Sudah Kaya Raya, Kenapa Para Idola K-Pop Tetap Tinggal di Asrama?

Sudah Kaya Raya, Kenapa Para Idola K-Pop Tetap Tinggal di Asrama?
Bintang K-pop banyak yang masih tinggal bareng di asmara atas berbagai alasan. Foto/ instagram @redvelvet.smtown, YouTube Korea Crush
SEOUL - Statusnya udah jadi bintang internasional, banyak tawaran jadi bintang iklan, dan pastinya uangnya pun jadi berlimpah. Tapi kenapa mereka tetap tinggal di asrama?

Dalam acara "Happy Together" yang disiarkan KBS World pada Januari lalu, Joy Red Velvet mengaku bahwa walapun udah debut sejak 2014 lalu, dia dan personel lainnya masih terikat dengan aturan perusahaan.

Ia juga menceritakan bahwa mereka baru aja pindah ke asrama baru. Joy menjelaskan, awalnya mereka mau dibagi untuk tinggal di dua asrama yang berbeda. Tapi Karena alasan memudahkan jadwal dan pengawasan, akhirnya mereka ditempatkan dalam satu asrama yang sama.

Sudah Kaya Raya, Kenapa Para Idola K-Pop Tetap Tinggal di Asrama?

Foto:YouTube KBS World

Padahal di asrama itu cuma ada empat kamar tidur. Akhirnya Seulgi mengalah dan secara sukarela memilih ruangan yang sebenarnya adalah tempat laundry.

Mengutip dari Koreaboo, alasan utama dari hal ini adalah karena agensi mereka, dalam hal ini SM Entertainment . Kebanyakan agensi pengen ada kekompakan dalam tim.

Selain itu, keputusan ini memudahkan manajer dalam mengatur dan mengontrol jadwal kalau semua member ada di tempat yang sama. (Baca Juga: Orang Dalam Industri Korea Ungkap Perilaku Para Idol K-pop, dari BTS hingga TWICE )

Sudah Kaya Raya, Kenapa Para Idola K-Pop Tetap Tinggal di Asrama?

Foto:Instagram @hi_sseulgi

Bukan rahasia umum lagi bahwa setelah debut, para bintang ini harus membayar utang ke perusahaanya. Jadi, tinggal di asmara milik perusahaan jadi salah satu strategi untuk menghemat uang dan pengeluaran. (Baca Juga: 4 Rahasia Besar dalam Industri K-pop Diungkap Para Mantan Idol )

Sementara kalau hidup mandiri dan terpisah dari agensi, mereka pasti mesti menanggung biaya hidupnya sendiri.

Walau begitu, gak semua bintang K-pop tinggal di asrama milik agensi mereka. Misalnya aja Hwasa Mamamoo memilih untuk hidup mandiri sejak 2016 dengan membeli sebuah apartemen senilai USD2,3 juta atau sekitar Rp34 miliar.

Sudah Kaya Raya, Kenapa Para Idola K-Pop Tetap Tinggal di Asrama?

Foto: Instagram @_mariahwasa

BTS, sebelum masa pandemi, juga mulai hidup mandiri, atau setidaknya ada masanya mereka gak tinggal bersama selama beberapa waktu.

RM, misalnya, membeli apartemen senilai USD4 juta (Rp59 miliar) di Seoul pada akhir tahun lalu. (Baca Juga: Gak Punya Akun Pribadi, Ini Alasan Para Bintang Korea Ogah Main Media Sosial )

Eka Sarmila
Kontributor GenSINDO
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @eka_sarmila_


(it)
Share: