memang, signifikansi historis kerang quahog tidak luput dari perhatian para peneliti, yang salah satu contoh tertuanya dikenal sebagai 'Ming', mengacu pada Dinasti Ming. (Baca Juga: Kode Penting! Ini 10 Arti Gerak-Gerik Buntut Kucing)

7. ORCA

9 Makhluk Laut Berumur Panjang, Ikan Koi Bisa Sampai 200 Tahun!

Foto: Discover Wildlife

Semua orang tahu bahwa orca adalah salah satu mamalia laut terpintar di lautan, tapi apakah kamu tahu bahwa mereka juga yang hidup paling lama? Beberapa orca yang hidup saat ini diperkirakan berusia lebih dari 100 tahun. Diyakini, rahasia umur panjang mereka terletak pada gaya hidup kekeluargaan yang erat (pod).

Melansir National Geographic, ukuran tubuh hewan dengan ciri khas berwarna hitam putih ini bisa sepanjang 23 hingga 32 kaki atau 7 meter hingga 10 meter. Sedangkan beratnya dapat mencapai 6 ton.

8. SPONGE LAUT DALAM

9 Makhluk Laut Berumur Panjang, Ikan Koi Bisa Sampai 200 Tahun!

Foto: ScienceStruck

Dalam taksonomi, spons laut ini termasuk ke dalam kingdom animalia dan filum porifera. Makhluk hidup yang tergolong dalam filum porifera adalah hewan multiseluler yang tidak punya organ tubuh lengkap seperti kepala atau kaki sehingga tidak heran kalau dia sering dikira sejenis dengan rumput laut.

Menurut beberapa penelitian, spons laut bisa mencapai usia ribuan tahun, dengan contoh tertua yang diperkirakan telah mencapai usia 11.000 tahun. Spons laut tumbuh di kedalaman yang luar biasa, membentuk struktur yang luas dan seringkali menarik perhatian mangsa yakni plankton.

9. UBUR-UBUR ABADI

9 Makhluk Laut Berumur Panjang, Ikan Koi Bisa Sampai 200 Tahun!

Foto: World Atlas

Ubur-ubur abadi, atau turritopsis dohrnii, adalah spesies ubur-ubur kecil yang digolongkan abadi secara biologis. Ditemukan di perairan tropis, rahasia kehidupan abadi makhluk ini terletak pada kemampuannya untuk kembali ke ketidakdewasaan seksual.

Mereka secara efektif mengkloning dirinya sendiri. Mengingat umurnya yang luar biasa dan tampaknya tak berujung, ubur-ubur abadi dianggap sebagai salah satu spesies laut terpenting di dunia untuk penelitian biologi dan farmasi. ( )

Fitri Rizky Hartanti
Kontributor GenSINDO
IISIP Jakarta
Instagram: @frizkyhrtnti
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3966 seconds (0.1#10.140)