Istilah-Istilah dalam Serial Nightmares and Daydreams karya Joko Anwar

Rabu, 19 Juni 2024 - 19:12 WIB
loading...
Istilah-Istilah dalam...
Ada beberapa istilah dalam serial Nightmares and Daydreams yang diucapkan dan tergambar dalam ceritanya. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Istilah-istilah dalam serial Nightmares and Daydreams bertebaran sepanjang cerita berlangsung. Istilah ini muncul karena adanya dua dunia yang bertolak belakang tapi berjalan dalam waktu yang sama.

Nightmares and Daydreams adalah cerita supernatural dan fiksi ilmiah yang melibatkan legenda dan kisah konspirasi. Karena itulah banyak istilah baru atau asing yang belum diketahui banyak orang, termasuk penonton serial ini.

Berikut beberapa istilah yang muncul dalam serial Nightmares and Daydreams sebagai panduan saat menontonnya.


Istilah-Istilah dalam Serial Nightmares and Daydreams


1. Agartha

Istilah-Istilah dalam Serial Nightmares and Daydreams karya Joko Anwar

Foto: Netflix

Agartha adalah kota atau kerajaan yang berada di perut Bumi. Kota ini memiliki peradaban yang jauh lebih maju dari dunia manusia yang tinggal di permukaan Bumi.Penampakan Agartha sempat muncul sekilas dalam episode 3: Poems And Pain.

Agartha merupakan sebuah cerita legenda yang sudah mendunia. Namanya pertama kali populer saat Gerard Encausse, seorang dokter yang juga okultis (peminat hal-hal supernatural dan sihir), mengedit dan menerbitkan ulang laporan rinci dari tahun 1886 milik okultis Prancis Alexandre Saint-Yves d'Alveydre yang berjudul Mission de l'Inde en Europe. Terbitan ulang itu dipublikasikan pada 1910.

Adapun dukungan sains terkait legenda ini datang dari ahli astronomi dan geofisika Edmond Halley. Ia mengatakan bahwa Bumi mungkin saja memiliki kedalaman 800 km dengan dua cangkang bulat dan sebuah inti. Di antaranya ada ruang hampa, yang diyakini sebagian orang menjadi tempat berdirinya Agatha.

2. Agarthan

Istilah-Istilah dalam Serial Nightmares and Daydreams karya Joko Anwar

Foto: Netflix

Agarthan adalah istilah untuk menyebut para penduduk Agartha. Misi mereka adalah menguasai permukaan Bumi yang menjadi tempat tinggal manusia.

Agarthan tampaknya tampil dalam dua wujud. Pertama adalah yang penampakannya masih asli layaknya monster, seperti yang ada dalam episode 1: Old House dan episode 5: The Other Side.

Adapun sebagiannya sudah berwujud seperti manusia dan menjadi mirip kanibal, seperti yang muncul dalam episode 7: P.O. BOX.

Agarthan sudah menjalankan misi untuk menguasai permukaan Bumi setidaknya sejak 40 tahun yang lalu. Ini bisa ditelusuri dari ucapan petugas yang menjaga kotak P.O. BOX, yang mengatakan bahwa kotak 888 sudah dibayar lunas sejak 40 tahun yang lalu untuk 100 tahun ke depan.

3. Antibodi

Istilah-Istilah dalam Serial Nightmares and Daydreams karya Joko Anwar

Foto: Netflix

Antibodi adalah manusia biasa yang telah berevolusi, dan direkrut menjadi pembela Bumi. Ada tujuh anggota Antibodi, termasuk seorang pendonor atau orang yang membiayai pembentukan tim yang mayoritas berkekuatan super ini.

Tim Antibodi terdiri dari Wahyu (Lukman Panji, Dewi (Sita Nursanti), Panji (Ario Bayu), Rania (Marissa Anita), Ali (Fachri Albar), Valdya (Asmara Abigail), dan sang pemilik dana Laksmi (Ayu Laksmi).

4. Supreme Being

Istilah-Istilah dalam Serial Nightmares and Daydreams karya Joko Anwar

Foto: Netflix

Joko Anwar menyebut Supreme Being sebagai salah satu entitas dalam serial Nightmares and Daydreams. Sosok berbaju dan bersayap putih ini diperankan oleh Happy Salma, yang menemui Wahyu dalam episode 4: Encounter.

Dalam kamus daring Merriam-webster, Supreme Being diartikan sebagai spirit (roh atau jiwa) yang sempurna dan sangat kuat. Sosok ini dipuja oleh umat Kristen, orang Yahudi, dan umat Islam karena dipercaya sebagai pencipta dan pengatur alam semesta.

Adapun Cambridge Dictionary menyebutnya sebagai nama lain dari Tuhan.

5. Pentahbisan

Istilah-Istilah dalam Serial Nightmares and Daydreams karya Joko Anwar

Foto: Netflix
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3231 seconds (0.1#10.140)