7 Gerakan Global Dukung Seunghan Ex RIIZE, dari Petisi hingga Boikot

Rabu, 16 Oktober 2024 - 16:34 WIB
loading...
7 Gerakan Global Dukung...
Para penggemar RIIZE OT7 menggelar serangkaian kampanye mendukung Seunghan untuk kembali ke grup. Foto/SM Entertainment
A A A
JAKARTA - Para penggemar Seunghan dan fandom RIIZE (BRIIZE) OT7 dari luar Korea melakukan berbagai gerakan dan kampanye untuk menentang keputusan keluarnya sang idol dari grup tersebut.

Seunghan memutuskan keluar dari RIIZE pada Minggu (13/10) setelah pada Jumat (11/10) menyatakan akan kembali aktif bersama grupnya. Ia melakukannya karena desakan sebagian penggemar RIIZE.

Mereka yang menuntut Seunghan keluar bahkan mengirimkan banyak karangan bunga di depan kantor SM Entertainment untuk menyampaikan pesan mereka.



Usai Seunghan memutuskan keluar, para penggemar internasional langsung menyampaikan kekecewaan mereka. Dimulai dari menggaungkan tagar di media sosial, kini aksi boikot album dan merchandise pun mulai digelar. Berikut ini ulasannya.

Gerakan Fans Global Dukung Seunghan ex RIIZE


1. Naikkan Tagar di Media Sosial

7 Gerakan Global Dukung Seunghan Ex RIIZE, dari Petisi hingga Boikot

Foto: X @VenomousLassie

Sejak Seunghan memutuskan keluar dari RIIZE, para penggemar langsung menaikkan tagar #SMSupportsBullying, #SMStandsForBullying, #SeunghanWasBullied, #BringBackSeunghan, #BringSeunghanBackToRIIZE, hingga #SaveRIIZEfromSM di media sosial. Hingga tulisan ini dibuat, tagarnya masih cukup sering dipakai penggemar untuk menyampaikan kekecewaan mereka.

Tagar-tagar ini digunakan karena para penggemar kecewa bahwa SM Entertainment tunduk pada kemauan para anti atau pembenci Seunghan yang dinilai hanya segelintir orang saja. Mereka menganggap bahwa keputusan agensi ini bisa berakibat buruk untuk idol lainnya pada masa mendatang, karena dengan mudahnya menjadi target perisakan.

2. Unfollow Massal Akun Media Sosial

7 Gerakan Global Dukung Seunghan Ex RIIZE, dari Petisi hingga Boikot

Foto: X @khiawings

Awalnya, akun Instagrma @riize_official memiliki 4,1 juta follower. Namun per 16 Oktober sore, jumlahnya berkurang menjadu 3,9 juta atau berkurang lebih dari 200 ribu akun.

Akun X @RIIZE_official yang awalnya berjumlah sekitar 810 ribu pengikut, menyusut menjadi sekitar 734 ribu akun atau hampir 100 ribu pengikut.

Akun-akun penggemar Seunghan dan pendukung RIIZE OT7 juga terus menggaungkan kampanye untuk berhenti mengikuti (unfollow) akun-akun resmi media sosial RIIZE.

3. Dua Petisi Dukung Seunghan Kembali ke RIIZE

7 Gerakan Global Dukung Seunghan Ex RIIZE, dari Petisi hingga Boikot

Foto: change.org

Ada dua petisi mendukung Seunghan yang kini tengah berjalan di situs web change.org. Petisi ini masing-masing berasal dari penggemar di Singapura dan Amerika Serikat.

Petisi dari Singapura yang berjudul "We want seunghan back! Riize is 7!!!!!" dibuat oleh Lauren Lim dan berjalan sejak 13 Oktober 2024. Petisinya sudah ditandatangani oleh 249.093 orang per 16 Oktober 2024 pukul 16.30 WIB.

Adapun petisi yang dibuat oleh Jina B dari Amerika serikat bertajuk "Bring Seunghan Back To Riize". Petisi ini dibuat pada 14 Oktober dan sudah ada 1.281 orang yang menandatanganinya.

4. Truk Protes di Depan Kantor SM Entertainment

7 Gerakan Global Dukung Seunghan Ex RIIZE, dari Petisi hingga Boikot

Foto: X @wonbinseok

BRIIZE Filipina mengirim truk protes dan menempatkannya di depan kantor SM Entertainment pada Rabu (16/10). Mereka menulis pesan, "Seunghan, kami akan selalu di sini mendukungmu! Kami akan selalu berdiri bersamamu!".

Tak hanya penggemar OT7 dari Filipina, BRIIZE dari Amerika Latin juga berencana mengirimkan truk protes pada 19 Oktober 2024.

5. Demonstrasi Langsung Selama 3 Hari

7 Gerakan Global Dukung Seunghan Ex RIIZE, dari Petisi hingga Boikot

Foto: NEWS1
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0887 seconds (0.1#10.140)