4 Konsep Grup K-Pop yang Unik dan Jarang Dipakai

Selasa, 13 Agustus 2024 - 15:21 WIB
loading...
4 Konsep Grup K-Pop...
Konsep grup K-pop campuran antara laki-laki dan perempuan seperti KARD sangatlah langka. Foto/DSP Media
A A A
JAKARTA - Industri K-pop identik dengan konsep grup atau konsep comeback yang jadi salah satu nilai lebih yang bisa dinikmati penonton.

K-pop memang bukan sekadar genre, melainkan sistem industri musik di Korea yang melibatkan alunan melodi tertentu, koreografi, penampilan panggung, serta tentu saja fan service dan kedekatan dengan penggemar.

Semua ini juga bisa dimasukkan ke dalam konsep grup, yang bentuknya bisa sama, atau bisa juga berbeda. Berikut ini konsep grup yang menarik dan masih jarang dipakai.


4 Konsep Grup K-Pop yang Unik dan Jarang Dipakai


1. Member Grup Tidak Semuanya dari Korea atau Asia

4 Konsep Grup K-Pop yang Unik dan Jarang Dipakai

Foto: DR Music


Sangat jarang dibuat sebuah grup K-pop yang member-nya berkewarganegaraan di luar Asia. BLACKSWAN jadi salah satu yang langka tersebut, dengan member dari Asia dan non-Asia.

Girl group BLACKSWAN berada di bawah naungan DR Music yang debut pada 2020. Grup beranggotakan lima member tersebut ada NVee dari Amerika Serikat, Gabi dari Brasil, Sriya dari India, dan Fatou dari Senegal-Belgia.

Grup ini pun populer di kalangan pencinta K-pop internasional, terlebih Fatou yang banyak dipuji sebagai rapper yang berkualitas.

2. Grup K-Pop dengan Member Campuran Laki-Laki dan Perempuan

4 Konsep Grup K-Pop yang Unik dan Jarang Dipakai

Foto:DSP Media

KARD jadi salah satu contohnya. Mereka berada di bawah agensi DSP Media dan beranggotakan empat orang, yaitu dua priaJ.Seph dan BM serta dua perempuanSomin dan Jiwoo.

KARD debut pada 19 Juli 2017 dengan mini-album Hola Hola. Genre musik utama mereka adalah pop, hiphop, dan dance.

3. Grup K-Pop Virtual

4 Konsep Grup K-Pop yang Unik dan Jarang Dipakai

Foto:VLAST Entertainment

Yang satu ini makin jadi tren. Beberapa grup K-pop virtual antara lain ada Mave, Eternity,DTDTGMGN, hingga yang akan debut, Naevis yang merupakan avatar dari grup aespa.

Lagu, tarian, wawancara, dan bahkan gaya rambut grup-grup virtual ini diciptakan oleh desainer situs web dan kecerdasan buatan.

Selain yang sudah disebut di atas, ada jugaboy group virtual PLAVE. Namun berbeda dengan yang lain, grup bentukanVLAST Entertainment pada 2023 ini lagu-lagunya dinyanyikan oleh manusia, bukan mesin.


4. Grup K-Pop dengan Member Ibu Muda

4 Konsep Grup K-Pop yang Unik dan Jarang Dipakai

Foto: tvN

MAMADOL adalah girl group yang diisi oleh enam ibu pekerja keras yang sebelumnya dikenal sebagai idol atau aktris. Mereka dibentuk dari program variety di tvN yang berjudul Mama the Idol.

Usia mereka berkisar antara 35 tahun hingga 43 tahun. Mereka yaitu Kahi After School, Jungah Jewelry,Yang Eunji Baby V.O.X Re, V,Hyun Jyuni Scarlet Mojo-pin, dan Sunye Wonder Girls.

MG/Anastasia Wisalya Karini
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)