Daftar 19 Permainan dalam University War, Bisa untuk Inspirasi Lomba!
loading...
A
A
A
JAKARTA - Reality show University War atau Elite League menampilkan banyak sekali permainan matematika sepanjang delapan episode.
University War jadi ajang kompetisi yang tengah viral di Indonesia, meski sebenarnya sudah tayang sejak November 2023 di Coupang Play. Acara yang menampilkan perwakilan tim mahasiswa dari beberapa universitas paling prestisius di Korea Selatan ini juga sudah dipastikan akan dibuatkan season keduanya.
Tiap satu putaran University War ada empat segmen. Pertama adalah Seleksi Ace (Seleksi Kartu AS), yang dipakai untuk memilih 'kartu As' alias peserta terbaik dari tiap tim.
Baca Juga: Biodata dan Profil Lengkap 24 Peserta University War serta Akun Instagram-nya
Peserta pertama yang berhasil menjawab pertanyaan Seleksi Ace dengan benar akan dipersilakan memilih lawannya, dan di sinilah segmen kedua Pertandingan Ace dimulai. Pemenang Pertandingan Ace akan mendapatkan keuntungan atau manfaat dalam Pertandingan Utama.
Segmen ketiga atau Pertandingan Utama adalah pertandingan antar-tim. Tiap tim akan bekerja sama menjawab pertanyaan di segmen tersebut.
Terakhir adalah Deathmatch, yaitu pertandingan untuk dua tim terbawah dari hasil Pertandingan Utama. Tim yang kalah di segmen ini akan langsung tereliminasi dari University War.
Episode 1
Tiap peserta mendapat giliran selama 30 detik untuk menebak bilangan prima, sebelum berpindah ke lawannya.
University War episode 2 melanjutkan putaran pertama dari episode 1 yang belum selesai. Di sini, tiap tim harus menjawab 300 pertanyaan matematika dasar dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.
Tak ada batas waktu untuk menjawabnya, tapi tim harus memasukkan seluruh jawaban di mesin jika ingin mengetahui jumlah jawaban yang salah. Yang menarik, setelah diberi tahu jumlah jawaban yang salah, tim harus mencari tahu sendiri soal yang mana yang jawabannya salah.
Dari sini, tim akan memilih satu angka dari target panahan, lalu membuat formula atau rumus matematika (penjumlahan, perkalian, dan lainnya) dari empat angka yang sebelumnya mereka berikan. Formula tersebut harus menghasilkan angka yang sama dengan angka target di panahan.
Tugas tiap tim adalah menghasilkan poin sebanyak mungkin sekaligus mencegah tim lawan membuat tiga target yang berdekatan di panahan. Poin untuk target angka di lingkaran terdalam lebih besar dibanding di lingkaran terluar.
Foto: Coupang Play
Episode 3
Caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan terkait angka yang diwakili dengan abjad yang sama. Misalnya, peserta meminta panitia membandingkan A milik X dengan A milik Y.
Nanti panitia akan mengatakan misalnya "Angka A milik X lebih kecil dibandingkan angka A milik Y". Peserta yang mampu menebak kombinasi angka lawannya lebih cepat akan menjadi pemenang.
Bukti-bukti tersebut berisi ciri-ciri fisik dan penampilan dari pelaku. Bukti-bukti harus diberikan dalam bentuk foto. Tim yang berhasil menebak foto pelaku dengan bukti foto paling sedikit akan menjadi pemenangnya.
Sebelumnya, tiap tim harus membuat kesepakatan terlebih dahulu untuk menciptakan kode-kode yang singkat terkait ciri-ciri pelaku. Misalnya jika pelaku memiliki rambut panjang sebahu, maka harus ada kode singkat untuk itu agar penebak bisa mengetahui dengan cepat.
Pertandingan Utama terdiri dari beberapa babak yang harus diselesaikan.
Dalam tiap babak, ada tiga angka yang harus dibuat dengan piksel. Tiap angka harus dibuat dengan tiga piksel dalam waktu 10 detik. Peserta yang memencet bel pertama kali mendapat kesempatan untuk menebak terlebih dahulu.
Episode 5
Setelah itu, peserta harus menjawab soal tentang tanggal dan tahun lahir satu tokoh tertentu dari 10 yang sudah dihafalkan.
Tantangannya adalah, peserta tidak bisa melihat posisi bulatan-bulatan yang sudah ia dan lawannya pasang. Mereka hanya bisa mengandalkan ingatan saja.
Sedangkan untuk menempatkan bulatan tersebut, peserta hanya bisa melihat papan berisi koordinat untuk menempatkan bulatan mereka. Jadi jika ingin menempatkan bulatan di posisi tertentu, peserta tinggal menyebutkan koordinatnya. Ini adalah kombinasi antara kekuatan hafalan dan strategi yang andal.
Sesuai namanya, para peserta yang menjadi bidaknya. Tim yang kalah akan beradu di Deathmatch.
Foto: Coupang Play
Episode 6
Peserta harus menghafal tiap angka di tiap kotak sebelum angka-angka tersebut di balik untuk disembunyikan. Setelah itu, peserta harus menemukan dua chip yang memiliki angka yang sama.
Tantangannya adalah, ada kotak ke-9 yang kosong dan harus dipindah setiap kali peserta selesai menebak. Ini artinya, urutan kotak berisichip akan terus bergeser dari tempatnya, membuat peserta akan kesulitan menghafal posisi angka-angka yang sudah mereka hafal sebelumnya. Selain itu, mereka juga hanya diberikan waktu 10 detik untuk menebak.
Cara bermainnya adalah adu cepat menjawab pertanyaan dengan benar. Peserta yang kalah akan langsung tersingkirkan, sedangkan peserta yang menjawab dengan benar akan terus bisa bermain hingga ia dikalahkan oleh peserta lainnya.
Episode 7
Caranya adalah dengan bertukar informasi kartu. Dua peserta bisa saling membandingkan kartu, dan nantinya ada informasi berapa banyak kesamaan huruf dari tipe MBTI mereka.
Ini adalah pertandingan adu strategi karena peserta/tim harus menyeleksi peserta yang mana yang kartunya bisa dipakai untuk mengungkap sebanyak mungkin kartu lawan.
Pemain harus membayangkan pola bidang datar itu dalam bentuk putaran dadu. Setelah itu, mereka harus mengalahkan posisi yang tertera di layar (batu, gunting, atau kertas) dengan menyebutkan bagaimana posisi dadu harus diputar.
Masalahnya adalah, jumlah putaran dadu harus disesuaikan dengan jumlah angka yang didapat dari dadu yang mereka putar. Misalnya, dari dadu yang mereka putar, muncul angka 3. Artinya, mereka hanya bisa memutar dadu sebanyak 3 kali (misalnya turun, turun, ke kiri).
Masalah lainnya adalah, hasil putarannya tidak akan dilihat seperti biasanya. Jadi jika setelah dadu diputar, maka yang tampak paling depan adalah gunting, maka dadu harus diputar dulu ke belakang. Jika gambar di belakangnya ternyata kertas, sementara peserta harus melawan gunting, artinya ia kalah.
Yang lebih merepotkan lagi adalah, posisi dadu milik peserta juga akan terus berubah seiring jalannya pertandingan. Jadi peserta harus punya bayangan visual 3D yang kuat untuk memenangkan pertandingan ini.
Episode 8 - Babak Final
Peserta yang menghafal akan dihadapkan pada 28 kode, masing-masing berisi kombinasi empat angka. Kode-kode ini akan dipakai untuk membuka kunci dari kotak berisi papan bertuliskan angka-angka dan simbol-simbol matematika untuk dipakai membuat rumus.
Setelah itu, peserta yang membuat rumus akan diberikan angka. Lantas, mereka harus membuat formula/rumus matematika yang hasilnya adalah angka tersebut. Namun tentu saja, harus menggunakan papan-papan yang mereka miliki hasil dari membuka kunci. Semakin banyak kunci yang terbuka, semakin besar bagi mereka membuat formula yang diinginkan.
Sebagai rintangannya, ada balok-balok yang tidak boleh mereka lewati. Peserta juga bisa menghalangi lawan untuk bisa melaju.
Agar membuatnya semakin menarik, pola yang tersembunyi ini bisa diputar agar sesuai dengan pola yang diminta. Namun pola tidak bisa diubah jadi vertikal atau horizontal.
Selain itu, jika peserta yakin bahwa sudah tidak ada lagi pola yang cocok, maka ia bisa mengucapkan "permainan berakhir". Jika memang benar, maka ia bisa mendapatkan tiga poin tambahan. Pengurangan poin jika menjawab salah juga membuat permainan ini makin seru.
Nah, dari seluruh permainan atau pertandingan dalam University War, yang mana yang menurutmu paling sulit?
University War jadi ajang kompetisi yang tengah viral di Indonesia, meski sebenarnya sudah tayang sejak November 2023 di Coupang Play. Acara yang menampilkan perwakilan tim mahasiswa dari beberapa universitas paling prestisius di Korea Selatan ini juga sudah dipastikan akan dibuatkan season keduanya.
Tiap satu putaran University War ada empat segmen. Pertama adalah Seleksi Ace (Seleksi Kartu AS), yang dipakai untuk memilih 'kartu As' alias peserta terbaik dari tiap tim.
Baca Juga: Biodata dan Profil Lengkap 24 Peserta University War serta Akun Instagram-nya
Peserta pertama yang berhasil menjawab pertanyaan Seleksi Ace dengan benar akan dipersilakan memilih lawannya, dan di sinilah segmen kedua Pertandingan Ace dimulai. Pemenang Pertandingan Ace akan mendapatkan keuntungan atau manfaat dalam Pertandingan Utama.
Segmen ketiga atau Pertandingan Utama adalah pertandingan antar-tim. Tiap tim akan bekerja sama menjawab pertanyaan di segmen tersebut.
Terakhir adalah Deathmatch, yaitu pertandingan untuk dua tim terbawah dari hasil Pertandingan Utama. Tim yang kalah di segmen ini akan langsung tereliminasi dari University War.
Daftar Lengkap Permainan dalam University War
Episode 1
1. Seleksi Ace - Penjumlahan Angka Besar
Seleksi Ace pertama adalah para peserta diminta menjumlahkan beberapa kelompok angka yang jumlahnya ratusan. Peserta harus menghitungnya di luar kepala, karena mereka tidak disediakan kertas untuk menghitung secara tulisan.2. Pertandingan Ace - Menemukan Bilangan Prima
Dua orang peserta diminta menemukan bilangan prima dari rentang angka tertentu. Ada satu bilangan prima yang tersembunyi, dan peserta yang mampu menebaknya dengan tepat akan mendapatkan poin lebih.Tiap peserta mendapat giliran selama 30 detik untuk menebak bilangan prima, sebelum berpindah ke lawannya.
Episode 2
1. Pertandingan Utama - Menjawab 300 Soal Matematika
University War episode 2 melanjutkan putaran pertama dari episode 1 yang belum selesai. Di sini, tiap tim harus menjawab 300 pertanyaan matematika dasar dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Tak ada batas waktu untuk menjawabnya, tapi tim harus memasukkan seluruh jawaban di mesin jika ingin mengetahui jumlah jawaban yang salah. Yang menarik, setelah diberi tahu jumlah jawaban yang salah, tim harus mencari tahu sendiri soal yang mana yang jawabannya salah.
2. Deathmatch - Formula Panahan
Permainan Formula Panahan menghadapkan dua tim kepada target panahan yang berisi angka-angka. Sementara 'busur'nya adalah dua angka yang dipilih sendiri oleh tiap tim, yang artinya akan ada empat angka.Dari sini, tim akan memilih satu angka dari target panahan, lalu membuat formula atau rumus matematika (penjumlahan, perkalian, dan lainnya) dari empat angka yang sebelumnya mereka berikan. Formula tersebut harus menghasilkan angka yang sama dengan angka target di panahan.
Tugas tiap tim adalah menghasilkan poin sebanyak mungkin sekaligus mencegah tim lawan membuat tiga target yang berdekatan di panahan. Poin untuk target angka di lingkaran terdalam lebih besar dibanding di lingkaran terluar.
Foto: Coupang Play
Episode 3
1. Seleksi Ace - Melengkapi Kalimat dengan Logika Matematika
Putaran kedua dimulai dengan Seleksi Ace. Tiap peserta harus melengkapi beberapa kalimat yang saling terhubung tapi belum lengkap, dengan angka yang harus mereka tebak. Ini adalah soal logika matematika.2. Pertandingan Ace - Balance Game
Dua peserta melakukan tanding Balance Game. Di sini, tiap peserta akan memilih empat angka (dalam rentang tertentu, misalnya 1-10) yang ditampilkan sebagai A,B,C, dan D. Masing-masing harus menebak kombinasi empat angka milik lawan.Caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan terkait angka yang diwakili dengan abjad yang sama. Misalnya, peserta meminta panitia membandingkan A milik X dengan A milik Y.
Nanti panitia akan mengatakan misalnya "Angka A milik X lebih kecil dibandingkan angka A milik Y". Peserta yang mampu menebak kombinasi angka lawannya lebih cepat akan menjadi pemenang.
3. Pertandingan Utama - Menebak Pelaku Berdasarkan Bukti Kode
Tiap tim akan melakukan Investigasi Sinyal. Tiga peserta akan berlaku sebagai menyidik yang mengumpulkan bukti-bukti. Sementara satu peserta dari tim yang sama harus menebak foto pelaku berdasarkan bukti-bukti yang diberikan.Bukti-bukti tersebut berisi ciri-ciri fisik dan penampilan dari pelaku. Bukti-bukti harus diberikan dalam bentuk foto. Tim yang berhasil menebak foto pelaku dengan bukti foto paling sedikit akan menjadi pemenangnya.
Sebelumnya, tiap tim harus membuat kesepakatan terlebih dahulu untuk menciptakan kode-kode yang singkat terkait ciri-ciri pelaku. Misalnya jika pelaku memiliki rambut panjang sebahu, maka harus ada kode singkat untuk itu agar penebak bisa mengetahui dengan cepat.
Episode 4
1. Lanjutan Pertandingan Utama dari Episode 3
Pertandingan Utama terdiri dari beberapa babak yang harus diselesaikan. 2. Deathmatch - Membuat Angka dengan Piksel
Empat peserta dari dua tim akan saling berhadapan secara individu untuk menemukan tiga piksel yang jika digabungkan akan membentuk satu angka terpilih. Angka terpilih ditentukan oleh panitia.Dalam tiap babak, ada tiga angka yang harus dibuat dengan piksel. Tiap angka harus dibuat dengan tiga piksel dalam waktu 10 detik. Peserta yang memencet bel pertama kali mendapat kesempatan untuk menebak terlebih dahulu.
Episode 5
1. Seleksi Ace - Menghafal 10 Tanggal Lahir Tokoh dalam Waktu 2 Menit
Putaran ketiga University War dimulai dengan soal hafalan. Tiap peserta harus menghafal 10 tanggal dan tahun lahir 10 tokoh dunia, baik dari Korea maupun luar Korea.Setelah itu, peserta harus menjawab soal tentang tanggal dan tahun lahir satu tokoh tertentu dari 10 yang sudah dihafalkan.
2. Pertandingan Ace - Menghubungkan Bulatan tanpa Melihat Papan
Melanjutkan tema "hafalan" dari Seleksi Ace, Pertandingan Ace kali ini meminta dua peserta yang bertanding untuk bermain Connect Five. Seperti bermain Bingo, peserta diminta menghubungkan lima bulatan tanpa putus.Tantangannya adalah, peserta tidak bisa melihat posisi bulatan-bulatan yang sudah ia dan lawannya pasang. Mereka hanya bisa mengandalkan ingatan saja.
Sedangkan untuk menempatkan bulatan tersebut, peserta hanya bisa melihat papan berisi koordinat untuk menempatkan bulatan mereka. Jadi jika ingin menempatkan bulatan di posisi tertentu, peserta tinggal menyebutkan koordinatnya. Ini adalah kombinasi antara kekuatan hafalan dan strategi yang andal.
3. Permainan Utama - Catur Manusia
Dalam permainan ini, dua tim diminta untuk melakukan afiliasi untuk menjadi satu tim baru. Jadi, ada dua tim yang akan bertanding catur.Sesuai namanya, para peserta yang menjadi bidaknya. Tim yang kalah akan beradu di Deathmatch.
Foto: Coupang Play
Episode 6
1. Deathmatch - Mix and Match dengan Tingkat Kesulitan Tinggi
Empat peserta dari dua tim akan saling berhadapan secara individu. Mereka dihadapkan dengan papan berisi 20 pasang chip. Ke-20 chip dibagi ke dalam 8 kotak, dengan masing-masing kotak berisi 5 angka dengan rentang 1-20.Peserta harus menghafal tiap angka di tiap kotak sebelum angka-angka tersebut di balik untuk disembunyikan. Setelah itu, peserta harus menemukan dua chip yang memiliki angka yang sama.
Tantangannya adalah, ada kotak ke-9 yang kosong dan harus dipindah setiap kali peserta selesai menebak. Ini artinya, urutan kotak berisichip akan terus bergeser dari tempatnya, membuat peserta akan kesulitan menghafal posisi angka-angka yang sudah mereka hafal sebelumnya. Selain itu, mereka juga hanya diberikan waktu 10 detik untuk menebak.
2. Seleksi Ace - Menjumlah Angka Misteri di Rangkaian Kartu
Dalam putaran keempat, peserta harus menebak angka-angka di kartu kosong di sebuah rangkaian kartu. Ada pola rumus matematika dari kartu-kartu yang kosong tersebut.3. Pertandingan Ace - Adu Cepat Menjawab Pertanyaan
Tiap peserta akan bertanding satu lawan satu untuk menjawab berbagai soal matematika. Ada tiga babak, dengan tiap babak berisi kategori soal yang berbeda-beda (perkalian yang dimodifikasi, hitung balok, dan menebak rangkaian angka)Cara bermainnya adalah adu cepat menjawab pertanyaan dengan benar. Peserta yang kalah akan langsung tersingkirkan, sedangkan peserta yang menjawab dengan benar akan terus bisa bermain hingga ia dikalahkan oleh peserta lainnya.
Episode 7
1. Pertandingan Utama - Menemukan Tipe Kepribadian MBTI
Tiap peserta diminta memilih kartu tipe MBTI secara acak. Tiap tim lantas harus menebak sebanyak mungkin tipe MBTI dari peserta tim lawan.Caranya adalah dengan bertukar informasi kartu. Dua peserta bisa saling membandingkan kartu, dan nantinya ada informasi berapa banyak kesamaan huruf dari tipe MBTI mereka.
Ini adalah pertandingan adu strategi karena peserta/tim harus menyeleksi peserta yang mana yang kartunya bisa dipakai untuk mengungkap sebanyak mungkin kartu lawan.
2. Deathmatch - Batu, Gunting, Kertas tapi Berputar
Ini adalah salah satu permainan tersulit dalam University War. Peserta diminta untuk melakukan permainan Batu, Gunting, Kertas. Namun untuk ini tidak ada dadu yang dipakai, melainkan hanya lembaran berisi pola dadu dengan gambar batu, gunting, dan kertas.Pemain harus membayangkan pola bidang datar itu dalam bentuk putaran dadu. Setelah itu, mereka harus mengalahkan posisi yang tertera di layar (batu, gunting, atau kertas) dengan menyebutkan bagaimana posisi dadu harus diputar.
Masalahnya adalah, jumlah putaran dadu harus disesuaikan dengan jumlah angka yang didapat dari dadu yang mereka putar. Misalnya, dari dadu yang mereka putar, muncul angka 3. Artinya, mereka hanya bisa memutar dadu sebanyak 3 kali (misalnya turun, turun, ke kiri).
Masalah lainnya adalah, hasil putarannya tidak akan dilihat seperti biasanya. Jadi jika setelah dadu diputar, maka yang tampak paling depan adalah gunting, maka dadu harus diputar dulu ke belakang. Jika gambar di belakangnya ternyata kertas, sementara peserta harus melawan gunting, artinya ia kalah.
Yang lebih merepotkan lagi adalah, posisi dadu milik peserta juga akan terus berubah seiring jalannya pertandingan. Jadi peserta harus punya bayangan visual 3D yang kuat untuk memenangkan pertandingan ini.
Episode 8 - Babak Final
1. Pertandingan ke-1 - Membuka Kunci Kode dan Membuat Rumus
Putaran kelima ini sekaligus jadi putaran final University War. Ada tiga babak pertandingan yang tersedia. Pertama adalah dua tim yang bertanding harus memilih dua peserta dari masing-masing tim untuk menghafal, dan satunya untuk membuat formula atau rumus matematika.Peserta yang menghafal akan dihadapkan pada 28 kode, masing-masing berisi kombinasi empat angka. Kode-kode ini akan dipakai untuk membuka kunci dari kotak berisi papan bertuliskan angka-angka dan simbol-simbol matematika untuk dipakai membuat rumus.
Setelah itu, peserta yang membuat rumus akan diberikan angka. Lantas, mereka harus membuat formula/rumus matematika yang hasilnya adalah angka tersebut. Namun tentu saja, harus menggunakan papan-papan yang mereka miliki hasil dari membuka kunci. Semakin banyak kunci yang terbuka, semakin besar bagi mereka membuat formula yang diinginkan.
2. Pertandingan ke-2 - Strategi Mencapai Pintu Keluar
Ini adalah permainan klasik menemukan jalan keluar dari pintu masuk ke pintu keluar. Tim yang empat pesertanya bisa keluar lebih cepat jadi pemenangnya.Sebagai rintangannya, ada balok-balok yang tidak boleh mereka lewati. Peserta juga bisa menghalangi lawan untuk bisa melaju.
3. Pertandingan ke-3 - Mencari Pola Panah yang Tersembunyi
Pertandingan terakhir University War adalah mencari pola berisi empat panah yang mengacu ke empat arah berbeda. Pola ini tersembunyi di banyak pola yang ada.Agar membuatnya semakin menarik, pola yang tersembunyi ini bisa diputar agar sesuai dengan pola yang diminta. Namun pola tidak bisa diubah jadi vertikal atau horizontal.
Selain itu, jika peserta yakin bahwa sudah tidak ada lagi pola yang cocok, maka ia bisa mengucapkan "permainan berakhir". Jika memang benar, maka ia bisa mendapatkan tiga poin tambahan. Pengurangan poin jika menjawab salah juga membuat permainan ini makin seru.
Nah, dari seluruh permainan atau pertandingan dalam University War, yang mana yang menurutmu paling sulit?
(ita)