Gak Pake Ampun! Ini Aturan Tiga Agensi Terbesar K-Pop Soal Berat Badan

Kamis, 17 September 2020 - 15:00 WIB
loading...
Gak Pake Ampun! Ini Aturan Tiga Agensi Terbesar K-Pop Soal Berat Badan
Para idola K-pop bercerita tentang betapa ketatnya aturan soal berat badan dalam tiga agensi besar di Korea. Foto/Instagram @maydoni_, @bumkeyk, @momojype
A A A
SEOUL - Penggemar K-pop sering iri dengan bentuk badan idolanya yang kelihatan ideal. Padahal di balik itu, ada aturan yang sangat menyiksa para idol tersebut,

Udah jadi rahasia umum bahwa para idola K-pop mesti diet habis-habisan biar bentuk badan mereka terlihat ideal saat tampil di depan umum. Tapi, belum ada informasi yang cukup detail tentang hal ini.

Nah, mengutip Koreaboo, ada cerita dari empat idol di bawah naungan “ The Big 3”, yaitu YG Entertainment, JYP Entertainment, dan SM Entertainment , soal betapa ketatnya aturan soal berat badan yang dibuat agensi mereka. ( )

1. MAYDONI

Gak Pake Ampun! Ini Aturan Tiga Agensi Terbesar K-Pop Soal Berat Badan

Foto: Instagram @maydoni_

MAYDONI, penyanyi solo dan youtuber sempat merasakan pahitnya industri K-pop selagi menjadi anak magang (trainee) di YG Entertainment. Meski udah empat tahun jadi anak magang, dia belum bisa melakukan debut cuma gara-gara alasan berat badan.

Dia mengungkapkan bahwa YG Entertainment gak akan pernah membiarkan dia debut sebelum berat badannya mencapai 38 kilogram.

“ Aku diminta untuk kurangi berat badan sampai 38 kilogram sebelum debut dan ini benar-benar menegangkan," kata Maydoni. ( )

2. DAHYUN DAN MOMO TWICE

Gak Pake Ampun! Ini Aturan Tiga Agensi Terbesar K-Pop Soal Berat Badan

Foto: Instagram@momojype/@dahyunkim

Dahyun dan Momo TWICE pernah membagikan kisah mereka selagi menjadi anak magang di JYP Entertainment. Waktu itu agensi mereka rutin mengecek berat badan anak-anak magang dua kali sehari, dan betul-betul mengharapkan berat badan mereka turun setiap harinya.

Mereka juga sempat dilarang pergi ke kantin agensi kalau gagal mencapai target berat badan. Gak cuma itu, Momo pernah harus turunin berat badan sampai 7 kg selama seminggu.

"Saat aku masih trainee, aku diberitahu untuk turun 7 kilogram apa pun yang terjadi. Itu adalah cara satu-satunya untukku tampil di showcase,” katanya.

Momo akhirnya membuat dirinya kelaparan dan rutin pergi ke gym selama seminggu. Hal ini bikin dia sering nangis karena takut gak bisa lagi bangun dari tidurnya.

3. KEY SHINEE DAN MANTAN ANAK MAGANG SM ENTERTAINMENT

Gak Pake Ampun! Ini Aturan Tiga Agensi Terbesar K-Pop Soal Berat Badan

Foto: Instagram @bumkeyk

Key SHINee juga punya pengalaman serupa yang ia ceritakan dalam salah satu episode "Radio Star". Dia bercerita bahwa saat itu hampir semua cara diet dia lakukan, termasuk sama sekaligakmakan karbohidrat.

Dia juga sampai mengonsumsi obat-obatan demi berat badannya bisa turun.“Saat aku bergabung di SM Entertainment, itulah pertama kalinya aku disebut gendut sepanjang hidupku," katanya. ( )

Mantan anak magang di SM Entertainment menceritakan perjuangannya. Agensinya betul-betul mengawasi berat badan, sampai-sampai setiap bulan selalu ada pengecekan lemak tubuh.

Shanen Patricia Angelica
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @patriciaaash
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2161 seconds (0.1#10.140)