4 Rahasia Besar dalam Industri K-pop Diungkap Para Mantan Idol

4 Rahasia Besar dalam Industri K-pop Diungkap Para Mantan Idol
Industri Kpop yang gemerlap menyimpan banyak hal yang gak selamanya terlihat bagus. Foto/SY6 Entertainment
SEOUL - Sisi gelap industri K-pop mulai banyak dibicarakan secara terbuka oleh idol maupun mantan idol K-pop.

Mulai dari tekanan dan tuntutan penggemar yang sangat berat hingga cyberbullying pernah terungkap. (Baca Juga: Rekan Sulli di f(x) Curhat Sisi Gelap Industri Kpop )

Kini, para mantan idol kembali membuka beberapa rahasia industri K-pop, yang meski belakangan makin kinclong di dunia internasional, tapi tetap punya boroknya sendiri.

1. MANIPULASI TANGGA LAGU DEMI BISNIS

4 Rahasia Besar dalam Industri K-pop Diungkap Para Mantan Idol

Foto: YouTube @afreecaTV

Mengutip Koreaboo, G.O. dari MBLAQ pernah mengungkap bahwa ada sekelompok orang yang bekerja untuk memanipulasi tangga lagu demi menaikkan atau menurunkan grup atau penyanyi tertentu. Caranya adalah dengan memblokir traffic di server domestik, yang dikendalikan dari luar negeri.

Pada 2010, saat rumor manipulasi ini berembus kencang, agensi yang menaungi G.O. pernah didatangi oleh tukang manipulasi ini, dan menawarkan supaya G.O. bisa duduk di peringkat pertama tangga lagu selama sebulan, asalkan bisa bayar USD375 ribu atau Rp5,4 miliar.

Ternyata, tawaran yang sama datang juga ke 2 PM, tapi dengan bayaran yang lebih mahal, yaitu USD500 ribu-600 ribu (Rp7,3 miliar - Rp8,7 miliar).

2. FAN CAM

4 Rahasia Besar dalam Industri K-pop Diungkap Para Mantan Idol

Foto: Instagram @bntstar

Fan cam adalah video yang dibuat oleh penggemar yang menonton secara langsung. Nah, sering banget, seorang idol bisa melakukan kontak mata dengan sempurna dengan kamera penggemar. Pertanyaannya, gimana cara idol melakukan kontak mata yang pas, padahal ada banyak penggemar yang juga merekam?

Menurut Tina, mantan member Blady lewat akun YouTube-nya, Soobeanie_, penggemar yang bawa fan cam menarik perhatian idol-nya dengan memasang tanda elektronik dengan nama idol tersebut.

Nah, saat akan mengambil gambar, penggemar akan 'memancarkan' tanda itu saat awal acara untuk menarik perhatian idola mereka sebelum menyanyi dan saat menari.

3. KENCAN SEMBUNYI-SEMBUNYI DI REALITY SHOW ISAC

4 Rahasia Besar dalam Industri K-pop Diungkap Para Mantan Idol

Foto: btsdiary.com

Tina juga membeberkan detail tentang para idolyang pacaran saat tampil dalam reality show "Idol Star Athletics Championships" (ISAC). Dia bilang, beberapa artis akan pacaran secara backstreet alias sembunyi-sembunyi. (Baca Juga: 5 Member EXO Korban Shipping Penggemar, Siapa Favorit Kamu? )

Tina lalu ngasih contoh tentang salah satu member Blady yang kencan dengan salah satu seleb, dan mereka berusaha gak berinteraksi sama sekali. Tapi tetap aja, cara mereka curi-curi pandang akan kelihatan dan jadi bukti bahwa mereka lagi pacaran.

4. ALASAN GRUP DIBUBARKAN

4 Rahasia Besar dalam Industri K-pop Diungkap Para Mantan Idol

Foto: J. Tune Camp

H.O, mantan anggota MADTOWN, dan Siwan dari TwiLight berbagi cerita yang sama soal ini. Menurut mereka penyebabnya adalah utang yang bertumpuk.
halaman ke-1
Share: