Pro Kontra dalam Drakor Lovely Runner

Kamis, 02 Mei 2024 - 02:02 WIB
loading...
Pro Kontra dalam Drakor Lovely Runner
Pro kontra drama Korea Lovely Runner termasuk adanya ancaman boikot terhadap serial ini. Foto/tvN
A A A
JAKARTA - Pro kontra drama Korea Lovely Runner sempat mengemuka pada awal perilisan serial ini, terutama karena kisahnya yang dianggap mirip kejadian nyata.

Drama Korea Lovely Runner yang baru dirilis pada April 2024 nyaris diboikot karena dicurigai mirip dengan kisah mendiang Jonghyun SHINee. Penggemar dari idol K-pop tersebut tidak terima karena menganggap ada unsur kesengajaan pihak produksi untuk menyamakan kisah idol-nya.

Lovely Runner yang skenarionya ditulis oleh Lee Si-eun bercerita tentang Im Sol (Kim Hye-yoon) yang merupakan penggemar dari seorang idol bernama Ryu Sun-jae (Byeon Woo-seok). Namun tiba-tiba sebuah insiden mengakibatkan Sun Jae meninggak secara tragis.


1. Dikatakan Mirip Cerita Jonghyun SHINee

Pro Kontra dalam Drakor Lovely Runner

Foto: tvN

Pada adegan ini banyak penonton terutama penggemar SHINee yang menduga plot drama Lovely Runner sengaja dibuat mirip dengan kisah mendiang Jonghyun. Dugaannya semakin kuat karena serial ini dirilis pada 8 April yang juga merupakan tanggal kelahiran Jonghyun.

Bahkan ada penggemarnya yang mengklaim beberapa detail seperti karakter Sun-jae digambarkan sebagai DJ radio. Hal ini memperkuat kecurigaan mereka karena mengingatkan kembali pada kisah Jonghyun yang pernah menjadi pembawa acara radio.

Selain itu, plot cerita dalam drama Lovely Runner menyinggung tentang perjalanan waktu yang kembalike tahun 2008, ini dianggap merujuk pada tahun debut SHINee.

Mereka tidak nyaman karena ada adegan atau cerita tambahan yang tidak ada pada webtoon-nya dan mengarah pada Jonghyun, sehingga penggemar SHINee mengancam akan melakukan pemboikotan.

Kemudian untuk menanggapi tudingan tersebut, CJ ENM selaku pihak produksi angkat bicara dan menegaskan bahwa mereka membuat cerita berdasarkan karya asli. Sama sekali tidak ada referensi yang merujuk pada mendiang Jonghyun.

CJ ENM juga membuat pernyataan bahwa latar waktu yang kembali pada tahun 2008 dibuat supaya lebih mudah untuk menyoroti perbedaan era yang signifikan.

Yoon Jong-ho selaku sutradara Lovely Runner juga menolak tanggal rilis drama ini berkaitan dengan mendiang Jonghyung. Alasannya karena saat itu 2008 sedang diselenggarakan olimpiade Beijing dan menyorot perhatian masyarakat. Momen olimpiade ini sempat muncul dalam latar belakang cerita drama tersebut.

Meskipun CJ ENM sudah memberikan klarifikasi, masih banyak penggemar SHINee yang tidak dapat menerima pernyataan tersebut. Terlebih lagi melihat plot Lovely Runner dalam karya aslinya memiliki jumlah anggota lima orang, tetapi berubah menjadi empat orang dalam adaptasi dramanya.


2. Ucapan Byeon Woo-seok yang Memicu Komentar Negatif

Pro Kontra dalam Drakor Lovely Runner

Foto: tvN

Tak cuma itu, pemain utamapriaLovely Runner, yaitu bernama Byeon Woo-seok juga sempat menimbulkan kontroversi. Penyebabnya adalah karena ia membuat nama fandomToilets untuk para penggemarnya. Ini adalah plesetan namanya dalam bahasa Korea.

Orang umum yang mengetahuinya lantas kesal karena menganggap sang aktor tak menghargai para penggemarnya. Namun yang lain justu mengatakan bahwa itu hanyalah lelucon yang dilontarkan Woo-seok sejak lama.

Kontroversi ini sempat dikhawatirkan akan berpengaruh pada drama Lovely Runner, tapi sebenarnya Woo-seok pun sudah mengubah nama fandom-nya menjadi Mailbox atau U Che Tong dalam bahasa Korea.

Itulah beberapa pro kontra dari drakor Lovely Runner yang sempat muncul ke permukaan.

MG/Theresa Grace Nadia
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0994 seconds (0.1#10.140)
pixels