CERMIN: Acha Septriasa dalam Penampilan Terbaiknya

Jum'at, 12 Januari 2024 - 13:01 WIB
loading...
CERMIN: Acha Septriasa dalam Penampilan Terbaiknya
Acha Septriasa menjadi istri yang kesepian dan selingkuh dalam film Suami yang Lain. Foto/Bawana Entertainment
A A A
JAKARTA - Tahun 2002. Diane Lane membuktikan bahwa tak harus bermain dalam film arthouse untuk membuat aktingnya dilirik juri-juri Oscar.

Perannya sebagai Connie Sumner, istri yang bosan dengan rutinitas hidupnya dan akhirnya selingkuh dengan pria yang lebih muda darinya dalam Unfaithful, diperankannya dengan luar biasa. Ini membuat penampilannya tersebut beroleh nomine Best Actress in a Leading Role.

Peran-peran sejenis Connie ini memang sejatinya menjadi idaman para aktris. Kita melihat seorang perempuan dalam kegairahan yang menggila, juga dalam kerapuhan yang mengiris hati, tentu saja menantang aktris manapun di seluruh dunia.



Di Indonesia, pada 2024, Acha Septriasa beroleh anugerah itu dari John De Rantau yang mempercayakan peran utama setipe kepadanya dalam film Suami yang Lain. Skenario yang ditulis Benni Setiawan memberi ruang luas bagi Acha untuk mengeksplorasi segala potensi pada dirinya, dan menjadikan tokoh Olivia yang diperannya semanusiawinya seorang perempuan.

Acha bermain sebagai Olivia, wanita karier sukses dengan suami yang juga sibuk sehingga keduanya tak punya waktu bahkan untuk mengurus kehidupan seks mereka. Olivia tahu kehidupan pernikahan mereka di ujung tanduk, berbeda dengan Danan, suaminya, yang justru merasa semuanya baik-baik saja.

CERMIN: Acha Septriasa dalam Penampilan Terbaiknya

Foto:Bawana Entertainment

Hingga akhirnya pembicaraan di ranjang di suatu malam membuat keduanya menyepakati hal yang sama: bahwa apa pun cara perlu dilakukan untuk menyelamatkan enam tahun pernikahan mereka.

Butuh perjalanan ribuan kilometer hingga ke Jepang untuk membuat keduanya bisa memperbaiki kehidupan seksual mereka lagi. Tapi lagi-lagi liburan ini terdistraksi oleh kesibukan Danan yang diminta olehrekan bisnisnya kembali ke Indonesia. Jadilah tinggal Olivia yang sendirian dan kesepian, dan akhirnya bertemu dengan seorang pria muda Indonesia, seorang seniman nan ganteng, bernama Jordy.

Bisinju Sake memegang peranan dalam membuat Olivia dan Jordy terlibat cinta satu malam. Tapi Olivia bisa langsung merasa bersalah telah mengkhianati suaminya. Berbeda dengan Jordy yang justru tergila-gila dengan Olivia dan membuat kehidupan Olivia berubah setelahnya.

Isu perselingkuhan memang selalu menjadi isu yang menarik dibicarakan. Dalam kehidupan nyata pun, baik dari orang biasa maupun figur publik, isu perselingkuhan hampir selalu bisa menyita perhatian netizen.

CERMIN: Acha Septriasa dalam Penampilan Terbaiknya

Foto:Bawana Entertainment

Yang menarik dari Suami yang Lain adalah Benni melihatnya dari sisi feminin. Benni yang laki-laki tulen bersimpati pada perempuan yang tak sengaja berbuat kesalahan, dihantui kesalahan itu selama beberapa waktu, dan membuat dirinya merasa kotor.

Di tangan aktris yang tepat, peran setipe Connie dan Olivia memang bisa sangat menyita perhatian. Seperti Diane, Acha juga tak menyia-nyiakan once in a lifetime opportunity ini. Ia tampil total, mengubah tampilan fisiknya, dan kini kita melihat Acha dalam dimensi yang berbeda: seorang aktris yang berani menempuh jalan menantang.

Dengan penyutradaraan John yang solid membuat ritme film enak diikuti. Semuanya berjalan dalam takaran yang pas. Kita masih bisa melihat bagaimana konflik Olivia – Danan, skenario juga memberi ruang lapang bagi kita melihat Olivia dengan segala rasa bersalahnya.

Yang menjadi nilai tambah dari Suami yang Lain dibanding Unfaithful adalah Benni memberi porsi yang cukup bagi pria selingkuhan untuk juga bersinar. Sebagai Jordy yang awalnya sopan dan terkesan baik-baik menjadi seorang pria obsesif yang menakutkan bagi Olivia atau perempuan manapun juga dimainkan dengan menarik oleh Omar Daniel.

CERMIN: Acha Septriasa dalam Penampilan Terbaiknya

Foto:Bawana Entertainment

Suami yang Lain memberi perspektif segar bagi pasangan muda untuk kembali meninjau ulang jika berencana menikah. Menikah tak sekadar sudah punya jaminan finansial. Olivia dan Danan tak kekurangan apa pun.

Menikah juga tak sekadar saling menyimpan janji untuk sehidup semati. Danan juga begitu mencintai Olivia, demikian pula sebaliknya, tapi toh kehidupan pernikahan mereka selama enam tahun berjalan tak baik-baik saja.

Juga selalu ada kejutan dalam hidup, juga pernikahan. Ketika kesempatan bertemu dengan kerapuhan, di situlah pintu masuk bagi perempuan atau laki-laki seperti Jordy.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)