5 Tips Mudah Terlihat Menarik dan Tingkatkan Interaksi saat Pertemuan Daring

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 07:27 WIB
loading...
5 Tips Mudah Terlihat Menarik dan Tingkatkan Interaksi saat Pertemuan Daring
Sebagian orang susah menyesuaikan diri dan menampilkan citra diri yang bagus lewat layar. Foto Ilustrasi/Unsplash/Chris Montgomery
A A A
BANDUNG - Membuat orang lain menyukai kita saat berinteraksi langsung rasanya cukup mudah. Tapi, karena pandemi, hampir semua kegiatan masih harus dilakukan daring.

Pernah menyadari nggak, interaksi kita jadi sangat terbatas karena cuma bisa ketemu lewat sekotak layar?

Jelas, hal-hal yang tadinya bisa dirasakan pas ketemu di dunia nyata, sekarang jadi hilang. Belum lagi soal koneksi internet yang bermasalah, baru sebentar kamu ngomong atau dengerin orang, jaringan bisa tiba-tiba terputus. Akhirnya, topik obrolan yang sebelumnya dibahas, mendadak ganti dan kamu kehilangan momen. ( )

Padahal kalau ketemu langsung, kamu bisa dengan gampang balikin topik obrolan, membuat fokus dengan suara atau sentuhan, bahkan ngobrol berjam-jam tanpa takut bosan dengan secangkir kopi di kedai kopi favorit.

Tapi mau nggak mau, kehidupan berubah. Sekarang, alat yang bisa kamu pakai untuk komunikasi cuma konferensi video, pesan teks, atau pesan suara. Nggak salah kalau sebagian orang susah menyesuaikan diri dan menampilkan citra diri yang bagus lewat layar.

Terus, gimana sih caranya biar bisa keliatan optimal dan menarik lawan bicara kita saat pertemuan daring? Melansir BBC, berikut lima tips mudahnya.

1. Berikan Senyum Terbaik

5 Tips Mudah Terlihat Menarik dan Tingkatkan Interaksi saat Pertemuan Daring


Menurut buku terkenal "Win Friends and Influence People" dari penulis sekaligus dosen Dale Carnegie pada 1963, tips paling penting adalah tersenyum. Pasalnya, Carnegie bilang kalau senyum menandakan kamu senang bertemu orang lain, dan mereka juga akan jadi senang melihatmu.

Sedikit keuntungan dari konferensi video, nih. Di pertemuan langsung, biasanya kamu harus senyum ke satu per satu orang yang ada di ruangan, tapi kalau daring, kamu tinggal senyum ke kamera aja, dan sekian banyak orang yang di video bisa merasakannya.

Walaupun video daring memang bikin lelah dan ngabisin energi, kamu tetap harus coba tersenyum karena nggak ada alasan kuat untuk nggak senyum.

2. Cari Kesamaan

5 Tips Mudah Terlihat Menarik dan Tingkatkan Interaksi saat Pertemuan Daring


Selanjutnya, kamu bisa menarik perhatian dan mengakrabkan diri dengan cara mencari kesamaan, dalam hal apapun. Coba pikirkan hal-hal sederhana yang mungkin dilakukan orang lain, terus cerita, deh.

Saat orang dengar ceritamu dan bilang “wah sama dong, aku juga”, itu artinya kamu sudah berhasil menarik perhatian. Atau bisa juga kamu ngelakuin hal yang sama pas orang lain bicara.

Ingat aja, kira-kira semua ngerasain pandemi dan situasi yang sama. Jadi, nemuin kesamaan antara teman atau rekan kerja kamu di manapun mereka berada, bisa relatif mudah. Misalnya topik sederhana kaya obrolan olahraga di dalam rumah, resep masakan baru, atau yang lainnya.

3. Persiapkan Diri Sebelum Video Daring

5 Tips Mudah Terlihat Menarik dan Tingkatkan Interaksi saat Pertemuan Daring


Banyak orang yang jadi multitasking selama di rumah, contohnya ngerjain tugas atau makan sambil ikutan video daring. Nah, sebaiknya hal ini kamu hindari ya.

“Panggilan video bukan dimaksudkan untuk iseng atau sekadar ngabisin waktu,” ujar Sally Hogshead, mantan eksekutif periklanan dan penulis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2093 seconds (0.1#10.140)