Rating 10 Film Joko Anwar, Siksa Kubur Masuk Teratas

Senin, 15 April 2024 - 11:39 WIB
loading...
Rating 10 Film Joko Anwar, Siksa Kubur Masuk Teratas
Siksa Kubur jadi salah satu film Joko Anwar dengan rating tertinggi di IMDb dan Letterboxd. Foto/Come and See Pictures
A A A
JAKARTA - Sepanjang kariernya, Joko Anwar telah menghasilkan 28 film panjang maupun pendek, dan satu serial.

Joko Anwar jadi salah satu nama sineas Indonesia yang punya citra kuat sebagai penghasil film-film berkualitas. Tak heran, ia memiliki penggemar yang selalu setia menunggu setiap gebrakan sang sutradara kelahiran Medan, 3 Januari 1976 (48 tahun) itu.

Tahun ini, Siksa Kubur jadi bukti Joko Anwar mampu mempertahankan citranya itu. Selain mendapat respons yang sangat baik dari penonton dan kritikus, filmnya pun sukses secara komersial, dengan tembus satu juta penonton pada hari ke-4 penayangannya sejak 11 April lalu.



Selain Siksa Kubur, masih ada sembilan film panjang lainnya yang disutradarai sekaligus ditulisnya sendiri. Meski tak semuanya mendapat sambutan yang sama positifnya, tapi rata-rata mendapat rating yang moderat dari penikmat film.

Salah satunya adalah dari para pengguna Letterboxd, platform media sosial bagi penikmat film, tempat mereka bisa memberi penilaian sebuah film dan berbagi film yang mereka sukai.

Platform lainnya ada IMDb, yang penilaiannya sebenarnya sulit terkonfirmasi karena tak mengharuskan pemberi rating untuk membuat akun terlebih dahulu. Meski begitu, ini platform pemberi nilai dan ulasan film paling populer di tengah masyarakat umum.

Nah, berikut ini rating 10 film yang disutradarai sekaligus ditulis skenarionya oleh Joko Anwar yang diberikan di Letterboxd dan IMDb, dimulai dari yang ratingnya terkecil. Adapun data jumlah penonton diambil dari situs web filmindonesia.or.id.

Rating Film-Film Joko Anwar di Letterboxd dan IMDb


10. Modus Anomali (2012)

Rating 10 Film Joko Anwar, Siksa Kubur Masuk Teratas

Foto:Lifelike Pictures

Rating terendah dari film Joko Anwar jatuh kepada Modus Anomali, dengan skor 2,9/5 di Letterboxd. Adapun di IMDb, ini juga jadi film Joko dengan rating terendah, yaitu 5,4/10.

Modus Anomali atau Ritual mengisahkan tentang seorang pria yang terbangun di tengah hutan sendirian. Ia lalu berusaha mencari keluarganya sekaligus keluar dari hutan tersebut.

Dibintangi Rio Dewanto dan Hannah Al Rashid, Modus Anomali sempat mendapat kritikan tentang jalan cerita yang tidak konsisten dan memiliki plot hole. Film ini bisa ditonton di Netflix.

9. Gundala (2019)

Rating 10 Film Joko Anwar, Siksa Kubur Masuk Teratas

Foto:Screenplay Films

Gundala menjadi film superhero pertama yang dikerjakan oleh Joko Anwar. Sayangnya, film ini juga mendapat cukup banyak kritikan, dan membelah opini penonton.

Adapun ratingnya juga menjadi yang terendah di Letterboxd, yaitu 2,9/5. Juga nomor dua terendah di IMDb dengan skor 6,1/10.

Gundala mengisahkan seorang pria yang kehidupannya sulit, lalu mendadak menjadi superhero karena tersambar petir. Di antara dilema hidupnya, ia pun harus turun membela rakyat yang jadi korban kesewenang-wenangan para pemilik kekuasaan.

Gundala berhasil mendapatkan 1,6 juta tiket saat ditayangkan di bioskop. Pemainnya ada Abimana Aryasatya, Tara Basro, Ario Bayu, dan Bront Palarae.

8. Pengabdi Setan 2: Communion (2022)

Rating 10 Film Joko Anwar, Siksa Kubur Masuk Teratas

Foto:Rapi Films

Berikutnya ada Pengabdi Setan 2, yang saat artikel ini ditulis masih menjadi film Joko Anwar terlaris. Jumlah penontonnya di bioskop mencapai 6,39 juta orang.

Adapun rating Pengabdi Setan 2 di Letterboxd adalah 3,2/5, sedangkan di IMDb sebesar 6,7/10. Kamu bisa menontonnya di Disney+ Hotstar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)