Sains

Terlalu Sering Ditanya, Astronaut NASA Akhirnya Bikin Video Tutorial Pipis dan BAB di Luar Angkasa

Terlalu Sering Ditanya, Astronaut NASA Akhirnya Bikin Video Tutorial Pipis dan BAB di Luar Angkasa
Astronaut NASA Chris Cassidy menjelaskan caranya melakukan buang air kecil di luar angkasa. Foto/YouTube NASA Johnson
New York City - Astronaut NASA sekaligus mantan anggota pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat (Navy SEAL) Chris Cassidy meluangkan waktunya untuk membuat video panduan.

Meski udah sering ditanyakan dan dijawab, tapi pertanyaan "gimana caranya buang hajat di luar angkasa" masih jadi hal yang terus ditanyakan oleh masyarakat awam.

Beruntung, ada Chris Cassidy yang rela mendidik kita semua dengan membuat video tutorial cara buang air kecil dan buang air besar di luar angkasa.

Dalam video berdurasi 7 menit, 34 detik tersebut, Chris menjelaskan bahwa toilet di luar angkasa disebut Waste and Hygiene Compartment (WHC). Letaknya dekat dengan area untuk olahraga, yang isinya treadmill dan alat angkat beban.



Kata Chris, rasa pengen buang hajat sama aja kayak yang kita rasakan di Bumi. Gak ada perbedaan sama sekali. (Baca Juga:7 Film untuk Ditonton Biar Kamu Tahu Soal Vegetarian dan Plant-Based)

Terlalu Sering Ditanya, Astronaut NASA Akhirnya Bikin Video Tutorial Pipis dan BAB di Luar Angkasa

Foto: YouTube NASA Johnson

Lalu, Chris menunjukkan caranya untuk melakukan buang air kecil. Ternyata, caranya adalah dengan memakai katup berbentuk seperti gelas (cup) yang dipasang di ujung selang panjang.



Ujung selang itu disebut Urine Processor Assembly, dan dioperasikan dengan kenop kecil. Begitu kenop diputar, akan ada udara yang keluar dari katup, yang akan mengisap urine masuk ke dalam selang.
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Terkait
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss