Review Film Mothers' Instinct: Anne Hathaway dan Jessica Chastain yang Menghipnosis

Jum'at, 08 Maret 2024 - 18:08 WIB
loading...
Review Film Mothers Instinct: Anne Hathaway dan Jessica Chastain yang Menghipnosis
Mothers Instinct bertumpu pada kekuatan dahsyat akting Anne Hathaway dan Jessica Chastain. Foto/Neon
A A A
JAKARTA - Sebenarnya, tak perlu membaca sinopsis atau reviewMothers' Instinct, karena kehadiran Anne Hathaway dan Jessica Chastain saja sudah cukup sebagai alasan untuk menonton film ini.

Anne Hathaway adalah putri Hollywood bagi mereka yang tumbuh pada era 2000-an. Salah satu film terlarisnya, The Princess Diary (2001), menguatkan citra publiknya sebagai perempuan cantik nan elegan dengan senyum menawan.

Lalu peran ikonis lainnya, sebagai Andrea dalam The Devil Wears Prada (2006), membuatnya mampu meyakinkan orang-orang bahwa ia bisa berakting dan bukan cuma bermodal wajah cantik.



Terbukti, pada 2009 ia beroleh nomine pertamanya dari Academy Awards melalui Rachel Getting Married. Namun piala aktris pendukung terbaik dari ajang itu baru didapatnya dari perannya yang menantang dan memilukan sebagai buruh yang terpaksa menjadi pelacur dalam Les Miserables (2012).

Film yang menuntutnya berakting ambil bernyanyi itu juga membuatnya diganjar piala dari kategori yang sama dari Golden Globe Awards.

Review Film Mothers' Instinct: Anne Hathaway dan Jessica Chastain yang Menghipnosis

Foto: Neon

Aktris berusia 41 tahun itu juga sudah pernah dua kali bekerja sama dengan sutradara sekaliber Christopher Nolan, termasuk menjadi Cat Woman dalam The Dark Knight Rises. Bukan cuma itu, ia bahkan pernah mengisi suara untuk serial The Simpsons dan meraih piala dari Primetime Emmy Awards 2010 untuk itu.

Singkat kata, hampir semua peran dari semua genre pernah diperankannya, dan hampir semuanya memuaskan.

Lalu Jessica Chastain juga juga 11-12 dengan Hathaway. Ia dikenal sebagai figur kuat di Hollywood yang memperjuangkan hak-hak pekerja perempuan dalam industri perfilman. Aktris 46 tahun ini juga sudah beroleh piala aktris terbaik dari Oscar lewat film The Eyes of Tammy Faye pada 2022.

Jessica Chastain juga identik dengan peran sebagai perempuan tangguh, seperti misalnya yang sangat populer adalah Zero Dark Thirty, Miss Sloane, dan Molly's Game. Kemampuan akting bukan hal yang perlu diragukan lagi dari seorang Jessica Chastain yang pernah menjadi juri untuk 70th Cannes Film Festival ini.

Jadi bayangkan dua aktris dengan portofolio sehebat itu bermain dalam satu film, sebagai dua sahabat bertetangga yang persahabatannya diuji lewat sebuah peristiwa tragis. Hasilnya, sebuah tontonan yang benar-benar tidak punya tempat untuk kata "bosan".

Review Film Mothers' Instinct: Anne Hathaway dan Jessica Chastain yang Menghipnosis

Foto: Neon

Mothers' Instinct adalah hasil remake film Prancis karya Olivier Masset-Depasse yang dirilis pada 2018. Film itu juga merupakan adaptasi dari novel Derrière la haine (Mothers' Instinct) buatan Barbara Abel dari tahun 2012.

Dalam film ini, Anne Hathaway menjadi Celine, ibu rumah tangga beranak satu dengan suami yang bekerja di bidang farmasi. Ia bersahabat dengan tetangganya yang tinggal di sebelah rumahnya, Alice (Jessica Chastain), yang juga beranak satu.

Hidup nyaman sebagai keluarga kelas menengah ke atas pada era 1960-an, hubungan Celine dan Alice sudah sejak awal digambarkan sangat dekat. Mereka saling mengerti, saling curhat, saling menguatkan satu sama lain, saling percaya, sampai pada level mereka memiliki masing-masing kunci rumah dari sahabatnya itu.

Sampai akhirnya, anak Celine satu-satunya - yang didapatnya dengan susah payah dan membuatnya tak bisa hamil lagi - jatuh dari balkon dan tewas seketika. Dari sini, hubungan mereka langsung berubah 180 derajat.

Alice dihinggapi perasaan bersalah karena tak bisa cepat menyelamatkan anak Celine meski ia sudah berlari kencang. Celine juga merasa jadi ibu yang sangat buruk karena saat itu ia tak mendengar apa pun karena kerasnya suara mesin pembersih di rumahnya.

Review Film Mothers' Instinct: Anne Hathaway dan Jessica Chastain yang Menghipnosis

Foto: Neon

Sampai di sini, penonton yang tak punya bekal membaca atau menonton apa pun terkait film ini akan bertanya-tanya. Apakah ini film drama tentang trauma pasca-tragedi, atau film thriller tentang seorang ibu yang berubah jadi jahat setelah kematian anaknya?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2612 seconds (0.1#10.140)