Ini Daftar Negara yang Turisnya Paling Baik dan Paling Kejam dalam Berikan Ulasan

Rabu, 15 April 2020 - 12:21 WIB
loading...
Ini Daftar Negara yang Turisnya Paling Baik dan Paling Kejam dalam Berikan Ulasan
Turis dari China, Meksiko, Hongaria, dan Taiwan jadi turis yang paling baik dan positif saat memberikan ulasan saat traveling. Foto/ Getty Images
A A A
JAKARTA - Siapa yang suka ngasih komentar di kolom review tiap kali habis menjajal hotel atau penginapan? Ternyata, Agoda mencatat data ulasan tersebut.

Secara global, 84% wisatawan membaca ulasan secara daring sebelum memilih tempat menginap kalau mereka mau jalan-jalan. Demikian menurut Studi Usage & Attitude 2019 yang dilakukan Agoda.

Agoda, yang punya lebih dari 34 juta ulasan peer to peer untuk properti hotel dan Agoda Homes pun mengungkapkan turis dari mana aja yang paling suka ngasih ulasan paling tajam dan ulasan yang paling menyenangkan berdasarkan negara asal mereka. Pengumpulan data dilakukan pada 1 Januari 2013 hingga 31 Desember 2019 di 62 negara asal dengan lebih dari 10.000 ulasan yang terkumpul.

Nah, secara keseluruhan, wisatawan dari China, Meksiko, Hongaria, dan Taiwan biasanya memberikan skor tinggi antara 8-10. Ulasan mereka tentang properti yang ditinggali juga positif.

Data Agoda menunjukkan 77,1% pelancong dari China memberi skor tinggi terhadap perjalanan mereka (8-10), diikuti Meksiko (76,5%), lalu Hongaria dan Taiwan (75,9%).

Ini Daftar Negara yang Turisnya Paling Baik dan Paling Kejam dalam Berikan Ulasan

Sumber: Agoda

Di sisi lain, para turis dari India, Turki, dan Arab Saudi ada di peringkat tiga teratas negara yang paling sering ngasih skor rendah, yaitu antara 1-3 dalam ulasan mereka.

Walau begitu, gak semua turis dari negara-negara ini adalah wisatawan yang paling galak kalau ngasih ulasan. Soalnya masih ada 66,2% wisatawan Turki, 63,2% wisatawan India, dan 61% wisatawan Arab Saudi yang memberikan skor 8-10 untuk pengalaman perjalanan mereka.

“Ulasan mirip dengan rekomendasi pribadi... dan ulasan-ulasan tersebut memengaruhi keputusan pelanggan ketika memilih akomodasi," ujar Errol Cooke, Vice President of Global Partner Services, Agoda, dikutip dari siaran pers yang diterima GenSINDO.

Terus, gimana dengan orang Indonesia? Pada umumnya turis dari negara ini cenderung memberikan skor rata-rata. Turis dari Indonesia berada di urutan ke-46 untuk turis yang memberi ulasan positif (skor 8-10) yakni sebanyak 64,3%, dan hanya 2,4% wisatawan yang memberikan skor rendah antara 1-3.
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3525 seconds (0.1#10.140)