5 Kreasi Kuliner dari Tepung Beras yang Enak buat Buka Puasa

Jum'at, 01 Mei 2020 - 13:18 WIB
loading...
5 Kreasi Kuliner dari Tepung Beras yang Enak buat Buka Puasa
Tepung beras jadi bahan yang bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis camilan enak. Foto/Pixabay
A A A
JAKARTA - Makanan tradisional khas Indonesia pastinya gak kalah enak dengan makanan yang lagi hits. Apalagi makanan yang berbahan dasar tepung beras dan manis, pasti cocok buat teman berbuka puasa.

Buat kamu yang gak bisa mudik ke kampung halaman dan kangen dengan makanan tradisional khas kampung kamu, jangan sedih! Untuk mengobati rasa kangen, kamu bisa bikin sendiri di rumah. Yuk, langsung cek!

1. BUBUR SUMSUM

5 Kreasi Kuliner dari Tepung Beras yang Enak buat Buka Puasa

Foto: Instagram @tintinrayner_athome

Dengan bahan-bahan yang gak sulit, kamu bisa bikin bubur ini di rumah. Dari resep akun Instagram @tintinrayner, untuk bahan buburnya kamu butuh tepung beras sebanyak 200 gr, santan Kara instan sekitar 200 ml, air putih sekitar 1800 ml, garam satu sendok teh, dan daun pandan tiga helai yang diaduk rata dalam api sedang sampai mengental.

Untuk saus gula merahnya, kamu perlu gula merah 500 gr, air 300 ml, dan daun pandan yang diaduk di atas kompor menyala sampai gula merah larut. Setelah bubur matang, sajikan bubur di mangkuk dan siram dengan saus gula merah.

2. ES PISANG IJO

5 Kreasi Kuliner dari Tepung Beras yang Enak buat Buka Puasa

Foto:Instagram @ayulaks

Es berbahan dasar pisang yang dibalut adonan ini berasal dari Makassar. Kamu bisa bikin di rumah seperti yang dibagikan akun Instagram @justtryandtaste. Kamu butuh pisang raja delapan buah yang dikukus. Bahan untuk adonan, kamu butuh tepung terigu dan tepung beras sebanyak 100 gr, gula pasir 25 gr, santan kental 300 ml, air sekitar 250 ml, sejumput garam dan essens pandan satu sendok teh. Semua bahan diaduk sampai rata dan dikukus sampai matang.

Setelah matang, letakkan satu buah pisang lalu bungkus dengan adonan dan kukus pisang ijo selama 15 menit. Untuk bahan vla, kamu perlu santan sebanyak 250 ml, tepung beras sekitar 25 gr, gula pasir sebanyak 50 gr, sejumput garam dan daun pandan dua lembar, masak hingga mengental sambil diaduk. Setelah semua matang, potong pisang ijo dan tata dalam mangkuk, tambahkan vla, es batu, dan siram dengan sirup coco pandan. Seger!

3. ES GEMPOL PLERET

5 Kreasi Kuliner dari Tepung Beras yang Enak buat Buka Puasa

Foto: Instagram @genikayu

Minuman ini diklaim berasal dari Jepara hingga Solo. Kamu bisa buat seperti resep yang dibagikan akun Instagram @genikayu. Untuk gempolnya, kamu butuh tepung beras 150 gr, tepung tapioka 30 gr, air panas 150 ml, gula pasir satu sendok makan, garam satu sendok teh, dan pewarna makanan. Cara buatnya campur tepung beras, tapioka, gula, dan garam, lalu aduk rata. Kemudian, tuang air panas sedikit demi sedikit dan uleni sampai kalis, bagi dalam tiga warna. Bentuk adonan jadi bulat pipih lalu rebus hingga adonan mengapung.

Bikin kuah santannya, kamu perlu santan 600 ml, gula pasir 150 gr, daun pandan dua lembar, sejumput garam, yang dimasak sampai mendidih. Setelah hangat, masukkan susu kental manis 100 ml dan rebus sampai mendidih. Cara penyajiannya, siapkan gelas, masukkan gempol, es batu dan tuang kuah santan.

4. ES DAWET

5 Kreasi Kuliner dari Tepung Beras yang Enak buat Buka Puasa

Foto:Instagram @wonderfulsoloraya

Minuman manis ini berasal dari Banjarnegara. Kamu bisa bikin di rumah dari resep yang dibagikan akun Instagram @lestarisahidin. Kamu butuh tepung beras sebanyak 65 gr, tepung tapioka sekitar 25 gr, air sebanyak 500 ml, garam setengah sendok teh, dan pasta pandan secukupnya yang diaduk diatas kompor sampai mengental.

Setelah matang, masukkan adonan tadi ke plastik segitiga dan cetak di atas mangkuk yang berisi air dingin. Untuk saus gula merahnya kamu butuh gula merah sekitar 200 gr dan air 125 ml yang dimasak sampai gula mencair. Biar gampang, kuah santan bisa pakai santan instan yang dimasak dengan air secukupnya, sejumput garam dan daun pandan sampai mendidih. Kalau sudah matang, tuang dawet ke dalam gelas, tambahkan saus gula merah, santan juga es di atasnya.

5. NAGASARI

5 Kreasi Kuliner dari Tepung Beras yang Enak buat Buka Puasa

Foto:Instagram @icha.irawan

Beberapa sumber mengatakan nagasari berasal dari Rembang, Jawa Tengah. Kamu bisa buat nagasari seperti yang dibagikan akun Instagram @icha.irawan. Kamu perlu tepung beras 200 gr, tepung tapioka 50 gr, gula pasir sekitar 100 gr, santan kental 200 ml, pisang lima buah, daun pandan satu lembar, garam secukupnya, dan daun pisang.

Cara bikinnya, masak santan dan air serta pandan juga gula, tunggu sampai gula larut. Lalu masukkan tepung beras dan tepung tapioka dengan air ke dalam santan, masak dengan api kecil, dan aduk sampai rata dan mengental lalu angkat. Siapkan daun pisang, ambil adonan dan masukkan potongan pisang lalu tumpuk lagi dengan adonan. Lakukan sampai adonan habis lalu kukus nagasari selama 40 menit atau sampai matang dan siap disajikan.

Kania Fitri Febriana
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @kaniaa_fitri
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)