Review Film Expend4bles: Ketika Jagoan Tua Ditantang Penjahat Muda

Rabu, 20 September 2023 - 19:19 WIB
loading...
Review Film Expend4bles: Ketika Jagoan Tua Ditantang Penjahat Muda
The Expendables 4 atau Expend4bles cukup menghibur dengan aksi tarungnya. Tapi, ceritanya yang dangkal dan dialognya yang cheesy, film ini jadi kurang menarik. (Foto: IMDb)
A A A
The Expendables 4 atau Expend4bles melanjutkan petualangan para tentara tua pimpinan Barney Ross yang diperankan Sylvester Stallone. Dengan menggunakan pengalaman mereka dan didukung peralatan yang mumpuni, Barney dan anak buahnya siap meladeni tantangan apa pun di hadapan mereka. Bahkan, meski musuh yang mereka hadapi jauh lebih muda sekalipun.

Usia tua memang sedikit menghalangi keterampilan mereka. Yang dulunya jago membidik, akhirnya harus menyerah pada umur. Tapi, secara fisik, mereka masih mumpuni. Terlebih, mereka juga didukung sumber daya dan juga anggota yang jauh lebih muda dari mereka.

Di Expend4bles, berkurangnya kemampuan itu terlihat nyata. Bidikan Gunner (Dolph Lundgren) tidak lagi seakurat dulu. Barney sendiri juga lebih sering mengeluh punggungnya sakit atau yang lainnya. Meski itu sepertinya hanya untuk menipu Christmas (Jason Statham).



Expend4bles membawa Barney dkk ke Afghanistan. Mereka harus merebut detonator bom nuklir yang bisa memicu Perang Dunia 3. Namun, di saat yang sama, mereka harus bersaing dengan Rahmat (Iko Uwais) yang disewa Ocelot untuk mendapatkan barang yang sama.
Review Film Expend4bles: Ketika Jagoan Tua Ditantang Penjahat Muda

Foto: Digital Spy

Misi itu gagal dan pengorbanan besar pun terjadi. Christmas ditendang dari tim dan harus melakukan misi sendirian. Sementara, tim asli yang dipimpin Gina (Megan Fox) berusaha menghentikan bom itu meledak. Namun, seperti sebelumnya, misi itu tidak mudah karena ada pengkhianat di antara mereka.

Secara keseluruhan, Expend4bles tidak menyajikan sebuah kejutan yang berarti. Twist-nya mudah dibaca dan dialognya pun dangkal. Karakternya pun tidak terlalu berkembang. Film ini terlalu menonjolkan sosok Christmas. Kalau film ini jadi filmnya Christmas, maka dia akan jadi one-man army.

Diberi rating 17 tahun ke atas atau Dewasa, Expend4bles bergantung pada aksi kejam para pemerannya. Di sepanjang film ini, adegan kekerasan berdarah-darah terus terjadi. Kematian yang terjadi pun cukup brutal dan sadis. Sepertinya, memang ini titik jual film ini karena ceritanya sangat generik dan tidak istimewa.
Review Film Expend4bles: Ketika Jagoan Tua Ditantang Penjahat Muda

Foto: Lionsgate

Aksi Iko sebagai penjahat di film ini lumayan menghibur. Meski penampilannya agak kurang garang sebagai penjahat, karena kurang mengintimidasi dan karakternya kurang kuat, tapi, aksi tarungnya cukup intensif. Di film ini, Iko memamerkan kepiawaiannya menggunakan tongkat runcing.

Sementara, fokus film kepada karakter yang diperankan Jason Statham membuat pemeran lainnya seperti hanya tempelan. Mereka dibuat seolah tidak bisa berbuat banyak tanpa kehadiran Christmas dan Barney. Gina pun tidak banyak memperlihatkan kemampuannya di film ini.

Sebagai sebuah hiburan, film ini cukup menghibur. Tapi, tidak menawarkan banyak dari sisi twist dan karakternya. Sutradara Scott Waugh sepertinya masih enggan mengorbankan karakter di film ini. Jadi, apa pun, dia akan berusaha menyelamatkannya. Meskipun, terasa agak maksa.
Review Film Expend4bles: Ketika Jagoan Tua Ditantang Penjahat Muda

Foto: Empire

Produser sepertinya masih berharap bisa membuat Expendables 5. Meski usia bukanlah halangan bagi para aktor gaek itu untuk tampil lagi, mereka harusnya mencari cerita yang lebih menarik lagi. Memang, film action lebih mengedepankan aksi berdarah-darah dan nekatnya ketimbang cerita. Tapi, kalau ceritanya terlihat memaksa, maka orang pun lama-lama akan bosan dan meninggalkan franchise ini.

Dengan banyaknya bintang yang tampil di film ini, ada baiknya kalau tidak lagi menggantungkan semuanya pada Stallone dan Statham. Pemeran lain bisa lebih ditonjolkan untuk menambah seru ceritanya atau setidaknya diberi cerita latar yang layak. Selama 1 jam 43 menit, orang akan lebih banyak menonton Jason Statham ketimbang karakter lainnya. Padahal, sebagai tim, mereka tak kalah penting.



The Expendables 4 atau Expend4bles cukup menghibur dengan aksi tarungnya. Tapi, ceritanya yang dangkal dan dialognya yang cenderung cheesy membuat film ini jadi kurang menarik. Humornya pun cenderung biasa saja dan hanya ada sebagai selipan. Mereka yang hanya mencari hiburan tanpa banyak mikir, bisa memilih film ini sebagai tontonan.

The Expendables 4 sudah tayang di bioskop seluruh Indonesia mulai hari ini, Rabu (20/9). Film ini mendapatkan rating 17 tahun ke atas atau dewasa karena bahasanya yang vulgar dan adegan berdarah-darahnya yang kejam. Selamat menyaksikan!

(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)