7 Film Animasi Indonesia yang Mendunia

Film animasi yang mengangkat sejarah pertempuran 10 November di Surabaya ini berhasil meraih penghargaan internasional People Choice Award di International Movie Trailer Festival 2013 dan INAICTA 2012. Film produksi MCV Pictures ini adalah karya mahasiswa STMIK AMIKOM Surabaya.

4. KIKO AND FRIENDS (2016)

7 Film Animasi Indonesia yang Mendunia

Foto: MNC Animation

Serial animasi yang mengambil suasana bawah laut ini diproduksi MNC Animation dan tayang di Disney XD di 52 negara. "Kiko and Friends" juga mendapat penghargaan Asian Academy Creative Award 2019.

5. SI JUKI THE MOVIE (2017)

7 Film Animasi Indonesia yang Mendunia

Foto: Kumata Studio

Film yang diadaptasi dari komik karya Faza Meonk ini mengisahkan Juki yang melakukan misi penyelamatan dari bencana meteor. Film ini meraih piala Citra 2018. Karakter Juki juga sudah berkolaborasi dengan Spongebob pada penghujung tahun 2019. (Baca Juga: The Powerpuff Girls Dibuat versi Live-Action, Para Penggemar Terbelah Dua )

6. KNIGHT KRIS (2017)

7 Film Animasi Indonesia yang Mendunia

Foto: Viva Fantasia Animation

Mengisahkan seorang anak berusia 8 tahun yang menemukan keris sakti di dalam sebuah candi kuno. Serial animasi produksi Viva Fantasia Animation ini mengikuti Kompetisi Cartoon On Bay di Italia, London Independent Film Award di Inggris, dan Calcutta Film Festival di India.

7. CANDY MONSTER (2020)

7 Film Animasi Indonesia yang Mendunia

Foto: UMN Pictures

Karya Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Pictures ini menceritakan seorang anak berusia 6 tahun bernama Chloe yang sangat suka permen dan makanan manis. Film animasi 3D ini tayang di Zlin Film Festival ke-60 di Ceko dan Chaniartoon Internasional Comic and Animation Festival 2020.


GenSINDO
Vica Nurul Aini
Politeknik Negeri Jakarta
halaman ke-1
Share: