Belajar dari Daenerys, Goblin, dan Jung Pal

Belajar dari Daenerys, Goblin, dan Jung Pal
Kim Jung-hwan/Jung Pal (Ryu Jun-jeol) naksir Sung Duk-seon (Hyeri), tapi gak berani mengungkapkan. Foto/tvN
JAKARTA - Menonton serial bukan sekadar bisa mendapat tontonan seru saat rebahan, tapi juga bisa mendapat ilmu tentang karakter seseorang.

Dari sisi ilmu psikologi , ada banyak hal yang bisa kita dapat dari mengamati karakter-karakter popular dari serial televisi atau web series Barat atau Korea.

Mulai dari mempelajari dan memahami sifat atau karakter tertentu, sampai cara menghadapi orang dengan karakter tersebut. (Baca Juga: 5 Bintang Drakor, K-Pop, dan Anak Sultan yang Kaya dari Lahir )

Nah, psikolog Dwi Ningsih Ariani, M.Psi., Psi. mengajak kita menelaah beberapa karakter fiksi populer dalam serial. Yang pertama ada Daenerys Targaryen, salah satu karakter utama dalam serial HBO, "Game of Thrones", yang dimainkan Emilia Clarke.



Belajar dari Daenerys, Goblin, dan Jung Pal

Foto: HBO

Pada awalnya, Daenerys adalah sosok yang penurut dan pasif, tapi karena banyak kejadian buruk yang menimpanya, dia berubah menjadi sosok yang pemarah dan kejam, sehingga dijuluki Mad Queen.

“Perubahan sikap Daenerys dalam ilmu psikologi sangat memungkinkan, sehingga Daenerys memerlukan support system untuk mengatasi traumanya ini,” kata Dwi menjelaskan.



Katanya, kalau kita ketemu orang seperti Daenerys, maka kita perlu memberikan dukungan agar orang seperti ini perlahan bisa membagikan trauma masa lalunya.

Karakter berikutnya yang mirip adalah Ko Moon-young (Seo Ye-ji) dalam drama Korea "It's Okay to Not Be Okay". Moon-young adalah penulis buku anak-anak, tapi sifatnya kasar, suka berbuat seenaknya, dan impulsif. Dia juga selalu ingin terlihat mencolok dalam penampilan, tapi punya pribadi tertutup.

Belajar dari Daenerys, Goblin, dan Jung Pal

Foto: Netflix

“Dia punya gangguan Anti Social Personality Disorder (ASPD), gangguan mental yang menyebabkan orang punya sifat impulsif, mudah marah, dan tidak memiliki rasa penyesalan,” ujar Dwi.

Kalau bertemu orang seperti ini, Dewi menyarankan supaya kita mencoba menjadi teman yang bisa dipercaya dan diandalkan. Kita juga harus berusaha untuk menjadi support system-nya supaya perlahan dia mau membuka dirinya, persis seperti yang dilakukan Moon Kang-tae.

Masih ngomongin karakter abu-abu, sekarang giliran Kim Shin/Goblin (Gong Yoo) dalam serial "Goblin". Dia adalah iblis yang hidup ribuan tahun. Sikapnya dingin, tapi sebenarnya perhatian.
halaman ke-1 dari 2
Share: